Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menikah Beda Agama, Rumah Tangga 6 Artis Ini Berujung Cerai

Banyak di antara mereka masih tetap berhubungan baik

Windari Subangkit

Menyatukan perbedaan memang bukanlah perkara yang mudah, terlebih lagi jika menyangkut soal keyakinan. Beberapa orang ada yang memilih berpindah agama demi bisa menikahi pasangannya. Namun, ada juga yang tetap menikah meski berbeda agama dan memilih untuk tetap memegang teguh keyakinan masing-masing.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan artis Tanah Air berikut ini. Mereka memutuskan tetap menikahi pasangannya meskipun berbeda agama. Sayangnya, pernikahan mereka justru berujung dengan perceraian. Siapa sajakah itu?

1. Kalina Oktarani dan Deddy Corbuzier

Instagram.com/kalinaocktaranny, mastercorbuzier

Sebelum menikah, hubungan Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani sempat mendapat tentangan dari ayah Kalina lantaran adanya perbedaan agama. Saat itu, Deddy masih menganut agama Katolik sedangkan Kalina adalah seorang Muslim. Namun, akhirnya pernikahan beda agama itu tetap berlangsung pada 25 Februari 2005.

Setelah 8 tahun berumah tangga, Deddy dan Kalina memutuskan bercerai baik-baik. Meski demikian, keduanya tetap berhubungan baik bak sahabat. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Azka. 

2. Tamara Bleszynski dan Mike Lewis

Instagram.com/tamarableszynskiofficial, mike_lewis

Setelah bercerai dari Teuku Rafly, Tamara Bleszynski menikah lagi dengan Mike Lewis. Pernikahan tersebut sempat membuat heboh publik lantaran digelar secara diam-diam pada 2 Februari 2010 di Bali. Tak hanya itu, pasangan ini juga memiliki keyakinan yang berbeda. Tamara diketahui beragama Islam, sementara Mike menganut agama Kristen. 

Sayangnya, pernikahan mereka kandas pada 28 Mei 2012. Walau sudah bercerai, Tamara dan Mike tetap bersahabat dan kompak merawat putra semata wayangnya, Kenzou. 

3. Ira Wibowo dan Katon Bagaskara

Instagram.com/irawbw, katonbagaskara

Katon Bagaskara dan Ira Wibowo sempat menjadi ikon pasangan yang harmonis meski dibangun di tengah perbedaan keyakinan. Katon yang menganut agama Katolik mempersunting Ira yang seorang Muslim pada 28 Oktober 1996. Selama menikah, pasangan yang telah dikaruniai 2 anak ini dikenal selalu harmonis dan jauh dari kabar miring. 

Namun sayang, setelah 16 tahun hidup bersama, Katon dan Ira justru memutuskan bercerai. Ketidakcocokan disebut-sebut menjadi alasan berakhirnya rumah tangga mereka. Perceraian mereka pun ikut membuat banyak pihak bersedih. 

4. Yuni Shara dan Henry Siahaan

Instagram.com/yunishara36, Twitter.com

Sempat mengalami pahitnya perceraian, Yuni Shara akhirnya menikah lagi dengan Henry Siahaan. Uniknya, mereka menikah di bawah tangan dulu pada 1997 sebelum akhirnya mengesahkan pernikahannya pada 7 Agustus 2002 di Perth Australia. Diduga, hal ini dilakukan Yuni dan Henry lantaran keduanya terganjal perbedaan agama. Seperti diketahui, Yuni merupakan seorang Muslim, sedangkan sang suami beragama Kristen. 

Sayangnya, rumah tangga mereka mengalami keretakan usai Henry terlibat kasus hukum yang merugikan negara hingga miliaran rupiah. Akhirnya, Yuni pun melayangkan gugatan cerai pada 2008. Meski tak berakhir indah, tapi Yuni dan Henry tetap berhubungan baik sampai saat ini. 

5. Cornelia Agatha dan Sony Lawlani

Instagram.com/perempuanpanggung, fabuloustwins

Hubungan Cornelia Agatha dan Sony Lawlani sempat tak direstui keluarga lantaran keduanya memiliki perbedaan keyakinan. Seperti diketahui, Cornelia menganut agama Kristen dan suaminya beragama Islam. Pasangan yang berpacaran selama 9 tahun ini akhirnya tetap melangsungkan pernikahan pada 27 Juni 2006 di Hong Kong. 

Sayangnya, isu kekerasan dalam rumah tangga mewarnai pernikahan mereka. Tak tahan dengan hal tersebut, Cornelia memutuskan mengajukan gugatan cerai pada 2013. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai putri kembar. 

6. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Instagram.com/lydiakandou_, nuansahijau_poppy

Siapa sih yang tak mengenal Lydia Kandou dan Jamal Mirdad? Pasangan ini sempat menjadi panutan masyarakat karena tetap harmonis meski memiliki perbedaan keyakinan. Lydia yang menganut agama Kristen menikah dengan Jamal yang beragama Islam pada tahun 1986 silam. Tiga anak dari hasil pernikahan mereka pun dibebaskan untuk memilih agama salah satu antara Lydia dan Jamal. Mereka pun saling memberikan toleransi terhadap keluarga, seperti merayakan Idul Fitri dan Natal. 

Namun sayang, rumah tangga yang telah dibangun selama 26 tahun itu berujung di meja perceraian di tahun 2013. Meski demikian, Lydia dan Jamal tetap berhubungan baik dan sering bertemu bersama anak-anak mereka. 

IDN Media Channels

Latest from Married