Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

19 Rekomendasi Film Romantis dengan Sad Ending, Tragis Banget!

Ketika kamu kira filmnya akan berakhir bahagia, ternyata..

Zahra Ramadhani

Para penggemar film romantis pasti sangat suka kalau film yang ditonton mengandung kisah cinta manis dan memiliki akhir bahagia. Pasalnya, film romantis yang happy ending mampu membuat siapa pun baper berat, bahkan sampai berhari-hari setelahnya.

Namun sayangnya, tidak semua film romantis dapat selalu berakhir dengan bahagia. Ada beberapa film drama romantis yang punya akhir cerita menyedihkan. Padahal awalnya kamu kira film-film ini akan berakhir bahagia, tapi ternyata, plot twist, film-film ini malah berakhir menyedihkan alias memiliki sad ending.

Berikut beberapa rekomendasi film romantis dengan sad ending alias akhir cerita yang menyedihkan. Meski sedih, film-film ini wajib kamu tonton, Bela, karena semuanya bagus!

1. Titanic

Titanic merupakan salah satu film drama romantis yang mengangkat kisah nyata tragis dari tenggelamnya Kapal Titanic pada 15 April 1912. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini, sukses membuat para penonton menangis sesenggukan karena berhasil mengemas cerita cinta legendaris antara Jack Dawson dan Rose Dewitt Bukater dengan baik walau harus berakhir menyedihkan. Hubungan Jack dan Rose yang tak mendapatkan restu dari pihak keluarga semakin bertambah pelik, kala keduanya harus berjuang untuk tetap hidup saat Kapal Titanic mulai tenggelam.

2. A Walk to Remember

Film romantis A Walk to Remember yang mengisahkan hubungan asmara antara Landon Carter dan Jamie Sullivan juga patut masuk ke dalam daftar film yang wajib kamu tonton! Pasalnya, walau memiliki akhir yang menyedihkan, film ini benar-benar mampu menyuguhkan alur cerita cinta yang penuh gejolak dan lika-liku, karena kepribadian Landon dan Jamie yang saling bertolak belakang. Apalagi, saat menyaksikan perjuangan keduanya dalam mempertahankan hubungan. Kamu sebagai penonton sudah pasti terombang-ambing dan menangis terharu karenanya.

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah sebuah film bergenre drama romantis yang menceritakan tentang cinta Zainuddin dan Hayati yang harus terpisah dengan cara tragis. Keduanya diceritakan sebagai sepasang kekasih yang memiliki perbedaan dalam latar belakang sosial. Usut punya usut, ternyata status Minang Zainuddin tidak mendapat pengakuan dari masyarakat setempat. Sehingga, kisah cintanya bersama Hayati harus berjalan dengan penuh lika-liku sampai maut menjemput.

4. Paper Towns

Film drama romantis yang dibintangi oleh Cara Delevingne ini tentunya harus masuk ke daftar rekomendasi film romantis dengan sad ending. Paper Towns yang diangkat dari novel karya John Green, berhasil membius para penggemar dengan cerita cinta dan persahabatan yang penuh tantangan. Semua ini bermula saat Marco (Nat Wolff) mengajak Quentin (Cara Delevingne) untuk berpetualang. Sepanjang perjalanan, keduanya justru menemukan makna cinta dan persahabatan yang sejati.

5. La La Land

Meski nggak memiliki akhir bahagia, film musikal La La Land tetap dapat membuat penonton baper berat dengan perjalanan cinta antara Sebastian (Ryan Gosling) dan Mia (Emma Stone). Keduanya diceritakan sebagai pasangan kekasih yang sama-sama memegang teguh mimpi-mimpinya. Kendati demikian, selama menjalin hubungan asmara baik Sebastian maupun Mia tetap menunjukkan aksi saling dukung. Lantas, mengapa kisah cinta keduanya nggak dapat berakhir dengan semestinya? Tonton film ini segera untuk mencari tahu jawabannya!

