Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Klarifikasi Teuku Ryan Terkait Alasan Perceraiannya dengan Ria Ricis

Ryan memberikan penjelasan secara detail

Adinda Tasya Mutiara

Setelah tersebarnya isi putusan sidang yang memuat serangkaian alasan perceraian dari Ria Ricis, Teuku Ryan langsung membuat sebuah klarifikasi mengenai permasalahan yang ada dalam surat tersebut. 

Lelaki kelahiran Aceh itu merasa terpojok dengan isi surat gugatan perceraian nomor 547/PDT.G/2024/PA.JS tersebut. Sehingga, dirinya memutuskan membuat video yang diunggah ke akun YouTube pribadi untuk menjelaskan hal-hal yang tengah menjadi perbincangan publik, mulai dari soal hubungan Ricis yang tidak baik dengan ibunya hingga latar belakang dirinya tidak memberi nafkah batin.

Lantas, seperti apa poin klarifikasi Teuku Ryan dalam video yang diunggah pada Senin (6/5/2024) kemarin? Yuk, simak informasi detailnya di bawah ini!

1. Bercerai bukan karena selingkuh dan KDRT

Instagram.com/riaricis1795

Pertama, Teuku Ryan memberikan penjelasan bahwa perpisahannya dengan Ria Ricis bukan dikarenakan perselingkuhan atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bahkan, Ryan pun memberi kebebasan bagi semua pihak untuk mengecek surat keputusan pengadilan yang sudah tersebar di media sosial terkait orang ketiga dan KDRT.

"Saya menolak segala fitnah yang ditujukan kepada saya dan keluarga saya. Pertama-tama, saya berpisah bukan karena adanya pihak ketiga dan bukan karena KDRT," ucapnya.

2. Disebut numpang hidup

Instagram.com/riaricis1795

Sejak menjalin hubungan dengan Ricis, Ryan selalu dianggap sebagai lelaki yang hanya numpang hidup saja. Menanggapi hal tersebut, dirinya pun menepis rumor tersebut dan mengungkap sudah bekerja saat pertama kali bertemu dengan Ricis. 

“Saya bertemu dengan ibunya anak saya dalam kondisi bekerja. Kemudian saya berhenti, pindah ke Jakarta untuk menikah dengan istri saya dan langsung saya bekerja dalam ikatan pernikahan karena istri saya adalah seorang content creator,” jelas Ryan.

Di sisi lain, Ryan juga menjelaskan bahwa setelah menikah, untuk hasil keuntungan dari pembuatan konten selalu diberikan kepada keluarga kecilnya. 

"Semua hasil pekerjaan kami, saya tidak pernah minta benefit-nya, tapi saya serahkan untuk kebutuhan keluarga kecil saya," tambahnya.

3. Mengaku sang ibu sudah meminta maaf kepada Ricis

instagram.com/riaricis1795

Dalam isi gugatan perceraian, ada masalah mengenai Ricis yang tersinggung karena ucapan ibunda Ryan pada Ramadan 2022 lalu. Ryan akhirnya buka suara dan menjelaskan kalau dirinya sudah menegur sang ibunda tanpa memberi tahu Ricis. Tak lama kemudian, ibu Ryan langsung minta maaf atas kejadian tersebut dan Ricis pun dirasa telah memaafkannya.

"Sebenarnya saya juga sudah menegur ibu saya tanpa memberi tahu istri saya, sehingga ia berpikir saya tidak pernah membelanya. Ibu saya menyadari kekeliruan dan langsung meminta maaf kepada saya dan istri, walaupun maksudnya hanya sekadar bertanya. Semua sudah diluruskan dan dimaafkan istri saya," jelasnya.

4. Adanya salah paham tentang kerja di bulan puasa

Instagram.com/riaricis1795

Masih permasalahan tentang ibunda Ryan, sang aktor kembali menjelaskan adanya sebuah kesalahpahaman mengenai pertanyaan ibunya yang menyinggung waktu bekerja di bulan puasa. 

Hal ini dikarenakan sang ibu memiliki pemikiran kalau pekerjaan Ryan memiliki waktu fleksibel yang dapat dikerjakan kapan saja, terlebih saat itu merupakan momen pertama berkumpul bersama keluarga.

"Orangtua saya berpikir kerjaan saya lebih fleksibel, syuting dan konten YouTube bisa kapan aja. Mungkin yang dipikirkan orangtua saya adalah itu," kata Ryan.

5. Merasa bercanda mengenai komentar fisik Ricis

Instagram.com/riaricis1795

Selanjutnya, Ryan memberikan penjelasan cukup detail mengenai permasalahan fisik Ricis yang disebutnya terlalu kurus. Menurut Ryan, hal itu merupakan bercandaan yang biasa dilakukan oleh pasangan suami-istri. Sebagaimana, Ricis pernah mengomentari penampilannya, mulai dari gaya rambut dan brewok.

"Saya sempat menyampaikan agar lebih berisi untuk lebih enak dipeluk, yaitu sekadar bercandaan suami-istri. Saya sukanya (ngomong), 'Ayo dong berisi dikit jangan terlalu kurus kayak nggak bahagia' gitu. Wajar dong kalau saya juga mengomentari, dan ini bukan sebuah ejekan atau body shaming gitu. Ibunya Moana juga pernah mengomentari saya. Maunya rambut saya gayanya seperti ini, saya nggak boleh brewok karena dia tidak suka," ucapnya.

6. Tertekan jadi alasan jarang berikan nafkah batin

Instagram.com/riaricis1795

Perihal nafkah batin, Ryan agak sedikit tertutup karena hal tersebut termasuk dalam topik yang sangat sensitif. Ryan hanya mengaku jika dirinya memiliki tekanan batin, sehingga masalah itulah yang membuatnya merasa kurang gairah.

"Perlu diketahui dalam melakukan proses ini tentu harus dengan bahagia dan hati yang tenang, sedangkan saya selalu dalam keadaan tertekan. Dalam pernikahan ini, banyak hal-hal kecil yang tidak mau saya ungkap, tapi ini harus dijelaskan," tutur Ryan.

7. Tidak mengetahui asal uang Rp500 juta

instagram.com/riaricis1795

Terakhir, Ryan merasa tuduhan perkara uang Rp500 juta merupakan hal yang sangat menjatuhkan harga dirinya. Ryan pun menjelaskan kala itu kejadiannya berlangsung di acara 7 bulan kehamilan Ricis dan dirinya didatangi oleh asisten Ricis yang bilang bahwa Ryan baru saja deal kerja sama dengan brand senilai Rp500 juta.

Sementara itu, soal Ryan mendiami sang istri dikarenakan ada tagihan acara yang cukup besar. Alhasil, Ryan terlalu berpikir keras untuk menutup uang acara tersebut, sedangkan kondisi keuangannya sedang menipis. Selanjutnya, Ryan menjelaskan perasaannya berubah bukan karena uang masuk, namun lantaran adanya acara 7 bulan anak pertamanya.

"Sebenarnya saya sedang pada posisi tertekan. Saya bingung banget gimana caranya saya bisa meng-cover acara sebesar itu, sedangkan keuangan saya pas-pasan. Dan bagaimana mood saya tidak berubah drastis ketika saya mendengar saya mendapatkan pekerjaan dengan bayaran yang besar. Demi Allah, demi Allah saya tidak tidak tahu-menahu sama sekali bahwa transferan tersebut berasal dari istri saya," pungkas Ryan.

Itulah tujuh poin klarifikasi Teuku Ryan mengenai isi surat gugatan perceraiannya dengan Ricis. Semoga permasalahan mereka cepat selesai, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married