Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana di Bawah Rp15 Juta

Tetap mungkin, kok!

Nafi' Khoiriyah

Pernikahan menjadi momen yang sakral dan membahagiakan. Maka dari itu, tak sedikit orang yang ingin menyelenggarakan pesta pernikahan yang megah. 

Namun banyak yang tak menyadari kalau ada hal lain yang perlu dipikirkan selain pesta pernikahan, lho. Jadi, alangkah lebih baik kalau kamu menyelenggarakan pesta pernikahan yang sesuai dengan kemampuan saja.

Kalau kamu memiliki bujet yang terbatas, Popbela.com akan membantumu membuat rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp15 juta. Simak ulasannya, ya!

1. Biaya administrasi

pinterest.com

Satu hal yang sangat penting dalam sebuah pernikahan adalah soal administrasi. Pengurusan administrasi pernikahan itu dilakukan di KUA untuk mendapatkan izin menikah sampai dengan kelengkapan suratnya. 

Tak banyak yang tahu, ternyata biaya administrasi di KUA bisa gratis jika pernikahan diselenggarakan di KUA pada hari kerja (Senin sampai Jumat). 

Namun, banyak orang yang memilih untuk menikah di akhir pekan sehingga dikenai biaya administrasi untuk penghulu. Biaya tersebut berkisar pada Rp.600.000. 

2. Cincin pernikahan

pexels.com/Danu Hidayatur Rahman

Rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp15 juta selanjutnya adalah untuk cincin pernikahan. Memang tidak ada patokan khusus untuk memberikan cincin pernikahan kepada pasangan. 

Maka dari itu, kamu bisa meminimalkan harga cincin demi menghemat bujet. Untuk cincin pernikahan yang sederhana, kamu bisa menghabiskan dana sekitar Rp2.000.000 saja. 

3. Mahar pernikahan

unsplash.com/Jason Leung

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah mahar pernikahan. Mahar merupakan harta yang diberikan oleh mempelai laki-laki kepada perempuan saat pernikahan. 

Bentuk mahar sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari uang tunai sampai emas. Maka dari itu, setidaknya kamu perlu mengeluarkan dana Rp1.000.000 untuk memberikan mahar ini. 

4. Lokasi pernikahan

pexels.com/Jeremy Wong

Terkait dengan lokasi pernikahan, bujet yang terbatas membuatmu harus menggelar pernikahan di area rumah saja. Selain karena gratis, menggelar pernikahan di area rumah juga lebih fleksibel.

Dana yang biasanya dikeluarkan untuk menyewa gedung pun bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya. 

5. Dekorasi pernikahan

instagram.com/bumirosalin

Nah, supaya lokasi pernikahan tidak terlalu sepi, buatlah dekorasi pernikahan yang secukupnya. Kamu bisa memilih konsep yang simpel dan minimalis saja supaya tidak terlalu mahal. Untuk dekorasi yang simpel tersebut, kamu bisa mendapatkannya seharga Rp2.000.000. 

6. Busana dan tata rias

pexels.com/AhmadZakaria

Busana dan tata rias juga tidak boleh kamu lewatkan dalam rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp15 juta. Untuk pakaian, kamu dan pasangan bisa menyewa pakaian atau membuatnya sendiri agar lebih terjangkau.

Selain pakaian, jangan lupa juga untuk memakai jasa Makeup Artist untuk merias pengantin, utamanya pengantin perempuan. Untuk menyewa pakaian dan merias pengantin, setidaknya kamu membutuhkan dana Rp1.500.000. 

7. Katering

freepik.com/mrsiraphol

Soal katering untuk para tamu undangan memang harus dipikirkan matang-matang. Sebab, kamu tentu tidak ingin mengecewakan mereka yang sudah jauh-jauh datang ke pernikahanmu.

Namun, kamu bisa meminimalisir jumlah tamu yang diundang agar pernikahan lebih intimate. Jika kamu mengundang 300 tamu misalnya, maka perlu dana Rp6.000.000 untuk harga makanan Rp20.000 per orangnya.

8. Undangan dan souvenir

Unsplash.com/Photos By Lanty

Untuk undangan, manfaatkan undangan elektronik agar lebih hemat dan praktis. Kamu juga bisa dengan mudah mengirimnya melalui media sosial dan tidak harus datang ke tempat secara langsung. 

Sedangkan untuk souvenir, cobalah untuk berkreasi sendiri atau membeli barang yang simpel saja. Untuk biaya undangan dan souvenir ini, kamu perlu mengeluarkan dana setidaknya Rp400.000. 

9. Dokumentasi

Unsplash.com/Natasha Dale

Rincian biaya yang terakhir adalah untuk dokumentasi. Memang terdengar sepele, tetapi dokumentasi pernikahan sangat perlu sebagai bentuk kenangan indah. 

Namun, kamu bisa mencari orang terdekat yang bisa mengabadikan momen bahagiamu agar harga yang dipatok lebih murah. Untuk dokumentasi, kamu bisa mengeluarkan dana sekitar Rp500.000 saja. 

Rincian lengkap biaya pernikahan Rp15 juta

Pexels.com/Karolina Grabowska

Dari uraian tersebut, berikut adalah rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp15 juta yang lebih lengkap. 

  1. Biaya administrasi: Rp600.000
  2. Cincin pernikahan: Rp2.000.000
  3. Mahar pernikahan: Rp1.000.000
  4. Dekorasi pernikahan: Rp2.000.000
  5. Busana dan tata rias: Rp2.000.000
  6. Katering: Rp6.000.000
  7. Undangan dan souvenir: Rp400.000
  8. Dokumentasi: Rp500.000

Total biaya di atas adalah Rp14.500.000. Untuk sisanya, kamu bisa memakainya untuk dana darurat jika ada keperluan yang terlewatkan. 

Rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp15 juta di atas bisa jadi gambaran kalau kamu ingin berhemat saat menikah. Dengan menyelenggarakan pernikahan sesuai dengan kemampuan, kamu tidak akan terbebani dengan utang atau masalah lainnya.

Semoga bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married