Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tips Membangun Komunikasi yang Sehat dengan Pasangan

Hubungan pun langgeng.

Gita Laras

Membangun komunikasi yang sehat dalam hubungan bukanlah hal mudah. Namun, apabila kamu dan pasangan bisa mencapainya, kemungkinan besar hubungan kalian akan baik-baik saja ke depannya. Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam hubungan.

Komunikasi yang baik memberikan kesempatan kamu dan pasangan untuk mengeksplorasi aspek-aspek lain dalam hubungan seperti manajemen stres, penyelesaian masalah, hingga memengaruhi romansa dan seks. Berikut sepuluh cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun komunikasi sehat dengan pasangan.

1. Tanyakan kabar sehari-hari

freepik.com/lookstudio

Cek perasaan dan kabar pasangan setiap harinya. Memberi pertanyaan seperti, “Bagaimana hari kamu?” dapat membangun kebiasaan komunikasi yang baik dengan pasangan. Selain itu, pertanyaan tersebut juga membuat kamu dan pasangan selalu merasa terhubung.

2. Jangan pernah mengira-ngira sesuatu

freepik.com/wayhomestudio

Sangat mudah terjebak dalam pikiran dan keraguan yang ada di kepala. Namun, jangan sampai kamu menargetkannya ke pasangan. “Curiga atau mencoba menebak pemikiran dan perilaku pasangan hanya akan menyebabkan kesalahpahaman,” ungkap Sameera Sullivan, psikolog dan pendiri Lasting Connections. Jangan pernah mengira-ngira sesuatu. Jika kamu memiliki pertanyaan, langsung sampaikan ke pasangan.

3. Mengecek kondisi hubungan secara rutin

unsplash.com/Annette Sousa

Sama seperti bertanya kabar sehari-hari, kamu dan pasangan juga perlu mengecek kondisi hubungan secara rutin. Misalnya, dengan bertanya, “Bagaimana perasaan kamu terhadap hubungan ini?”. Pertanyaan tersebut dapat mengarahkan ke beberapa rencana besar dalam hubungan, seperti liburan bersama, bertunangan, atau menikah. Bertanya tentang pandangan pasangan juga bisa membantu menginstropeksi hubungan jika ada masalah.

4. Merespons kebutuhan satu sama lain

Pexels.com/cottonbro

Jika pasangan menghubungi kamu, sediakan waktunya. Dalam hubungan, masing-masing perlu untuk memberikan perhatian, dukungan, dan kasih sayang satu sama lain. Setiap momen adalah kesempatan untuk terhubung dengan pasangan kamu.

5. Mendengarkan dengan aktif

freepik.com/ freepik

Komunikasi tidak hanya tentang berbicara, tapi juga mendengarkan dengan aktif. Menjadi pendengar aktif berarti mendengar apa yang dikatakan pasangan dan tidak menginterupsi sebelum ia menyelesaikan omongannya. Pastikan juga kamu tidak defensif atau merespons negatif atas apa yang dikatakannya.

6. Mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang pasangan

Pexels.com/Ba Tik

Saat menghadapi konflik, kebanyakan dari kita ingin didengarkan dan dipahami. Ini bisa dimengerti, tetapi terlalu banyak fokus pada keinginan diri sendiri bisa menjadi bumerang dalam hubungan. Cobalah untuk melihat sudut pandang lain, terutama dari pasangan.

7. Gunakan komunikasi “aku”

pexels.com/@katerina-holmes

Dibanding mengatakan “kamu bikin semuanya berantakan”, lebih baik mengarahkan konflik ke perasaan kamu sendiri. Misalnya dengan mengatakan, “aku stres sama masalah ini”. Komunikasi dengan sudut pandang “aku” cenderung tidak menuduh dan menyalahkan pasangan. Itu juga membantu pasangan memahami perasaan kamu.

8. Berkompromi saat menghadapi masalah

freepik.com/ drobotdean

Alih-alih mencoba 'memenangkan' argumen, carilah solusi yang baik bagi kamu dan pasangan. Kompromikan hal-hal yang memberikan keuntungan dalam hubungan. Komunikasi yang sehat melibatkan penyelesaian masalah tanpa mengorbankan salah satu pihak.  

9. Saling memuji

pexels.com/vjapratama

Pasangan yang sudah bersama-sama dalam waktu lama terkadang lupa untuk menghargai hal-hal kecil bersama pasangan. Untuk menjaga komunikasi yang sehat, kamu juga bisa memberikan pujian kepada pasangan setiap dia membuat kamu kagum.

10. Mengucapkan terima kasih

Pexels.com/Budgeron Bach

Cara yang bagus untuk meningkatkan kemesraan adalah mengungkapkan rasa terima kasih atas sesuatu yang telah dilakukan pasangan sehari-hari. Sederhana tapi bermakna.

Itulah sepuluh cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun komunikasi sehat dengan pasangan. Ingatlah bahwa hal utama dari komunikasi yang efektif adalah saling pengertian antara kamu dan pasangan.

IDN Media Channels

Latest from Dating