Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ketahui Bedanya, Ini 7 Jenis Upacara Pernikahan yang Biasa Dilakukan

Pilih yang sesuai dengan keinginanmu.

Andhina Effendi

Sebuah pernikahan bisa digambarkan sebagai salah satu momen terbaik dalam hidup orang berpasangan. Pernikahan merupakan hari yang dinantikan, sehingga berbagai macam persiapan dilakukan agar hari pernikahan berjalan dengan sempurna.

Upacara pernikahan biasanya berbeda-beda, mengikuti tradisi, budaya, dan agama. Namun pada umumnya, berikut ini 7 jenis upacara pernikahan yang biasa dilakukan.

1. Pernikahan adat tradisional

Pexels.com/I Gede Karsa

Upacara pernikahan tradisional biasanya mengikuti adat dan budaya tertentu. Misalnya seperti di Indonesia, yang masing-masing daerah memiliki tradisi tertentu dalam upacara pernikahan. Di Indonesia, umumnya pernikahan adat biasanya menggunakan pakaian tradisional dengan beragam prosesi pernikahan tergantung dari wilayah atau budaya kedua mempelai.

2. Pernikahan formal

Pexels.com/Tien Dung

Pernikahan formal biasanya meliputi upacara pernikahan mengikat janji suci antara mempelai dan diikuti dengan resepsi pernikahan. Ada sejumlah among tamu, untuk jamuannya bisa berupa makanan prasmanan maupun duduk di meja yang sudah diatur, dan biasanya mengikuti sejumlah etiket. Pernikahan formal biasanya memerlukan biaya yang besar dengan jumlah tamu undangan bisa mulai dari 100 undangan.

3. Pernikahan informal

Pexels.com/Jonathan Borba

Berbeda dengan pernikahan formal, pernikahan informal biasanya tidak mengikuti aturan-aturan tersebut. Biasanya pernikahan informal menggabungkan beberapa tradisi atau bisa juga tidak mengikuti tradisi mana pun. Pilihan busana, jamuan makanan, dan hiburan yang ditampilkan pun terkesan lebih santai. Meski tidak formal, pernikahan jenis ini biasanya lebih intim.

4. Pernikahan upacara keagamaan

Unsplash.com/Wedding Photography

Pernikahan jenis ini tergantung pada agama yang dianut kedua mempelai dan biasanya dilakukan di rumah ibadah. Resepsi bisa dilakukan sesudah kedua mempelai saling mengucapkan sumpah, yang biasanya dilakukan di lokasi terpisah.

5. Pernikahan upacara sipil

Dok. Sweet Escape

Pernikahan upacara sipil biasanya dilakukan dengan skala yang lebih kecil. Kedua mempelai melakukan pernikahan di gedung pengadilan atau balai kota dengan dipimpin oleh seorang hakim, pejabat sipil, atau wali kota. Biasanya prosesi yang dijalani cukup sederhana, mulai dari saling mengucap janji, menandatangani berkas pernikahan, dan bisa dihadiri sedikit tamu sebagai saksi.

6. Pernikahan massal

Telegraph.co.uk

Pernikahan massal juga umum dilakukan di Indonesia, yang biasanya melibatkan sejumlah mempelai dinikahkan sekaligus. Biasanya pernikahan massal diselenggarakan oleh pemerintah atau organisasi tertentu. Ada juga pernikahan yang bersifat untuk amal dan ada yang mengikuti pernikahan massal untuk menghemat biaya.

7. Pernikahan destinasi wisata

Pexels.com/Dimitri Kuliuk

Pernikahan destinasi biasanya diidentikkan dengan pernikahan yang dilakukan di negara lain, di luar dari negara asal kedua mempelai. Pernikahan destinasi wisata ini juga identik dengan pernikahan di tempat-tempat eksotis. Biasanya pernikahan ini hanya mengundang sedikit tamu, karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa ke tempat tersebut.

Itulah beberapa jenis upacara pernikahan yang umum dilakukan. Tinggal pilih yang sesuai dengan keinginanmu dan tentunya sesuaikan dengan bujet, ya.

IDN Media Channels

Latest from Married