Bayangkan jika kamu dan pasangan sudah sangat semangat berhubungan seks, tetapi entah mengapa tiba-tiba kalian berdua merasa malu, atau ada hal-hal yang merusak suasana sehingga kegiatan bercinta jadi tertunda.

Dua situasi tersebut dapat menimbulkan kecanggungan di antara kamu dan pasangan. Untuk memulai lagi pun biasanya akan sulit.

Bagaimana cara mengatasinya agar mood tidak berantakan? Ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanggungan saat berhubungan seks dengan pasangan.

1. Sadari bahwa kecanggungan adalah hal yang normal

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Sekspeacequarters.com

Tidak hanya untuk pengantin baru, seks juga terkadang masih menjadi peristiwa tidak terduga bagi pasangan yang sudah bersama dalam waktu lama. Perbedaan posisi, mood, dan lokasi dapat memengaruhi suasana bercinta. Oleh sebab itu, wajar jika kecanggungan tidak dapat dihindari.

Jika kamu dan pasangan merasa canggung sebelum melakukan seks, sadari bahwa itu hal yang normal. Kalian tidak sendirian karena banyak pasangan lain yang juga merasakan hal sama.

2. Komunikasikan dengan pasangan

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seks

Komunikasi merupakan hal penting dalam setiap hubungan, termasuk ketika berkaitan dengan seks. Kamu dan pasangan harus membicarakan tentang apa yang membuat bergairah, juga yang tidak disukai ketika bercinta. Kamu dapat mengutarakan hal-hal apa saja yang bisa menimbulkan kecanggungan. Membicarakan hal tersebut membantu kamu dan pasangan untuk saling memahami dan menemukan solusinya.

3. Selingi dengan humor

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seksfreepik.com/alessandrobiascio

Ketika sesuatu yang memalukan terjadi sebelum kamu dan pasangan berhubungan intim, selingi dengan tawa. Itu dapat membuat suasana canggung jadi lebih cair. Setelah keadaan membaik, kamu bisa melanjutkan kegiatan bersama pasangan dengan hati senang.

4. Atur suasana sebelum bercinta

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan SeksFavim.com

Ada kalanya kita membutuhkan sedikit bantuan untuk menciptakan mood menyenangkan sebelum bercinta. Misalnya seperti menyalakan musik romantis, mengatur cahaya di ruangan, hingga menggunakan pakaian seksi. Cara-cara tersebut dapat mengurangi kecanggungan di antara kamu dan pasangan saat berhubungan seks.

5. Hindari distraksi

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seksdok.internet

Di saat yang bersamaan, pastikan kamu dan pasangan fokus pada apa yang ingin dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan televisi dan jauhkan ponsel dari jangkauan saat ingin berhubungan seks. Cara tersebut dapat membantu kamu dan pasangan tetap terhubung dan tidak memikirkan hal lainnya.

6. Bergerak dengan perlahan

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seksfreepik.com/nomadsoul1

Agar seks nyaman dan tidak menimbulkan kecanggungan, kamu dan pasangan harus saling merespons. Sebaiknya lakukan seks secara perlahan dan memanfaatkan waktu untuk saling mengeksplorasi tubuh agar kamu dan pasangan mencapai kenikmatan yang sama.

7. Percaya diri dan bersikap positif

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan SeksFreepik.com/Gpointstudio

Penting untuk berpikir bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika dari awal kamu sudah takut situasi akan canggung, maka bisa muncul ketidaknyamanan. Hal tersebut pun bisa memengaruhi suasana di antara kamu dan pasangan.

8. Cegah kecanggungan dengan persiapan yang baik

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seksunsplash.com/wevibe

Ada beberapa momen canggung yang dapat dihindari dengan melakukan persiapan yang baik. Misalnya, dengan mempersiapkan mental dan juga faktor eksternal. Kamu bisa melakukan riset terkait apa yang disukai dan diinginkan pasangan.

9. Minta bantuan ahli

9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan SeksPexels.com/Cottonbro

Jika kamu dan pasangan sering canggung saat berhubungan seks atau kamu mengalami masalah fisik (rasa sakit di kemaluan atau kesulitan mencapai klimaks), sebaiknya hubungi ahli. Jangan malu untuk membicarakannya. Para profesional ini akan membantu mendengarkan, mendiagnosis masalah dan menyediakan beberapa pilihan pengobatan. Jika hal-hal buruk tersebut dapat diatasi, aktivitas seks kamu dan pasangan pun tidak akan terganggu lagi.

Itulah 9 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanggungan saat berhubungan seks. Semoga membantu!

Baca Juga: Selain Bikin Semangat, Ini 7 Manfaat Berhubungan Seks di Pagi Hari

Baca Juga: Kenali Outercourse, Cara Lain Berhubungan Seks Tanpa Penetrasi

Baca Juga: 7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercinta