Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan, Akui Tak Dapat Nafkah Batin

Isinya tersebar luas di media sosial

Adinda Tasya Mutiara

Hubungan rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan telah resmi berakhir. Perceraian mereka sudah ditetapkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan (PA Jaksel) dengan mengeluarkan putusan sidang pada Kamis (2/5/2024).

Mengejutkannya, ternyata putusan sidang PA Jaksel atas perceraian keduanya bisa diakses bebas oleh publik. Bahkan, media sosial berhasil dibuat gempar dengan beberapa alasan sang YouTuber menggugat cerai Ryan dalam surat gugatan nomor 547/PDT.G/2024/PA.JS.

Mulai dari permasalahan pribadi hingga menyangkut hubungan keluarga yang kurang baik, semua dijelaskan secara rinci di tangkapan layar sebanyak 9 dari 87 halaman yang terkuak di dunia maya.

Lantas, seperti apa isi detail surat gugatan cerai Ria Ricis terhadap Teuku Ryan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Hubungan tidak baik dengan mertua

Instagram.com/riaricis1795

Dalam gugatannya, Ricis menyebutkan bahwa dirinya memiliki hubungan yang kurang baik dengan ibunda Ryan sejak awal Ramadan 2022. Kala itu, sebuah perang dingin timbul di antara mereka karena salah satu ucapan atau tindakan ibunda Ryan yang dirasa menyinggung perasaan Ricis.

Hal ini disebabkan Ricis yang tengah mengandung itu ditegur sang mertua karena membuatkan minuman dingin untuk Ryan berbuka puasa. Namun, ibunda mertuanya justru mengatakan bahwa Ryan tidak pernah minum dingin saat waktu berbuka dengan bahasa kurang mengenakkan.

"Penggugat membuatkan minuman dingin buka puasa untuk Tergugat (yang biasanya selalu diterima dengan baik oleh Tergugat), kemudian ibunda Tergugat mengatakan 'kok tergugat minum dingin? Biasanya nggak minum dingin'. Ucapan tersebut membuat Penggugat kaget, yang saat itu mungkin saja terlihat berlebihan akan tetapi karena kondisi Penggugat yang sedang hamil muda sehingga Penggugat merasa tidak nyaman secara batin," tulis putusan PA.

Tidak hanya itu, Ricis juga mengaku sakit hati lantaran ibu mertuanya seolah menyalahkan dirinya karena sang suami bekerja dan berangkat syuting sinetron di bulan Ramadan. 

"Ibunda Tergugat mengatakan bahwa 'bulan puasa harusnya Tergugat nggak usah kerja'. Beliau mengatakan kepada Tergugat yang terdengar oleh Penggugat karena ikut mengantarkan ke depan rumah," ujar PA.

2. Ricis sebut sang suami terlalu membela ibunda

Instagram.com/riaricis1795

Poin selanjutnya, Ricis menjelaskan bahwa sang suami tidak dapat memberikan tindakan apa pun ketika ibunya melakukan hal tersebut. Alhasil, Ricis mengajak diskusi Ryan dengan tujuan untuk mencari jalan tengah. Tetapi, Ryan malah menyudutkan Ricis dan membela ibunya saja. 

“Karena merasa kalimat itu tidak nyaman seolah disalahkan, Penggugat kemudian menanyakan hal itu kepada Tergugat pada malam hari. Namun, respons Tergugat justru hanya membela ibunya tanpa berusaha menenangkan perasaan Penggugat. Besok paginya Penggugat menangis karena tak dapat perhatian dari Tergugat sebagai suami, lalu Penggugat kembali membahas hal itu berharap dapat simpati dari Tergugat, akan tetapi ternyata nihil," jelas PA.

Sejak kejadian itu, rumah tangga Ricis dan Ryan perlahan berubah menjadi tidak harmonis. Ryan selalu cuek yang akhirnya membuat Ricis mendapatkan kasih sayang seutuhnya selayak pasangan suami-istri sebelumnya.

3. Ryan jarang memberi nafkah batin kepada Ricis

Instagram.com/riaricis1795

Sebagai pasangan suami-istri, Ricis mengaku sudah tidak berhubungan intim sejak Januari 2023 lalu. Mereka jarang melakukan hubungan badan mulai anak pertama mereka, Moana, masih berusia 8 bulan. 

Pengadilan dalam surat putusan juga menjelaskan kurangnya nafkah batin atau hubungan suami istri mulai jarang terjadi sejak usia kehamilan Ricis memasuki masa trimester 2. Menyedihkannya, hal ini menjadi salah satu yang membuat Ricis tidak dapat melahirkan secara normal.

4. Ryan melakukan silent treatment

Instagram.com/riaricis1795

Ternyata, Ryan pernah melakukan silent treatment selama seminggu kepada Ricis dengan alasan tidak punya uang. Akhirnya, Ricis berinisiatif memberikan uang untuk Ryan sejumlah Rp500 juta dengan cara ditransfer agar tidak mendiamkan Ricis lagi.

Ricis memberikan uang tersebut dengan alasan dari brand. Alhasil, Ryan pun luluh dan berbaikan dengan istrinya. Selain alasan ini, ada beberapa alasan lain yang dijelaskan secara detail, termasuk Ryan menyerang Ricis dengan kalimat yang sangat menyakiti.

5. Menjelekan Ricis ke publik

Instagram.com/riaricis1795

Salah satu alasan Ricis menggugat cerai Ryan karena dirinya mengetahui kalau sang suami sering menjelek-jelekan dirinya melalui Direct Message atau DM kepada beberapa pengikut di Instagram-nya. Bahkan, Ryan juga berharap agar Moana tidak memiliki kepribadian seperti Ricis ketika dewasa nanti.

“Tergugat selalu menyerang Penggugat dengan kalimat yang menyakiti. Tergugat menyerang Penggugat dengan kata-kata 'eksploitasi anak', 'istri durhaka', 'kualat', 'sombong', 'kakaknya ustadzah tapi tausiahnya nggak masuk di adiknya'. Selain itu juga menceritakan keburukan-keburukan dengan berkomentar merendahkan salat dan ibadah Penggugat," ungkap PA.

6. Ryan komentari fisik Ricis

Instagram.com/riaricis1795

Ricis sempat merasa dirinya buruk, hina, tidak diinginkan, dan tertekan secara psikis setelah melahirkan karena tidak mendapatkan kasih sayang dan nafkah batin dari Ryan. Sang YouTuber bahkan sampai berpikir ingin mengubah bentuk payudaranya dengan melakukan operasi implan hanya untuk membuat Ryan tertarik lagi. 

Pemikiran itu didasari oleh ucapan Ryan yang sempat mengomentari bentuk tubuh Ricis, termasuk menganggap dada Ricis tergolong rata.

"Sebelumnya Tergugat pernah mengatakan, 'Badan kamu terlalu kurus, baiknya makan yang banyak.' Termasuk mengomentari dada Penggugat yang dianggap Tergugat rata," bunyi tulisan dalam putusan.

7. Ryan ingin rujuk dengan sikap yang belum berubah

instagram.com/riaricis1795

Usai mengetahui Ricis ingin berpisah, keluarganya berupaya untuk membantu hubungan rumah tangga keduanya agar tetap utuh. Usaha pertama kalinya, keluarga memberikan ruang kepada Ricis dan Ryan dari November 2023 sampai akhir Januari 2024. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil karena dari keterangan dokumen, Ryan tidak mengubah sikapnya sesuai dengan ucapan ingin rujuk.

Itulah tujuh penjelasan mengenai putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan. Semoga pilihan ini merupakan jalan terbaik bagi keduanya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married