Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita, Jangan Emosi!

Hadapi dengan tenang

Nafi' Khoiriyah

Sebaik apapun seseorang, bukan tidak mungkin ada seseorang yang membencinya. Mungkin ada berbagai penyebab seseorang membenci kita, mulai dari hal yang serius sampai hal-hal yang tidak bisa dipahami. 

Namun meski begitu, jangan sampai hal tersebut mengganggu kehidupan kita. Ada cara menghadapi orang yang membenci kita yang lebih elegan dan tidak menguras emosi.

Simak selengkapnya berikut ini!

1. Cari tahu penyebab mereka membencimu

Pexels.com/Elijah O'Donnell

Seperti halnya kita membenci sesuatu, biasanya ada alasan mengapa kita melakukannya. Begitu juga dengan seseorang yang membenci kita. Mungkin saja ada kejadian di masa lalu yang tidak kamu ingat, tetapi ternyata mengganggu mereka. 

Mungkin juga mereka salah paham dengan perilaku atau tindakanmu. Jika tidak, mereka bisa jadi membuat asumsi yang salah tentang dirimu.

Nah, kamu bisa mendekati dia yang membencimu jika memang pribadinya tampak terbuka untuk berdiskusi dengan tenang. 

Setelah itu, berbicaralah dengan sopan supaya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik-baik. Akan tetapi, kalaupun dia tidak menerimanya, setidaknya kamu sudah mencoba menyelesaikan masalah dengan semampumu. 

2. Refleksi perilaku dan perasaanmu sendiri

pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara menghadapi orang yang membenci kita lainnya bukan dari orang itu, tapi bisa dari diri kita sendiri. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak alasan mengapa seseorang bisa membenci orang lain. 

Jika kamu memang tidak tahu alasannya, maka cobalah untuk mengambil langkah mundur dan refleksi diri. Periksalah perilakumu seobjektif mungkin, mulai dari hal-hal yang kecil. 

Contohnya saja, apakah kamu pernah membuatnya terkucilkan, mengabaikan mereka, atau tidak menghargai tugasnya. Kamu juga bisa melihat dari sudut pandang orang lain terhadap perilaku atau tindakanmu padanya. 

3. Hindari konflik jika mengalami emosi negatif

Pexels.com/Rodnae Productions

Jika kamu tidak bisa menemukan masalah yang dihadapi dengannya, maka cobalah untuk menghindari konflik lebih lanjut dengannya. Mungkin hal yang terbaik adalah dengan menghindari interaksi dengannya sama sekali.

Beberapa orang yang merasa benci dengan orang lain mungkin mencoba berkelahi dengan mereka. Jika kamu mengalami hal ini, kamu mungkin perlu untuk empati, sabar, dan rasional. 

4. Alihkan fokusmu pada hal lain

freepik.com/tirachardz

Jika kamu hanya berfokus pada seseorang yang membencimu, maka bisa jadi justru tidak produktif dan lelah mental. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengalihkan fokus ke hal yang lebih positif. 

Misalnya adalah dengan melakukan aktivitas yang disukai alih-alih mengkhawatirkan seseorang yang tidak menyukaimu. Hal itu juga akan membuatmu lebih maju dan hidup lebih tertata. 

5. Fokus pada cara komunikasi yang sehat

Freepik.com/freepik

Banyak orang yang justru makin emosi setelah bertemu dengan seseorang yang dibencinya. Namun, ternyata cara menghadapi orang yang membenci kita yang lebih tepat adalah dengan berkomunikasi yang sehat. 

Cobalah ungkapkan perasaan dengan tenang namun tegas alih-alih bereaksi berlebihan. Selain itu, luruskan kesalahpahaman atau konflik padanya dengan nada yang baik, kemudian dengarkan pula pendapat mereka tentangmu. 

6. Tetap berlaku sopan padanya

pexels.com/Laro Pilartes

Hampir sama seperti sebelumnya, sopan santun juga merupakan sikap yang perlu dimiliki setiap orang. Bukan hanya pada orang yang disukai saja, tetapi juga pada siapa saja termasuk orang yang membencimu.

Dengan memperlakukan orang lain secara sopan, maka kebaikan kecil itu bisa meredakan ketegangan yang ada. Tunjukkan pula perilaku yang baik dan fokuslah untuk menangani masalah dengan tenang. Jangan menyerang secara pribadi bahkan jika dia ingin menjatuhkanmu. 

7. Berikan pandangan yang positif

Pexels.com/George Pak

Kalaupun kamu terus-menerus berurusan dengan orang yang membencimu, maka cara menghadapi orang yang membenci kita adalah dengan memberikan sudut pandang positif.

Setidaknya dengan cara memandangmu yang positif akan mengurangi asumsi negatifnya tentangmu. Jangan berfokus pada pemikiran yang buruk dan jangan terlalu terprovokasi dengan sikapnya.

8. Temukan lingkaran pertemanan yang sehat

Pexels.com/Helena Lopes

Menemukan lingkaran pertemanan yang sehat bisa membuatmu tidak merasa sendiri. Jangan menangani segala sesuatunya sendirian jika memang semua sudah diluar kendalimu. 

Dengan memanfaatkan pertemanan itu, maka kamu akan memiliki ruang untuk merasa didengarkan. Mereka juga bisa menjadi tempat untukmu mengutarakan emosi. 

9. Fokus pada diri sendiri

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Terakhir, daripada terpaku dengan bagaimana seseorang membencimu, fokuslah pada diri sendiri. Cukup pikirkan tentang apa yang bisa dilakukan untuk membatasi kemampuan orang mengganggumu. 

Selain itu, kamu bisa memaksimalkan energi untuk berolahraga, bekerja, atau melakukan aktivitas yang produktif lainnya. Sebab, jika kamu terlalu memikirkan orang yang membencimu, maka banyak waktu yang harus dikorbankan. 

Cara menghadapi orang yang membenci kita di atas memang tidak mudah untuk dipraktikkan. Namun, semua itu dilakukan demi kebaikan diri kita sendiri dan agar tidak berlarut-larut dalam emosi negatif.

Semoga membantu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single