Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tanda Mantan Tak Mau Balikan Denganmu, Jangan Berharap!

Bisa jadi sudah move on

Nafi' Khoiriyah

Putus dengan pacar yang sudah menjalin hubungan lama memang tidak mudah. Orang yang mengalaminya bahkan ada yang merasa menyesal dan menyadari bahwa sang mantan sangat berarti dalam hidupnya. 

Namun, semua yang terjadi tidak bisa diulang kembali. Kini, saatnya kamu move on dan menjalin hubungan lain tanpa ada penyesalan. Kamu pun seharusnya tidak berharap lebih kepada mantan seolah-olah ia menyesal telah putus hubungan denganmu.

Nah, tanda mantan tak mau balikan berikut ini akan meyakinkan kamu bahwa dia sudah bahagia dengan hidupnya tanpa kehadiranmu. Yuk, simak ulasannya!

1. Dia tidak merespons saat kamu menghubunginya

pexels.com/Karolina Grabowska

Mengabaikan panggilan telepon sampai pesan di media sosial menjadi tanda mantan tak mau balikan yang pertama. Secara kasar, mantanmu ingin memutus kontak denganmu.

Sebab, putus kontak menjadi salah satu cara untuk memberikan kejelasan situasi tentang apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

Jadi, saat mantan berhenti berkomunikasi denganmu, maka itulah saatnya kamu untuk mundur. Jangan lagi mengharapkan yang tidak pasti dan mulailah untuk move on.

2. Dia tidak peduli jika kamu dekat dengan orang baru

pexels.com/Budgeron Bach

Saat kamu menjalin hubungan dengannya dulu, ia mungkin akan menatapmu saat bertemu atau berbicara dengan laki-laki lain.

Namun saat ini, dia tidak lagi menunjukkan tanda-tanda cemburu. Hal itu mungkin karena dia tidak lagi menaruh perasaannya padamu dan tidak menginginkan kamu untuk kembali. 

Berbeda dengan mantan yang masih menaruh harap padamu. Saat kamu mengunggah foto bersama seorang laki-laki baru di media sosial misalnya, dia akan tertarik untuk bertanya atau sekadar menyapamu.

3. Dia memblokir semua kontakmu

pexels.com/RODNAE Productions

Kamu mungkin merasa tidak terima karena mantan memblokirmu di WhatsApp sampai di semua akun media sosialmu. Padahal, itu adalah tanda mantan tidak mau balikan denganmu. Dia tidak lagi peduli dengan hidupmu dan tidak lagi ingin membagikan apa yang terjadi dalam hidupnya kepadamu.

Sebab, mereka kini berhak melakukan upaya untuk move on dan menjauhimu. Hal yang kamu lakukan tidak perlu berlebihan, hanya perlu berdamai dengan keadaan dan fokus pada hal lain yang membuatmu maju.

4. Dia mengembalikan semua barang darimu

pexels.com/Antoni Shkraba

Menyimpan benda fisik dari seseorang yang pernah menjalin hubungan dengan kita bisa memperlambat proses move on. Maka dari itu, saat mantanmu mengembalikan barang yang pernah kamu berikan kepadanya atau sebaliknya, maka berarti itu adalah caranya untuk memutuskan hubungan denganmu. 

Meskipun menyakitkan, tetapi cara itu mungkin adalah yang terbaik untukmu dan mantanmu supaya bisa maju dan membuka lembaran baru masing-masing. Terima saja barang-barang yang dikembalikan kepadamu dan simpan jauh-jauh supaya kamu tidak terlarut dalam kesedihan.

5. Dia percaya diri mengunggah pacar atau gebetan barunya

pexels.com/Samson Katt

Kamu mungkin berpikir bahwa mantanmu menjalin hubungan baru karena mengalihkan perasaannya darimu. Padahal, itu adalah tanda mantan tak mau balikan denganmu. Memang, tidak mudah untuk menjalin hubungan sebelumnya dan langsung menjalin hubungan baru.

Namun, jika tampaknya hubungan mantanmu dengan kekasih barunya terlihat bahagia dan 'sehat', maka anggap saja dia sudah tidak menginginkanmu kembali. Kamu harus menggunakan waktu tersebut untuk mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk hubungan yang baru.

6. Dia tampak bahagia dengan kehidupannya saat ini

pexels.com/Helena Lopes

Setelah putus cinta, siapa pun pasti merasa kesulitan menghadapi hari-harinya. Bahkan, beberapa di antaranya sampai merasakan sakit fisik akibat memikirkan perpisahannya dengan sang kekasih. 

Namun, jika kamu kemudian menemukan mantanmu sedang berbahagia setelah putus denganmu, maka itu adalah pertanda jelas bahwa dia tidak ingin kembali padamu. Mereka merasa bahagia dengan perpisahan itu dan kamu pun sebaiknya juga demikian.

7. Dia mengatakan kamu pantas mendapatkan yang lebih baik

unsplash.com/Charlie Foster

Tanda mantan tak mau balikan yang terakhir adalah dia mengatakan "kamu pantas mendapatkan yang lebih baik". Hal itu menunjukkan dengan jelas bahwa laki-laki tersebut memang bukan orang yang tepat untukmu. Tidak ada gunanya lagi untuk mengharapkannya karena hanya kamu yang merasakan perasaan cinta itu. 

Sekarang, tidak perlu kamu mengamati perilakunya maupun tindakannya lagi. Sebab, yang perlu kamu lakukan adalah mempercayai perkataannya. Meskipun sesekali kamu merindukannya, tetapi akan ada orang lain yang bisa mengisi hatimu dengan perasaan yang baru. 

Tanda mantan tak mau balikan di atas menjadi sebuah peringatan untukmu agar tidak lagi mengharapkannya. Sekarang, saatnya kamu untuk move on dan mencari tambatan hati yang baru tanpa bayang-bayang mantan kekasih.

Selamat berjuang ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating