Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Terbaik Menghadapi Orang yang Suka Menyalahkan

Jangan menyalahkan balik!

Astri Amalia

Siapa, sih yang nggak kesal ketika sering disalahkan seseorang, entah itu keluarga, pasangan, ataupun teman atas segala hal? Rasanya, apa pun yang kita lakukan nggak pernah benar di matanya. Ujung-ujungnya membuat kita semakin defensif dan makin malas untuk menjaga hubungan dengan baik.

Wajar banget, kok, Bela kalau kamu merasa kesal pada orang yang kerap menyalahkanmu. Tapi, daripada menyalahkan balik, kamu bisa menghadapinya dengan cara yang lebih dewasa.

Untuk itulah, Popbela sudah merangkum 7 cara terbaik menghadapi seseorang yang suka menyalahkan, dilansir dari laman Bonobology berikut ini. Scroll terus artikelnya hingga selesai ya, Bela!

1. Tahan keinginan untuk melawannya

freepik.com/drobotdean

Cara terbaik yang pertama dalam menghadapi orang yang suka menyalahkanmu ialah menahan diri untuk melawannya. Memang sangat wajar kalau kamu ingin cepat-cepat bereaksi padanya. Namun, untuk menghadapinya dengan lebih bijak, sebaiknya kamu menarik napasmu dengan dalam terlebih dahulu dan mundur dari percakapan sejenak.

Setelah itu, cobalah menilai diri mereka dari perspektif yang lebih netral. Alih-alih menentukan siapa yang benar dan salah, belajarlah untuk meresponsnya dengan kasih sayang.

Yup, sulit memang untuk merespons seseorang yang kerap menyalahkan dengan penuh kasih sayang. Akan tetapi, jika kamu terus belajar melihatnya dari sudut pandang ini, kamu nggak akan mudah bereaksi, bersikap defensif, ataupun langsung menyalahkan dirimu sendiri.

2. Berlatihlah komunikasi terbuka

Pexels.com/ketut subiyanto

Kamu mungkin sudah sering dengar bahwa kunci dari hubungan yang harmonis ialah komunikasi yang baik. Walaupun terdengar klise, tapi komunikasi secara terbuka benar-benar kunci terpenting dari langgengnya sebuah hubungan.

Menurut psikolog, Jayant Sundaresan, ketika seseorang menyalahkanmu, sebenarnya terdapat sebuah miskomunikasi di dalam hubungan tersebut.

“Menyalahkan pada dasarnya menunjukkan gangguan dalam komunikasi. Saat komunikasi terbuka, transparan, dan jelas, hal-hal menjadi kecil dan diselesaikan lebih awal,” ujar Jayant. 

“Sehingga, praktikkan penerimaan dan kesabaran, dan jaga komunikasi tetap terbuka,” tambah psikolog, Juhi Pandey.

3. Berikan pertanyaan logis padanya

https://www.pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Cara terbaik menghadapi seseorang yang suka menyalahkan selanjutnya ialah dengan memberikan pertanyaan yang logis padanya seperti, "Mengapa menurutmu aku satu-satunya yang bertanggung jawab?" 

Dengan memberikan pertanyaan seperti ini, akan membantumu melihat situasi secara lebih realistis dan memahami perspektif orang lain dengan lebih baik.

Jika situasinya dia terus-terusan menyalahkanmu di segala kondisi, menurut Jayant, ini mengindikasikan adanya ketidakpuasan dalam hubungan. Bisa jadi, ia merasa adanya ketidaksesuaian antara harapan tentang hubungannya dengan kenyataan.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membicarakan hal tersebut secara terbuka dengannya. Tanyakan apa harapannya, berikut dengan mengungkapkan harapanmu di dalam hubungan tersebut.

4. Jadilah pendengar yang baik

https://www.pexels.com/Foto oleh Julia Larson

Saat membaca poin ini, mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa aku harus jadi pendengar yang baik pada orang yang sering menyalahkanku?

Jawabannya adalah kamu bisa mengetahui motif asli di balik perilaku sering menyalahkannya tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk mendengarkan dia dengan penuh perhatian dan berikan ia ruang untuk berkata jujur.

Kunci menjadi pendengar yang baik ialah jangan menyela sampai mereka selesai berbicara dan urungkan niatmu untuk merencanakan jawaban yang ingin kamu sampaikan ataupun komentar sarkastik pada mereka.

5. Cari tahu pemicu atas tindakan tersebut

unsplash.com/Trung Thanh

Menurut psikolog, Manjari, saat seseorang selalu menyalahkanmu, cara terbaik untuk menghadapinya ialah dengan mencari tahu situasi atau tindakan apa yang memicunya menyalahkanmu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perilaku menyalahkan biasanya berakar dari adanya miskomunikasi antara dua belah pihak.

Maka dari itu, cobalah mencari akar permasalahannya dan berkomitmen satu sama lain untuk menemukan jalan keluarnya.

Yang perlu kamu ingat, memperbaiki sebuah hubungan memerlukan waktu dan usaha bersama. Jadi bersabarlah dalam prosesnya ya, Bela.

6. Pahami keterlibatanmu dalam situasi tersebut

pexels.com/Liza Summer

Menurut psikolog dan penulis, Dr. John Gottman, di balik setiap keluhan yang dilontarkan seseorang, sebenarnya ada rasa kerinduan pribadi yang mendalam. Dengan kata lain, ketika seseorang menyalahkanmu, bahkan sering memarahimu dalam berbagai situasi, sebenarnya ini menandakan bahwa dia menginginkan sesuatu darimu atau memang ada beberapa kesalahan yang kamu buat.

Apabila kamu telah memahami hal ini, sekarang cobalah tanyakan apa yang sebenarnya terjadi, apa kontribusimu atas masalah tersebut, dan bagian mana yang perlu kamu pertanggungjawabkan.

Setelahnya, ucapkan permintaan maaf dengan tulus atas kesalahan yang menyakitinya dan bantu dia memahami agar hal itu nggak terjadi lagi di kemudian hari.

7. Pahami emosi di balik perilaku menyalahkannya

pexels.com/SHVETS production

Cara terbaik terbaik terakhir dalam menghadapi orang yang suka menyalahkan adalah melihat apa yang ingin coba ia sampaikan padamu secara emosional, alih-alih berfokus pada ucapannya. Bisa jadi ada beberapa kebutuhan emosional yang ingin dia ungkapkan padamu.

“Mungkin bagian itu lebih penting daripada apa yang dikatakan dalam hal fakta dan pernyataan. Apa yang sebenarnya mereka rasakan? Mereka mungkin mencoba mengomunikasikan hal ini, tetapi karena mereka terbebani secara emosional, mereka mungkin tidak menemukan kata yang tepat atau menggunakan nada yang tepat,” kata Jayant.

Jayant kemudian melanjutkan untuk memfokuskan dirimu pada apa yang ia rasakan, sebelum akhirnya bekerjasama untuk meresolusi konflik.

Nah, itulah tadi 7 cara terbaik menghadapi orang yang suka menyalahkan. Bagaimana, kamu punya pengalaman selalu disalahkan oleh orang lain nggak, nih? Bagikan ceritamu di kolom komentar di bawah ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single