6. Me Before You

Me Before You merupakan film yang diadaptasi dari novel terkenal karya Jojo Moyes. Film dengan genre drama romantis ini mengisahkan tentang Will, seorang pebisnis tampan, muda, dan kaya yang harus mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan, di saat hidupnya tengah berada di puncak. Selang beberapa waktu, Will bertemu dengan Louisa yang merawatnya dan memberinya semangat hidup. Sampai pada suatu titik, Will dapat mulai bangkit dan kembali merasakan cinta karena hadirnya sosok Louisa dalam hidupnya. Namun sayang, hubungan asmara keduanya harus dihadapkan dengan ending yang menyedihkan, ketika Will berniat untuk mengakhiri hidupnya.

7. Remember Me

Film Remember Me menceritakan tentang sepasang kekasih Tyler Hawkins dan Ally Craig yang sama-sama memiliki trauma pasca ditinggal pergi oleh orang-orang terdekat. Meski harus berakhir dengan cara yang tidak membahagiakan, film ini tetap mampu membuat para penonton terbuai dengan jalan cerita yang sarat akan makna. Sebab, melalui film ini kamu akan diajak untuk belajar lebih menghargai waktu yang takkan pernah dapat diulang. Apalagi, waktu dengan orang-orang yang tersayang!

8. Heart

Hampir semua penggemar film di tanah air pernah menonton film fenomenal Heart yang sangat terkenal pada masanya. Film ini mengisahkan tentang cinta segitiga antara Rachel, Farel, dan Luna. Nirina Zubir yang memerankan tokoh Rachel diam-diam menyimpan perasaan suka terhadap Farel, sahabatnya. Namun, Farel justru mencintai Luna, perempuan cantik yang mengidap penyakit kronis. Demi cintanya pada Farel, Rachel pun berani mengorbankan diri untuk kebahagiaannya.

9. The Fault in Our Stars

The Fault in Our Stars adalah sebuah film hasil adaptasi dari novel yang berjudul sama karya John Green. Film romantis dengan sad ending ini bercerita tentang perjalanan cinta Augustus Waters dengan Hazel Grace, seorang pengidap kanker, yang sangat inspiratif. Walau sama-sama memiliki kekurangan, keduanya benar-benar dapat saling menerima dan mengisi satu sama lain. Akan tetapi, kisah cinta mereka berdua tak bisa berjalan mulus hingga harus berakhir dengan menyedihkan. Siap-siap tisu, Bela.

10. P.S I Love You

Film P.S I Love You mengisahkan tentang sepasang suami istri yaitu Gerry dan Holly yang harus dipisahkan oleh kematian. Di dalam film ini, Gerry diceritakan meninggal dunia secara tiba-tiba karena penyakit tumor otak. Sejak saat itu, Holly, sang istri, seolah menarik diri dari kehidupan sosial dan memilih hidup seorang diri. Sampai di hari ulang tahunnya yang ke-30, Holly mendapatkan kejutan dari Gerry berupa pesan-pesan romantis. Benar-benar mengaduk emosi kita yang menontonnya, nih.

11. Midnight Sun

Midnight Sun merupakan sebuah film drama romantis dengan sad ending yang menceritakan tentang kehidupan asmara Katie Price, seorang perempuan yang mengidap penyakit Xeroderma Pigmentosum. Penyakit ini membuat Katie tak dapat terpapar sinar matahari secara langsung. Akibatnya, Katie hanya bisa melihat sosok laki-laki yang sejak lama telah ia sukai dari balik jendela rumahnya. Kendati demikian, jalan cerita film ini  tetap dapat dinikmati penonton, kok. Pasalnya, ending yang tak membahagiakan dari film ini justru dapat membuat kamu baper berat sampai berhari-hari setelahnya.

12. Habibie dan Ainun

Film Habibie dan Ainun yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini bercerita tentang pengorbanan, kehilangan, serta cinta kasih yang begitu besar terhadap pasangan. Pasalnya, film drama romantis ini diangkat dari kisah nyata mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie, dan Istrinya, Hasri Ainun Habibie. Dengan ending cerita yang tidak membahagiakan, kamu sebagai penonton harus siap-siap menangis sesenggukan melihat kesetiaan Habibie pada Ainun sampai menutup usia.

