Kalau kamu baru saja putus cinta, rasanya di kepalamu semua adegan dan kejadian yang kamu alami bersamanya berputar kembali. Kamu jadi berpikir, "Harusnya aku nggak bilang begitu padanya," atau "Kalau saja waktu itu aku bilang begini, mungkin kita masih bersama sekarang,". Kegalauan inilah yang membuatmu jadi terus menyalahkan diri karena hubunganmu dengan mantan nggak berhasil. Bela, yang sudah berlalu nggak akan bisa kamu ubah. Jadi berhentilah menyalahkan dirimu sendiri dan simak cara-cara dari Popbela berikut ini. 

 

1. Pahami bahwa dia juga memiliki masalahnya sendiri 

Habis Putus? Stop Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan Cara-cara Berikut!slipthroughmovies.wordpress.com

Kalau kalian sampai putus, bukan berarti itu sepenuhnya salahmu. Menjalin hubungan butuh usaha dari dua orang. Mantanmu juga punya masalahnya sendiri yang menyebabkan dia nggak mau berusaha lagi dan memilih untuk menyudahi hubungan kalian. Mungkin dia punya ketakutan berkomitmen atau dia bukan tipe orang yang setia. 

 

2. Cari hal lain yang berharga di hidupmu, selain hubunganmu dengannya 

Habis Putus? Stop Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan Cara-cara Berikut!nypost.com

Hidupmu nggak berputar di sekitarnya saja kok, Bela. Carilah kesibukan lain yang bisa membuatmu merasa berharga dan bahagia seperti bekerja, menghabiskan waktu bersama anjingmu, atau memulai bisnis yang sudah lama kamu rencanakan itu. 

 

3. Belajarlah untuk lebih mencintai dirimu sendiri

Habis Putus? Stop Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan Cara-cara Berikut!vox.xom

Kamu harus tahu bahwa kebahagiaanmu nggak bergantung pada orang lain. Hanya kamu sendiri yang bisa mencintai dirimu dengan tulus. Fokuslah pada hal-hal yang positif tentang dirimu daripada kekurangan-kekuranganmu. 

 

4. Akui pada diri sendiri bahwa kamu nggak sempurna

Habis Putus? Stop Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan Cara-cara Berikut!fromthegrapevine.com

Kalau kamu punya ekspektasi yang tinggi banget pada hubunganmu atau dirimu sendiri, kamu jadi gampang kecewa. Terimalah bahwa dirimu nggak sempurna dan siapa pun bisa membuat kesalahan. 

 

5. Jangan terlalu banyak menyendiri dulu 

Habis Putus? Stop Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan Cara-cara Berikut!movpins.com

Habiskan waktumu bersama orang-orang terdekatmu karena kalau kamu terlalu banyak sendiri, kamu jadi sangat rentan untuk merasa galau. Orang-orang terdekatmu akan bisa menghiburmu supaya kamu nggak terlalu tertekan. 

 

Jangan terlalu larut dalam kesedihan ya, Bela. Galau memang nggak dosa, tapi kalau terus menerus menyalahkan diri kan nggak sehat juga. Kamu pun akan lebih mudah melupakan mantan kalau kamu berhasil menerima kenyataan tersebut dengan lapang dada. Setuju nggak, Bela? Kalau setuju bagikan ke teman-temanmu yang habis putus cinta, ya!