Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Manfaat Berhubungan Seks untuk Suami, Apa Sajakah?

Salah satunya mencegah kanker.

Gita Laras

Seks memiliki lebih banyak manfaat dari yang kamu kira sebelumnya, termasuk untuk suami. Mulai dari menghilangkan stres hingga mencegah risiko kanker prostat, berikut ini 9 manfaat berhubungan seks untuk suami.

1. Membakar kalori

freepik.com/drobotdean

Seks diketahui dapat membakar kalori dengan efektif. Majalah Men’s Health melaporkan, rata-rata laki-laki membakar kalori sebanyak 100 kalori selama berhubungan seks. Jumlah kalori yang terbakar ini bergantung pada seberapa lama kamu dan suami bercinta.

2. Meredakan stres

freepik.com/ jcomp

Berdasarkan laporan American Psychological Association, laki-laki lebih ampuh mengelola stres dengan aktif bergerak dibanding wanita. Mengingat seks bisa dikategorikan sebagai aktivitas fisik, maka itu dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi suami kamu.

3. Menjaga tekanan darah tetap normal

Pexels.com/W R

The American Heart Association menyatakan bahwa pria lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi dibanding wanita. Beruntung, studi yang dilakukan peneliti dari National Institute of Health (NIH) mengungkapkan bahwa orang-orang yang secara rutin melakukan hubungan intim memiliki respons lebih baik dalam mencegah tekanan darah tinggi. Bisa dikatakan, seks bisa menjaga tekanan darah suami tetap normal.

4. Tidur lebih cepat dan nyenyak

unsplash.com/spanic

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kamu dan suami jadi mengantuk setelah berhubungan seks? Ada penjelasan ilmiah di baliknya, yaitu berkat oksitosin atau “hormon cinta” yang memiliki banyak manfaat. Hormon oksitosin yang dilepaskan ketika mencapai orgasme berperan sebagai “obat tidur” bagi pria. Ini membuatnya terlelap dengan cepat dan bisa tidur nyenyak setelah bercinta.

5. Menurunkan risiko kanker prostat

pixabay.com/users/derneuemann-6406309/

Sebuah studi dari Harvard Medical School menemukan fakta bahwa “laki-laki yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan, memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah 33%”. Menurut studi tersebut, ejakulasi dapat membersihkan prostat dari zat berbahaya yang berkaitan dengan kanker.

6. Mengurangi rasa sakit di tubuh

dok.internet

Seks bisa menghilangkan sakit yang dirasakan tubuh. Saat berhubungan seks, tubuh melepaskan berbagai hormon, termasuk oksitoksin dan endorfin. Kedua hormon ini diketahui dapat membantu pria mengatasi rasa sakit. Suami kamu pun terhindar dari rasa nyeri dan juga sakit kepala!

7. Membantu penis berfungsi dengan baik

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Menurut studi yang dipublikasikan pada American Journal of Medicine, berhubungan seks dapat membuat penis berfungsi dengan baik. Ereksi diketahui dapat mengirim sejumlah besar oksigen ke penis suami.

8. Melindungi jantung

today.com

Setelah meneliti lebih dari 1.100 pria selama 16 tahun, para peneliti menemukan fakta bahwa laki-laki yang berhubungan seks dua hingga tiga kali per minggu memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang jauh lebih rendah daripada laki-laki yang jarang bercinta.

Ini karena seks berkontribusi pada aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk melindungi jantung. Selain itu, saat bercinta, suami berada dalam hubungan intim yang membuat bahagia sehingga bagus untuk kesehatan jantung.

9. Memiliki kesempatan berumur panjang

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seks membantu menurunkan stres, tekanan darah, dan rasa sakit, maka tidak mengherankan jika itu juga membuat kita memiliki umur panjang. Sebuah artikel dari Fox News melaporkan bahwa, "laki-laki yang orgasme dua kali seminggu memiliki peluang kematian 50% lebih rendah”.

Itu dia beberapa manfaat yang akan dirasakan suami jika rutin berhubungan seks dengan sang istri. Hmm.. siap bercinta malam ini?

IDN Media Channels

Latest from Sex