Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Tanda Saudara Ipar Toxic, Bikin Tak Nyaman!

Jangan sampai mengganggu kehidupan rumah tanggamu.

Felia Putri Dewinta

Pernikahan sejatinya bukan hanya tentang hidup bersama pasangan, namun juga untuk menjadi bagian dari keluarganya. Pada kenyataannya, tidak semua keluarga pasangan bisa bersikap baik dan benar-benar menerima kita apa adanya. Maka tak heran bila banyak orang merasa takut terhadap sosok ayah maupun ibu mertua.

Namun ternyata, bukan hanya mertua saja yang harus dihadapi usai menikah, lho, Bela! Terkadang, saudara ipar juga memiliki dramanya sendiri, mulai dari suka ikut campur kehidupan rumah tangga, hingga bersikap buruk kepadamu. Meski niatnya baik dan karena menyayangi saudaranya, tindakan seperti itu bisa dianggap toxic.

Jika memiliki saudara ipar yang toxic, tentu kamu akan merasa tidak nyaman dan serba salah untuk segala situasi. Untuk menghindarinya, maka kamu wajib mengenali tanda saudara ipar kamu adalah orang yang toxic, sehingga kamu juga bisa bersikap waspada.

Berikut tanda saudara ipar toxic yang wajib diketahui.

1. Sering muncul secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Pexels.com/Rodnae Productions

Pertama, saudara iparmu akan sering datang berkunjung ke rumahmu secara tiba-tiba. Meski sebenarnya tidak ada yang salah, sebab hal ini merupakan bentuk silaturahmi, namun ada baiknya jika kunjungan tersebut direncanakan dan diberitahukan terlebih dahulu. Bila tidak, tentu termasuk sebagai gangguan sehingga menjadi salah satu tanda ia adalah saudara ipar yang toxic.

2. Selalu menyalahkan dirimu di segala tempat dan situasi

ameblo.jp

Tindakan saudara ipar yang selalu menyalahkan kamu juga dapat dilihat sebagai salah satu tanda bahwa dirinya toxic. Biasanya, ia selalu mencari-cari kesalahanmu, serta apa pun yang kamu lakukan akan dianggap salah olehnya. Perilakunya yang seperti ini tentu menganggu bahkan bisa membuatmu tertekan. Jadi, cobalah bersikap lebih tegas bila saudara iparmu mulai melewati batas, ya, Bela!

3. Sering ikut campur bahkan mencoba untuk mengendalikanmu

freepik.com/ creativeart

Kehidupan rumah tangga usai menikah adalah tanggung jawab kamu dan pasangan, sehingga kalian berdualah yang harus mengambil setiap keputusan. Namun lain halnya bila kamu memiliki saudara ipar toxic. Sebab biasanya, ia justru sering bersikap menyebalkan, yakni dengan ikut campur urusan rumah tanggamu. Bila dibiarkan, perlahan-lahan ia mulai mencoba mengendalikan hingga membatasi kebebasanmu.

4. Tak ragu untuk menyerbarkan gosip buruk tentangmu kepada orang lain

Pixabay.com/Baruska

Terakhir, saudara ipar yang toxic juga tak ragu untuk berkata buruk tentangmu di depan orang lain. Biasanya mereka menyebarkan gosip mulai dari lingkungan keluarga inti, keluarga besar, hingga ke orang lain yang tidak benar-benar mengenalmu. Tindakan ini biasanya dilakukan untuk membuat kamu malu, dan diremehkan oleh orang lain. Meski begitu, selama kamu benar, jangan ragu untuk melawannya, ya, Bela!

Itulah dia beberapa tanda saudara ipar toxic yang wajib kamu ketahui. Semoga kamu bisa lebih waspada dan mengambil langkah selanjutnya, sebelum tingkah lakunya benar-benar mengganggu kehidupan rumah tanggamu.

IDN Media Channels

Latest from Married