13. All the Bright Places

All the Bright Places mengisahkan tentang perjalanan sepasang sahabat, yaitu Violet dan Finch, dalam menyembuhkan trauma masing-masing. Keduanya sama-sama memiliki masa lalu yang terbilang kelam dan tragis. Akan tetapi, mereka justru semakin dekat dan bersahabat setelah dipasangkan untuk mengerjakan tugas sekolah bersama. Sejak saat itu, Violet dan Finch mulai bangkit untuk mengatasi trauma mereka masing-masing secara perlahan. Sampai pada akhirnya, sebuah rahasia mulai terkuak dan para penonton harus siap menelan pil pahit kesedihan. 

12. If I Stay

Walau memiliki akhir yang nggak membahagiakan, film If I Stay tetap patut masuk dalam daftar film romantis dengan sad ending yang wajib kamu tonton. Sebab, film ini memiliki jalan cerita yang tak terduga dan penuh lika-liku. Ya, karakter Mia yang diperankan oleh Chloe Grace Moretz harus terbaring koma sementara seluruh keluarganya dinyatakan tewas karena kecelakaan. Saat koma, jiwa Mia dihadapkan pada pilihan untuk kembali melanjutkan hidup atau mati menyusul keluarganya. Penasaran seperti apa kelanjutannya? Yuk, tonton segera!

15. Last Christmas

Film buah karya sutradara Paul Feig ini bercerita tentang hubungan spesial antara Kate Andrich dan Tom. Berawal dari dua orang asing yang tak saling mengenal, Kate yang bekerja di toko pernak-pernik Natal mulai membangun kedekatan dengan seorang pria bernama Tom. Tetapi sayangnya, ketika Kate memberanikan diri untuk menyatakan cintanya pada Tom, akhirnya terkuak kebenaran mengenai sosok Tom sebenarnya. Kamu nggak akan nyangka dengan ending-nya, deh!

16. The English Patient

The English Patient merupakan sebuah film drama romantis dengan sad ending yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Ondaatje. Film yang mengambil latar waktu pada Perang Dunia II ini mengisahkan tentang seorang pasien berlogat Inggris yang nggak dapat mengingat namanya. Namun, dengan bantuan seorang perawat bernama Hana, pasien tersebut bisa mendapatkan ingatannya kembali secara perlahan. Nggak terkecuali, tragedi perselingkuhan yang melibatkan seorang perempuan bernama Katherine.

17. Moulin Rouge

Film romantis Moulin Rouge yang dibintangi oleh Nicole Kidman dan Ewan McGregor ini menjadi salah satu film ikonik karya Baz Luhrmann. Dihiasi lagu-lagu yang menarik, penonton juga disuguhi kisah cinta yang menyentuh antara Satine, seorang penari eksotis di klub Moulin Rouge, dan Christian, seorang penulis. Keduanya merupakan sepasang kekasih yang saling mencintai, tapi banyak yang menentang kisah kasih mereka. Film ini berakhir tragis, ketika Satine mengidap penyakit tuberculosis.

18. Atonement

Atonement bercerita tentang kisah cinta Robbie dan Cecelia yang harus berakhir buruk akibat kebohongan yang diucapkan adik perempuan Cecelia. Sepanjang film, penonton akan dibuat percaya bahwa sepertinya kebohongan itu tidak akan memisahkan mereka. Namun pada kenyataannya Robbie pergi ke medan perang dan meninggal akibat sakit, sementara Cecelia tewas akibat terkena bom. Pada akhirnya, adik Cecelia, Briony, dipenuhi penyesalan tak terkira akibat kebohongan yang memisahkan dua orang penuh cinta tersebut.

19. One Day

Last but not least, film romantis dengan akhir sad ending yang ingin Popbela rekomendasikan adalah film One Day. Mungkin, pada awalnya film ini terkesan ringan. Namun, selang beberapa saat para penonton akan segera dikejutkan dengan pembunuhan tragis yang dilakukan terhadap seorang wanita bernama Emma. Hal ini tentu membuat karakter Dexter (Jim Sturgess) hancur berkeping-keping.

Itulah sejumlah rekomendasi film romantis dengan sad ending yang wajib kamu tonton. Alur cerita dan akting para aktornya keren banget, lho, Bela, jadi sayang kalau kamu lewatkan.

IDN Media Channels

Latest from Single