Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Tipe Mantan yang Nggak Perlu Dikasih Kesempatan Kedua

Mantanmu termasuk nggak, nih?

Astri Amalia

Bela, apa yang akan kamu lakukan jika mantanmu meminta untuk balikan? Mungkin kalau kamu masih menyisakan perasaan untuknya, kamu terpikir untuk memberinya satu kesempatan lagi.

Namun, sebelum tergesa memutuskan, ada baiknya kamu cek 12 tipe mantan yang nggak perlu dikasih kesempatan kedua berikut ini. Apabila dia masuk ke dalam daftar berikut, lebih baik kamu nggak berhubungan lagi dengan mantanmu. Yuk, simak artikel selengkapnya yang dikutip dari Bolde ini.

1. Nggak belajar dari kesalahannya

unsplash.com/Charlie Foster

Ketika mantanmu merasa sedih karena sudah nggak bersamamu lagi, bukan berarti kamu benar-benar harus balikan dengannya. Apabila dia nggak menunjukkan usaha untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu, maka jangan berikan ia kesempatan kedua.

2. Sering ghosting

Pexels.com/Liza Summer

Apabila mantanmu sering kali melakukan ghosting padamu, jangan pernah berikan dia kesempatan kedua untuk kembali bersamamu. Sudah sangat jelas bahwa ia nggak punya cukup keberanian untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dan memilih menghilang begitu saja tanpa sepatah kata pun.

3. Memutuskanmu karena alasan sepele

pexels.com/RODNAE Productions

Jika seseorang memutuskanmu hanya karena bentuk fisikmu atau ketika kamu sedang mengalami masa sulit, maka dia nggak pantas mendapatkan kesempatan kedua. Seseorang yang benar-benar peduli denganmu nggak akan meninggalkanmu di masa sulit sekalipun. Tapi sebaliknya, dia akan terus mendukungmu.

4. Kamu nggak merasa aman dan nyaman saat bersamanya

pexels.com/Timur Weber

Apabila mantanmu tukang selingkuh, sering berbohong, atau mengabaikanmu sehingga kamu nggak pernah merasa aman dan nyaman dengannya, maka jangan berikan dia kesempatan untuk kembali berhubungan denganmu.

Kamu tentu nggak mau menghabiskan waktu dengan seseorang yang hanya membuatmu cemas dan ketakutan.

5. Meninggalkanmu untuk perempuan lain

freepik.com/stefamerpik

Selanjutnya adalah tipe mantan yang meninggalkanmu demi perempuan lain. Ini adalah salah satu tanda paling jelas bahwa dia sangat nggak pantas mendapatkan kesempatan kedua darimu.

6. Meninggalkanmu demi mantannya

freepik.com/yanalya

Jika di masa lalu mantanmu masih terbayang akan sosok mantannya yang lain, maka jangan kembali padanya walaupun dia memohon padamu. Ketika bersamamu saja dia masih belum bisa melepaskan sosok mantannya, jangan sampai kamu hanya dijadikan pelarian atas ketidakmampuannya move on dari mantannya tersebut.

7. Menjadikanmu pelampiasan

drkarenfinn.com

Apabila mantanmu putus denganmu, menemukan pacar baru, lalu putus dengannya, dan sekarang tergesa untuk kembali padamu, maka larilah sejauh mungkin! Kemungkinan besar, dia hanya menjadikanmu pelampiasan karena masih memiliki trauma yang belum tersembuhkan dengan mantannya yang lain.

8. Berselingkuh berkali-kali

Freepik.com/master1305

Adakalanya pasangan bisa melewati masalah perselingkuhan dalam hubungan. Namun, ini membutuhkan banyak usaha dan komitmen untuk memastikan hal itu nggak akan terjadi lagi di masa depan.

Tetapi, jika mantanmu berselingkuh berkali-kali saat masih berhubungan denganmu, sadari bahwa dirimu jauh lebih berharga, dibandingkan dengan memberikan kesempatan pada orang yang sama sekali nggak peduli dengan perasaan dan juga hubungannya.

9. Menyiksamu secara fisik

pexels.com/Timur Weber

Kekerasan secara fisik nggak pernah dibenarkan dalam hubungan apa pun, termasuk hubungan romantis. Jika mantanmu sering memukulmu atau menyiksamu secara fisik di masa lalu, maka nggak ada alasan lagi baginya untuk kembali padamu. Ingatlah bahwa kamu perlu melindungi dirimu sendiri dari seorang pelaku kekerasan.

10. Melakukan kekerasan secara emosional

pexels.com/Timur Weber

Jangan pernah anggap sepele kekerasan emosional ya, Bela, karena ini bisa sama menyakitkannya dengan kekerasan fisik. Jika mantanmu terus-menerus membuatmu merasa buruk tentang dirimu sendiri atau bersikap kasar padamu, maka jangan biarkan dia kembali ke dalam hidupmu.

Ingatkan dirimu bahwa kamu nggak perlu memberi ruang untuk hal-hal negatif. Kamu juga pasti mau memiliki hubungan percintaan yang sehat dan penuh kasih sayang, kan?

11. Dia nggak berubah

Unsplash.com/Jakob Owens

Mungkin banyak perempuan berharap untuk dapat mengubah orang lain. Namun kenyataannya, kita nggak bisa mengubah orang lain sama sekali, termasuk dengan sosok mantan. Apabila mantanmu nggak punya kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik, jangan berikan kesempatan kedua padanya.

Selalu ingatkan dirimu bahwa perubahan datang dari dalam diri, bukan dari luar.

12. Pernah mengecewakanmu di kesempatan pertama

Freepik.com/Freepik

Tipe mantan terakhir yang nggak pantas perlu kamu beri kesempatan kedua adalah mantan yang menganggap sepele kesempatan pertamanya. Dia nggak menunjukkan perbaikan di kesempatan pertama kalian balikan, jadi buat apa memberikan kesempatan lainnya pada seseorang yang nggak tahu cara mengubah dirinya ke arah yang lebih baik?

Jadi itulah 12 tipe mantan yang nggak perlu dikasih kesempatan kedua. Hati-hati untuk nggak termakan rayuannya ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating