Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Catat! 6 Tanda Kamu Tak Boleh Balikan dengan Mantan

Jangan balikan kalau kamu ada di kondisi ini!

Natasha Cecilia Anandita

Masih memiliki rasa dengan mantan mungkin normal karena kita tak bisa mengontrol perasaan. Rasa ingin balikan mungkin muncul saat merindukannya. Ada banyak alasan mengapa kamu merasa sulit untuk melupakannya atau ingin balikan. 

Tapi, kembali dengan mantan mungkin bukan pilihan terbaik. Balikan dengannya tidak menjamin bahwa semua hal akan lebih baik. Jika hendak balikan, pastikan ada alasan yang kuat untuk kalian balikan. 

Pakar hubungan mengatakan kalau enam tanda ini kamu alami, maka kamu tak boleh balikan sama mantan. Apa saja itu? Mari kita bahas satu-satu!

1. Teman dekatmu menyatakan bahwa mereka tak menyukainya

unsplash.com

Teman dekat atau sahabat bisa menjadi tempat curhat dan pemberi saran terbaik untuk hubunganmu. Mereka sangat mengerti tentang dirimu dan pastinya menyayangimu. Oleh karena itu, pasti mereka akan memberikan segala saran terbaik untuk masa depanmu.

Meski kamu sendiri yang nantinya yang akan memutuskan, tapi pendapat mereka penting dan tak bisa diabaikan. Mereka akan memberikan perspektif mereka tentang kelebihan dan kekurangan dari hubunganmu.

Saat mereka sudah mengatakan bahwa mereka tidak suka pada mantanmu, ini sudah jadi tanda bahwa kamu tidak perlu balikan dengannya. Cobalah untuk berpikiran terbuka dan membuka telinga pada pendapat sahabatmu. 

2. Kalian sudah mau atau sudah menikah

unsplash.com

Jika salah satu atau mungkin kalian masing-masing sudah menikah, pastinya sangat tidak mungkin untuk balikan. Kembali menjalin hubungan hanya akan menyakiti hati pasangan masing-masing. Bukan hanya itu, perasaan kalian mungkin hanya sekadar rindu dan tak ada jaminan akan terjalin dengan sehat. Pernikahan adalah hal sakral dan komitmen seumur hidup. Biarlah masa lalu berada di masa lalu dan jalanilah masa depan dengan menciptakan hal-hal yang lebih baik. 

3. Kalian putus karena perselingkuhan atau kekerasan

unsplash.com/istockphoto

Jika kalian putus karena perselingkuhan, membangun hubungan kembali mungkin tidak akan berjalan lancar seperti sebelumnya. Kamu mungkin khawatir akan ada perselingkuhan lainnya dan jadi sering mengecek ponselnya. 

Lebih buruk lagi, kamu pernah mengalami kekerasan yang menjadi alasan kalian untuk putus. Lebih baik untuk terhindar dari hubungan toxic seperti itu dan menjalani kehidupan dengan aman walau kamu harus menjomblo. Percayalah bahwa akan ada seseorang terbaik datang untukmu. 

4. Kalian punya masalah tentang komunikasi

unsplash.com/istockphoto

Hal penting dalam hubungan adalah komunikasi. Jika mantan kamu selalu menyembunyikan sesuatu darimu, menghindari percakapan yang sulit, atau menjadi agresif dan berteriak, ketahuilah bahwa kamu pantas mendapatkan pasangan yang peduli dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Perdebatan terus-menerus dan serius dapat merusak hubungan. Jika kalian belum bisa menjadi komunikator yang lebih baik, masalah ini dapat dengan membawa pengaruh buruk lagi saat kalian balikan sekalipun.

5. Kalian berada di titik terendah hidup

pexels.com/Rodnae Productions

Saat kamu atau dia sedang berada di titik terendah dalam hidup, sebaiknya jangan berpikir untuk balikan. Misalnya, kamu sedang bangkrut atau sedang benar-benar kacau karena msalah datang beruntun. 

Niat balikanmu mungkin didasari hal lain, yang mungkin seperti ingin memanfaatkannya agar bisa bertahan atau hanya butuh teman. Secara logis, mantanmu mungkin akan berpikir kamu datang saat masa-masa sulit saja dan terlihat tidak tulus. 

6. Dia menggunakan teman atau keluargamu untuk balikan

unsplash.com/istockphoto

Jika mantanmu dekat dengan teman atau keluargamu secara tulus, itu mungkin hal baik. Tapi, saat dia berpura-pura ramah pada mereka dan semua inti kedekatan itu adalah tentangmu, ini bisa jadi red flag bahwa dia sudah mulai manipulatif. Semua tindakannya seakan membawa sahabat dan keluargamu berada di sisinya dan meminta mereka memberi dukungan agar kamu kembali bersamanya. 

Itulah 6 tanda kamu tidak boleh balikan dengan mantan. Coba pikir-pikir lagi, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Dating