Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan Kehidupan Pernikahan Tak Seindah Saat Pacaran

Ada faktor internal dan eksternal

Natasha Cecilia Anandita

Pacaran dan pernikahan merupakan jenis hubungan yang berbeda. Saat menikah, hubungan akan lebih serius, konsisten, dan jangka panjang hingga menua nanti. Terkadang para pasangan selalu menampilkan sisi dirinya yang terbaik saat pacaran dan menutupi semua yang terlihat sebagai kekurangan saat masa pacaran. 

Setelah menikah, mulai banyak karakter-karakter yang terlihat yang sebelum ditutupi. Kebiasaan-kebiasaan yang baik dan buruk juga tampak ke permukaan. Kalian mulai merasa bahwa kehidupan pernikahan tak seindah masa pacaran. 

Berikut ada 5 alasan mengapa kehidupan pernikahan tak seindah saat pacaran. 

1. Terlalu berekspetasi tinggi

pexels.com/anastasiya-lobanovskaya

Saat pacaran, kalian mungkin berekspetasi bahwa kehidupan pernikahan juga tak jauh berbeda. Belum lagi kalian banyak melihat couple goals yang hanya memperlihatkan kebahagiaan mereka di dunia maya. 

Angan-angan kalian terlalu tinggi terhadap pernikahan dan saat kalian mulai menjalaninya, ternyata tidak seindah itu. Kalian mungkin harus mengeluarkan dana-dana yang tak terduga hingga berpikir dua kali untuk bepergian. Belum lagi acara-acara keluarga dan lainnya. Punya anak pun tak seindah itu karena banyak kerepotan saat mengurusnya.

2. Menemukan lebih banyak tanggung jawab

Pexels.com/Thiều Hoàng Phước

Setelah menikah, kamu dan pasangan semakin menyadari bahwa kalian punya tanggung jawab yang lebih banyak. Saat pacaran, tanggung jawab kalian mungkin hanya diri sendiri. Ketika menikah, tanggung jawabmu tak sebatas diri sendiri, tapi juga pasangan, anak, hingga orangtua dan mertua. Urusan rumah kalian pun juga menjadi tanggung jawab kalian. 

3. Proses pendekatan kalian kurang mendalam

pexels.com/cottonbro

Kehidupan pernikahan tak seindah saat pacaran bisa jadi karena kalian kurang mengenal pasangan kalian secara mendalam saat proses perkenalan. Misalnya, kalian langsung menikah dalam waktu yang singkat. Tentunya kamu masih meraba-raba tentang sosok pasanganmu ini. Apa yang kalian tunjukkan saat proses pendekatan mungkin tak seindah yang kalian hadapi saat menikah saat ini. 

4. Adanya intervensi dari keluarga besar

unsplash.com/istockphoto

Alasan lain menikah terasa tak begitu indah adalah karena kalian sudah menjadi satu keluarga dengan keluarga pasangan. Intervensi maupun konflik dengan mereka mungkin tak terhindari. Meski kalian telah menetapkan batasan, anggota keluarga lainnya mungkin tidak mengerti atau menghargainya. Alhasil, gesekan-gesekan tak akan terhindarkan. 

5. Tugas dan status yang berubah

unsplash.com

Saat menikah, kamu akan mempunyai status baru. Kamu mungkin tak akan sebebas dirimu saat kamu pacaran atau single. Kamu harus menyesuaikan status dan tugasmu sebagai seorang istri, nantinya sebagai seorang ibu, menantu, hingga ipar. Ini tentu akan membuat kamu semakin belajar lebih banyak dan tak jarang melelahkan. Perlu banyak intropeksi dan perbaikan diri. Terlebih ketika kamu sudah menjadi orangtua nanti yang menjadi contoh untuk anakmu. 

Itulah 5 alasan mengapa kehidupan pernikahan tak seindah masa-masa berpacaran. 

IDN Media Channels

Latest from Married