Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam

Agar sang pengantin mendapat keberkahan dalam pernikahannya

Windari Subangkit

Pernikahan adalah ibadah yang mulia dan suci. Islam juga telah mengatur secara detail bagaimana proses pernikahan yang benar sesuai syariat agama. Terdapat beberapa doa yang dapat dipanjatkan sang pengantin di hari pernikahannya, mulai dari doa setelah akad nikah hingga doa saat malam pertama.

Selain itu, para tamu yang hadir juga dianjurkan memberikan doa untuk kedua mempelai agar mendapat keberkahan serta kebahagiaan dalam pernikahannya. Doa ini harus diucapkan secara lengkap saat hadir ke pesta pernikahan atau walimatul ursy. Berikut ini Popbela telah merangkum doa untuk pengantin yang menikah secara Islam.

1. Doa untuk pengantin

Instagram.com/semrakcay5261

Doa untuk pengantin di hari pernikahannya dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, keluarga, kerabat, atau bahkan pemuka agama. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

"Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin"

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130).

2. Doa untuk orang yang mengundang ke pernikahan

Instagram.com/semrakcay5261

Islam begitu sempurna mengatur setiap detail permasalahan kehidupan. Begitu juga mengenai adab ketika diundang dalam pesta pernikahan. Setiap Muslim dianjurkan untuk mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Salah satu doa sunnah yang dapat dibaca ialah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau boleh pula dengan doa:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya: Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

3. Doa suami setelah akad nikah

Instagram.com/semrakcay5261

Setelah mengucap ijab kabul dan dinyatakan sah sebagai suami istri, mempelai laki-laki dianjurkan untuk meletakkan tangannya pada ubun-ubun sang istri seraya mendoakannya.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Abu Daud, no. 2160).

4. Doa sebelum berhubungan suami istri

Instagram.com/semrakcay5261

Sebelum berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa untuk memohon perlindungan Allah SWT. Doa ini akan memberikan keberkahan, kebaikan pada keturunan yang dihasilkan, serta menambah kemesraan.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا. 

Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434).

5. Doa memohon diberi keturunan yang saleh

Instagram.com/semrakcay5261

Salah satu tujuan pernikahan ialah untuk memiliki keturunan. Untuk itu, pasangan suami istri dianjurkan untuk memohon doa kepada Allah SWT untuk diberi keturunan yang saleh atau salehah. Salah satunya doa dalam QS. As-Shafat: 100 yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hab lii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh."

Atau boleh juga dengan doa dalam QS. Ali Imran: 38 yang berbunyi:

 رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa`

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

Itulah doa untuk pengantin yang menikah secara Islam. Pernikahan adalah ibadah yang mulia dan berjalan seumur hidup. Doa dari para kerabat yang hadir turut memberikan andil untuk rumah tangga sang pengantin.

IDN Media Channels

Latest from Married