Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ketemu Mantan Saat Bukber? Ini 5 Cara Mencegah CLBK

Hayo, kendalikan emosi dan perasanmu!

Raizza Monik Setiawanti

Setiap tahunnya, di bulan Ramadan kegiatan buka puasa bersama atau bukber seolah menjadi agenda wajib bagi beberapa orang. Umumnya, bukber menjadi ajang untuk bersilaturahmi dan berbagi cerita, atau bahkan reuni dengan teman-teman lama. 

Nah, adanya agenda ini membuat kamu, mau nggak mau untuk bertemu dengan mereka, termasuk kemungkinan bertemu dengan mantan. Hmm, situasi ini pasti membuat kamu bimbang untuk memutuskan datang atau tidak, apalagi kalau kamu sudah tidak ada rasa sama sekali dengan mantan. 

Tapi tenang! Kamu nggak perlu bimbang sendirian, karena berikut ini Popbela akan bagikan 5 cara mencegah CLBK atau cinta lama bersemi kembali saat bukber!

1. Jangan terlalu dalam mengaitkan pembicaraan dengan masa lalu

Freepik.com/Odua

Saat acara bukber, pembahasan yang banyak dibicarakan pasti berkisar soal masa lalu. Maka, pada dasarnya kamu nggak akan bisa menghindar dari topik masa lalu yang mungkin saja berhubungan dengan kamu dan mantanmu. 

Namun, jika memang sesi flashback sudah terlalu dalam dan akhirnya mengingatkan kenangan buruk yang ingin kamu lupakan, sebaiknya kamu tidak perlu ikut dalam obrolan.

Bukan apa-apa, membahas masa lalu saat masih bersama bisa membuka peluang untuk salah satu dari kalian jatuh cinta kembali. Padahal, mungkin saja sekarang keadaannya sudah berbeda, jadi untuk kembali bersama akan merepotkan.

2. Hindari melibatkan perasaan yang intens

freepik.com/odua

Lagi-lagi, karena topik masa lalu cenderung sulit untuk dihindari, maka saat mendengarnya, baik itu kisah yang menyedihkan atau menyenangkan, sebaiknya tidak perlu bereaksi berlebihan. Ingat, biar bagaimanapun, itu sudah menjadi bagian dari kehidupanmu. Yang berlalu biarlah berlalu, Bela.

Segera blok semua perasaan yang kamu temui agar tidak terlalu larut. Lagi pula, kamu juga tidak tahu apa yang mantanmu rasakan. Jangan sampai hanya kamu yang terjebak dalam nostalgia tak berkesudahan.

3. Tunjukkan kalau kamu bahagia

pexels.com/mentatdgt

Gimana lagi caranya agar terhindar dari CLBK saat bertemu di acara bukber? Kamu harus menunjukkan kalau kamu sudah bahagia dengan kehidupan yang sekarang. That’s it!

Tunjukkan kalau kamu bukan orang yang sama yang ia temui dulu, kamu tidak lagi menangis karena kandasnya hubungan kalian, serta kamu sudah berdamai dengan masa lalu dan dirimu sendiri.

Ketika seseorang melihat mantannya baik-baik saja atau bahkan lebih bahagia setelah tidak bersamanya, pasti ada kecenderungan untuk menjaga sikap dan membatasi diri agar tidak lagi mengganggu. Ia akan menganggap kalau kehadirannya sudah tidak dibutuhkan. 

Nah, kalau sudah begini, kamu nggak perlu khawatir lagi, deh!

4. Bawa santai saja, jangan gugup!

freepik.com/odua

Ketemu mantan di acara bukber itu jangan menghindar! Namun jangan juga memaksakan diri untuk dekat-dekat dengannya. Bawa santai aja seperti kamu bertemu teman-teman yang lain.

Ingat, tujuan kamu ikut bukber itu kan bertemu dan menjalin silaturahmi. Jadi, anggap saja tidak ada yang spesial dari dirinya. Kamu bisa menyapanya seperti kamu menyapa teman-temanmu yang lain. Dengan memperlihatkan sikap santai, tentunya dia juga nggak akan berpikir macam-macam.

5. Tunjukkan kedekatanmu dengan orang lain

umroh.com

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari CLBK dengan mantan saat bukber adalah dengan menunjukkan kalau kamu sudah dekat atau sudah punya pacar baru. Kalau bagimu terlalu sensitif untuk mengajak partner ke acara bukber itu, karena takut teman-temanmu tidak nyaman, maka tunjukkan saja dari kode-kode lainnya. Seperti misalnya, sesekali menyebut nama pasanganmu itu, atau memasang fotonya di ponselmu. 

Dengan bersikap seperti itu, kamu sudah menunjukkan batasan yang jelas bahwa si mantan sudah nggak punya tempat lagi di hatimu. Jadi, selepas bukber, nggak ada lagi deh kesempatan buatnya untuk ngechat kamu basa-basi soal acara tersebut.

Gimana, mudah kan? Yuk, dicoba kalau ada jadwal bertemu mantan di acara bukber nanti!

IDN Media Channels

Latest from Dating