9 Tips Cerdas Membahas Keuangan dengan Pasangan

Harus tahu cara yang tepat untuk membicarakannya, nih.

9 Tips Cerdas Membahas Keuangan dengan Pasangan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pasangan yang memiliki pandangan dan tujuan hidup yang sama, jelas akan membuat hubungan terasa lebih mudah. Selain tahu apa yang menjadi tujuannya, hal ini bisa membuat kedua pasangan saling tahu apa yang menjadi tanggung jawabnya

Contohnya saja ketika kamu dan pasangan membahas soal masalah finansial alias keuangan. Membahas masalah keuangan dalam hubungan sering kali dianggap hal yang tabu dan terlalu sensitif. Padahal, topik ini merupakan topik yang sangat penting menyangkut masa depan hubunganmu, terutama ketika kamu dan pasangan mulai serius, nih. 

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips cerdas membahas keuangan dengan pasangan. Simak, yuk, siapa tahu, kamu jadi lebih berani untuk membahasnya.

1. Berkomunikasi secara terbuka, sejak awal

Hubungan yang berjalan baik sering kali merupakan hubungan yang transparan. Artinya, ketika semua hal dalam hubungan didiskusikan secara bersama, ini bisa meminimalisir terjadinya miskomunikasi, tanpa terkecuali perihal keuangan.

Untuk itu, kamu perlu menerapkan komunikasi yang terbuka sejak awal, ya, Bela! Kalau takut membahas perihal keuangan di awal, kamu bisa mencoba alihkan dengan membahas hal lainnya terlebih dahulu, kok! Biarkan pembicaraanmu mengalir secara natural, sampai akhirnya kamu dan pasangan nyaman lalu kamu bisa mulai membahas perihal keuangan.

2. Bicarakan tentang ekspektasi finansial kalian sejak dini

Ketika kamu mulai yakin untuk membahas keuangan bersama pasangan, coba utarakan tentang ekspektasi finansialmu sejak awal, ya, Bela! Hal ini perting, agar kalian bisa saling mengukur sampai batas mana bisa kalian lakukan. Ketika kamu merasa ekspektasi pasangan terlalu tinggi kamu bisa segera mendiskusikan seperti apa baiknya, begitu pula sebaliknya. Hingga akhirnya, kalian berdua tidak akan merasa kecewa jika ekspektasi masing-masing kalian tidak dapat terpenuhi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here