Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Contoh Mahar Uang Simple dan Mudah untuk Pernikahan

Bisa bikin sendiri, nih!

Nafi' Khoiriyah

Salah satu ketentuan dalam pernikahan yang harus dipenuhi agar menjadi sah adalah mahar. Mahar merupakan harta yang diberikan oleh suami kepada istri sebagai wujud terima kasih atas kesediaannya untuk dinikahi. 

Bentuk mahar pun bisa sangat beragam, mulai dari uang tunai, perhiasan, rumah, tanah, dan lain sebagainya. Namun, banyak orang yang memilih mahar uang karena simpel dan tentunya pasti akan berguna.

Kalau kamu ingin membuat mahar uang sendiri, ada beberapa contoh mahar uang simple yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini. 

1. Contoh mahar uang simple nuansa putih

pinterest.com

Mahar uang yang pertama dibingkai dengan pigura kotak berwarna putih yang simpel. Warna putih memang identik dengan hari pernikahan karena kesannya yang suci dan bersih. 

Nah, mahar uang yang akan kamu berikan bisa ditata melingkar dalam pigura, lalu hias dengan kayu bertuliskan nama kedua mempelai. Setelah mahar uang tertempel, hias sekelilingnya dengan bunga kering agar lebih indah. 

2. Contoh mahar uang simple nuansa rustic

pinterest.com

Contoh mahar uang simple selanjutnya bertema rustic dengan nuansa cokelat secara keseluruhan. Untuk piguranya, gunakan yang berbahan kayu asli. Lalu, letakkan mahar uang di atas kain rami nuansa cokelat pula. 

Kalau biasanya uang dalam pigura ditata melingkar, tak ada salahnya untuk menatanya dengan cara dilipat seperti di atas. Nah, space yang kosong di sekelilingnya bisa dihias dengan bunga dan dedaunan supaya nuansa rustic makin terlihat.

3. Contoh mahar uang simple nuansa biru

pinterest.com

Selain desainnya, memilih lembaran uang yang akan diberikan kepada mempelai perempuan juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memilih pecahan yang bagus dan warnanya senada agar mudah ditata.

Contoh mahar uang nuansa biru di atas bisa jadi contoh kalau kamu akan memakai pecahan lima puluh ribuan. Supaya lebih estetik, tata uang tersebut dalam bingkai kaca putih dan hias dengan bunga yang senada.

4. Contoh mahar uang simple persegi

pinterest.com

Nggak melulu harus persegi panjang atau bulat, bentuk mahar bisa dibuat persegi seperti ini. Sama seperti sebelumnya, pigura yang dipakai adalah pigura kaca nuansa putih dengan hiasan bunga-bunga. 

Seperti contoh mahar uang simple di atas, tatalah uang secara rapi dengan cara digulung lalu disejajarkan di dalamnya. Jangan lupa tambahkan kedua nama mempelai di tengahnya beserta dengan tanggal pernikahan supaya makin berkesan, ya!

5. Contoh mahar uang simple hiasan bunga

pinterest.com

Selain menggunakan uang kertas, mahar yang kamu berikan bisa divariasikan dengan uang koin dan logam mulia. Biasanya, jumlah uang maupun logam mulia yang diberikan memiliki arti khusus untuk calon pengantin.

Kalau sudah, tempelkan uang dan logam mulia tersebut dalam pigura kaca secara estetik. Penambahan hiasan bunga dan daun imitasi itu akan membuat mahar tampak lebih indah saat diberikan kepada mempelai perempuan. 

6. Contoh mahar uang simple unik

pinterest.com

Bukan hanya memakai konsep rustic saja, contoh mahar uang simple kali ini juga cukup unik dengan pemilihan uang jadul. Uang tersebut bisa ditempelkan pada kain rami dan dibingkai menggunakan bingkai kayu seperti biasa. 

Uang jadul sebagai mahar memang akan lebih berkesan jika diberikan sebagai mahar. Sebab, hal itu akan menunjukkan effort pihak laki-laki untuk perempuan yang dicintainya. 

7. Contoh mahar uang simple koin

pinterest.com

Terakhir, memberikan mahar menggunakan uang koin juga tidak ada salahnya. Namun, akan lebih baik kalau uang koin tersebut punya nilai jual yang tinggi agar pihak perempuan merasa bahagia saat menerimanya. 

Uang koin juga bisa kamu pilih dari mata uang luar negeri yang lebih berharga. Kalau sudah, cukup tata uang tersebut di dalam pigura, lalu hias dengan tulisan artistik dan hiasan bunga kering.

7 contoh mahar uang simple di atas bisa kamu jadikan referensi untuk hari bahagiamu. Simpel dan mudah, bukan? 

IDN Media Channels

Latest from Married