Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Karakter Sigma Male yang Menonjol, Kenali dan Waspadai!

Berkepribadian pragmatis

Nafi' Khoiriyah

Kamu mungkin pernah mendengar tipe kepribadian laki-laki alfa dan beta, tapi apakah kamu pernah mendengar istilah sigma male? Ya, sigma male merupakan salah satu dari enam tipe kepribadian laki-laki. Lengkapnya, tipe kepribadian itu adalah alpha, beta, gamma, omega, delta, dan sigma. 

Sigma male merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan laki-laki yang populer, sukses, tapi sangat mandiri. Mereka hidup berdasarkan aturannya sendiri, berkembang untuk hasratnya, dan tidak terganggu dengan norma atau standar masyarakat. 

Alih-alih membatasi diri, laki-laki sigma male justru menciptakan perjalanan dan perjuangan mereka sendiri. Kepribadian yang unik itu bisa menjadi positif, tetapi juga terkadang perlu diwaspadai oleh para perempuan. Sebab, tidak semua orang bisa memahami laki-laki sigma ini. 

Supaya kamu bisa lebih mengenal karakter mereka, simak berbagai karakter yang dimiliki sigma male berikut ini. 

1. Mandiri

pexels.com/Royal Anwar

Seorang sigma male tidak bergantung pada orang lain sehingga membuatnya menjadi pribadi mandiri. Namun, hal itu terkadang juga menjadi bumerang untuknya.

Sebab, mereka mengambil langkah lebih jauh untuk menyediakan semua kebutuhan dan keinginannya untuk dirinya sendiri. Seorang laki-laki sigma memiliki keterampilan untuk bertahan hidup tanpa mengandalkan orang lain. 

2. Percaya diri

unsplash.com/Brooke Cagle

Meskipun sering diam, seorang sigma male bukanlah pemalu atau orang yang lemah. Justru, mereka pendiam tapi percaya diri dan kuat. Salah satu buktinya adalah mereka mencoba memberontak terhadap tatanan sosial. Ia merasa mampu dan sukses tanpa harus menyesuaikan diri dengan ekspektasi masyarakat maupun aturan lainnya. 

3. Pemberontak

pexels.com/Reead #

Kamu mungkin akan bingung dengan karakter sigma male karena ia adalah seorang pemberontak dalam diamnya. Mereka menghindari aturan dan kepercayaan yng dipaksakan masyarakat dan menjadi inovator yang sukses. Pikirannya mampu out of the box dan berani bereksperimen dengan ide yang tidak dilakukan orang lain. 

4. Bebas

unsplash.com/William Recinos

Kalau kamu berhubungan dengan laki-laki dengan kepribadian ini, maka ada satu hal yang perlu kamu waspadai. Sebab, laki-laki sigma dalam sebuah hubungan terkadang perlu untuk menjauh hingga membuat pasangannya frustasi. Mereka justru paling cocok dengan perempuan yang tidak clingy sehingga dia tidak merasa cemas dan ditinggalkan oleh sigma male. 

5. Menyendiri

unsplash.com/freddie marriage

Sigma male memiliki keyakinan bahwa sebuah hubungan seperti persahabatan membutuhkan waktu, usaha, dan tenaga yang menghambat produktivitasnya. Kamu mungkin melihatnya sesekali bersama teman, tetapi tampak membatasi diri untuk mengembangkan hubungan lebih dalam. Sebab, tujuannya adalah semua gaya hidup, aturan, dan kebiasaan berputar pada dirinya sendiri. 

6. Menjadi diri sendiri

pexels.com/Pixabay

Meskipun banyak yang perlu dimengerti dari seorang sigma male, tetapi mereka tidak menyembunyikan dirinya. Awalnya kamu mungkin mengira bahwa dia menyembunyikan sesuatu. Namun, sebenarnya mereka tidak merasa perlu memakai topeng dan menyembunyikan sifat yang tidak menyenangkan pada orang lain. 

7. Emotionally intelligent

pexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan karakter sigma male yang mandiri, mereka juga cerdas secara emosional. Artinya, mereka memiliki kesadaran diri yang kuat untuk mengatur emosinya dan menunjukkan empati. Bahkan kemampuannya untuk menilai diri sendiri dan mengoreksi diri membuatnya menjadi teman, mitra, dan karyawan yang baik. 

8. Pendengar yang baik

freepik.com/drobotdean

Beberapa orang memang memiliki banyak hal untuk dikatakan, tetapi banyak lainnya yang memilih diam. Nah, laki-laki yang memiliki kepribadian ini benar-benar bisa mendengarkan orang lain sehingga membuatnya menjadi teman percakapan yang ideal. Bahkan saat orang lain yang mengajaknya bicara membicarakan semua tentang dirinya sendiri, mereka tetap menghormati dan berempati. 

9. Mudah beradaptasi

pexels.com/Keira Burton

Meskipun dikenal pendiam, tetapi laki-laki sigma bisa memiliki peluang kesuksesan yang tinggi karena kemampuan adaptasinya. Mereka mampu mengubah perilaku hingga beradaptasi di situasi yang tidak terduga sekalipun. Bahkan di saat mereka jatuh, laki-laki sigma akan bangkit dengan cepat tanpa ragu-ragu. 

10. Memprioritaskan diri sendiri

pexels.com/Riccardo

Terakhir, sigma male menghargai pujian, tetapi bukan tipe yang menarik perhatian untuk mendapatkan pengakuan. Mereka tidak mencari validasi orang lain, tetapi fokus pada tujuannya dan bekerja untuk mencapai impiannya.

Mereka bahkan tidak terganggu dengan perkataan orang lain dan apakah orang lain menyukainya atau tidak. Namun, mereka memvalidasi diri sendiri dan mampu menenangkan diri saat menghadapi stres maupun tantangan hidup. 

Itulah beberapa karakteristik sigma male yang perlu kamu kenali dan pahami. Jadi, kamu tidak akan heran lagi jika bertemu dengan laki-laki yang memiliki karakter seperti di atas ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating