Selain ucapan pernikahan, doa untuk pengantin merupakan salah satu hal yang selayaknya kamu ucapkan untuk pasangan yang baru saja menikah. Dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, tandanya kamu turut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga mereka. Dengan mendoakan pengantin, kamu turut menunjukkan kebahagiaanmu pada mereka.

Namun nggak sembarangan doa, Bela. Ada doa khusus yang dapat kamu panjatkan atau kamu kirimkan pada pasangan yang baru saja menikah maupun yang sedang mempersiapkan pernikahan. Bukan pula ucapan "Samawa" maupun "Semoga Sakinnah Mawaddah Warrahmah". Ini bacaan doa untuk pengantin baru yang perlu kamu ketauhi.

Doa untuk pengantin baru

Bukan Samawa, Ini Doa untuk Pengantin Baru yang Benarpexels.com/Hiển Nguyễn

Ketika menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan seseorang, kata ucapan pernikahan yang umumnya disampaikan adalah "Semoga sawawa, ya!" atau "Sakinnah Mawaddah warrahmah." Itu merupakan doa baik, namun bukan doa untuk pasangan yang baru menikah. Jika ingin menyampaikan doa untuk pengantin baru, ini doa yang tepat.

Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, "Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan" (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Itulah doa yang tepat untuk pasangan yang baru saja menikah, Bela. Kamu bisa membacakan doa ini kemudian mengucapkan "Samawa". Jika nggak sempat bertemu, kamu dapat mengirimkan doa ini dalam ucapan pernikahanmu pada saudara atau teman yang menikah.

Doa untuk calon pengantin

Bukan Samawa, Ini Doa untuk Pengantin Baru yang Benarpexels.com/Pixabay

Jika menemani saudara atau teman dalam mempersiapkan pernikahannya dengan pasangannya, panjatkan doa untuk kelancaran menjelang hari bahagianya nanti. Sebab biasanya, selalu ada ujian yang datang mendera orang-orang yang sedang menanti hari pernikahannya. Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan untuk calon pengantin. Doa tersebut merupakan potongan surat dalam al-Quran.

Doa untuk calon pengantin yang dapat kamu sampaikan pada saudara atau teman adalah doa agar mendapatkan jodoh yang baik. Ini merupakan potongan dari surat asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi,

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."

Lalu, ada pula doa memohon kelancaran persiapan acara pernikahan. Doa ini berasal dari potongan surat al-Kahfi ayat 10, yang berbunyi,

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

Doa-doa itu dapat kamu beritahukan pada saudara atau teman yang sedang mempersiapkan pernikahan agar mereka dapat mengamalkannya. Doa tersebut memohon pada Allah swt untuk mendapatkan jodoh yang baik serta memohon kelancaran dalam mempersiapkan pernikahan.

Doa untuk pasangan pengantin

Bukan Samawa, Ini Doa untuk Pengantin Baru yang Benarpexels.com/Nappy

Doa untuk pasangan pengantin sama seperti yang tercantum pada poin pertama. Namun selain doa tersebut, kamu dapat membacakan doa lainnya yang memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia. Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika sedang menyantap hidangan di resepsi pernikahan, seperti berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

Doa lainnya, dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR. Muslim).

Ada pula doa lainnya dengan lafaz sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Atau terakhir, dapat dengan lafaz sebagai berikut.

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: "Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian."

Itulah beberapa kumpulan bacaan doa untuk pengantin baru yang dapat kamu panjatkan pada saudara atau teman menikah, atau pada mereka yang sedang mempersiapkan pernikahan. Sejatinya sebagai seorang Muslim yang baik, sudah seharusnya mendoakan sesama dalam berbagai hal, dan salah satunya ketika menikah. Doa yang baik akan mendatangkan keberkahan untuk yang didoakan, dan orang yang mendoakan kebahagian tersebut.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Hari Pernikahan Islami yang Penuh Berkah

Baca Juga: 17 Desain Undangan Pernikahan Unik dan Super Kreatif

Baca Juga: Amalkan 5 Doa Malam Pertama Ini agar Hubungan Intim Tuai Keberkahan