Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Menyenangkan yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Single

Apa aja sih?

Zahra Ramadhani

Bebas berekspresi dan melakukan apapun yang diinginkan tampaknya menjadi keuntungan yang hanya didapat apabila kamu berada dalam status lajang alias single. Kamu dapat mendedikasikan waktu yang kamu miliki hanya untukmu seorang sambil belajar bahwa tidak selamanya kebahagiaan datang dari pasangan. 

Mengingat banyaknya orang yang tengah menjalin hubungan justru berfantasi bagaimana rasanya menjadi single, tampaknya kamu perlu bersyukur untuk yang satu ini, lho. Banyak hal menyenangkan dapat kamu lakukan ketika tidak berada dalam suatu hubungan, Popbela telah merangkumnya nih. Simak selengkapnya ya.

1. Traveling

https://www.pexels.com/@tamar-willoughby-346256

Mengunjungi tempat baru dan keluar dari zona nyaman akan menjadi hal menyenangkan yang patut kamu coba ketika single, lho. Meski dijalani seorang diri, perjalananmu nggak akan membosankan kok. Kalau masih nggak yakin, cari tahu kemudian buat daftar tempat-tempat mana saja yang perlu kamu datangi ketika berada di suatu kota atau negara tertentu dulu. Solo traveling bakal membuat pikiranmu kembali segar dan bahagia. Gimana, berani coba?

2. Mengembangkan hobi atau kegemaran

https://www.pexels.com/@burst

Entah berenang, panjat tebing, jogging, atau melukis. Tentunya kamu memiliki kegemaran yang sudah lama nggak kamu lakukan ketika kamu berada dalam suatu hubungan, bukan? So, inilah waktu yang tempat untuk kembali mengembangkan hobi dan bakat yang kamu miliki. Kamu memiliki lebih banyak waktu luang untuk dapat melakukannya, Bela. Sedih yang nggak berkecukupan justru akan membuang waktu dengan percuma. Hal ini dapat membantumu untuk mengembangkan diri dan menjadi orang yang lebih baik lagi kok. Selain itu, hal yang satu ini juga sangat menyenangkan untuk dicoba. Percaya, deh, kamu akan ketagihan karenanya!

3. Mencoba hal baru

https://www.pexels.com/@elaine-bernadine-castro-1263177

Melakukan hal yang itu-itu saja akan membuatmu merasa jenuh dan bosan. Ketika single dan nggak berada dalam suatu hubungan apapun, kamu diberi kemudahan untuk dapat mencoba hal-hal baru dan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna loh. Bagaimana tidak? Diving, bungee jumping, mendaki gunung, atau sekadar bersepeda mengelilingi kota dapat kamu lakukan sebagai pengalaman pertama. Melakukan hal-hal yang nggak pernah kamu lakukan sebelumnya akan terasa sangat menyenangkan, lho. Pengalaman baru yang akan kamu dapat bakal membuatmu merasa lebih segar!

4. Memperluas lingkaran pertemanan

https://www.pexels.com/@elevate

Temui orang baru adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat single, Bela. Selain menambah relasi dan teman baru, kegiatan yang satu ini dapat memberimu lingkungan yang positif pula apabila orang yang kamu temui punya hal-hal baik untuk dapat ditularkan kepadamu. Selagi muda nggak ada salahnya, kok, memperluas lingkaran pertemanan yang kamu miliki.  

5. Fokus terhadap diri sendiri

https://www.pexels.com/@doquyen

Ketika berada dalam suatu hubungan, biasanya kamu akan lupa dengan beberapa hal nggak terkecuali yang satu ini. Kamu terlalu sibuk memikirkan kebahagiaan pasangan hingga lupa pada milikmu sendiri. Nah, status single memberimu keleluasaan untuk dapat fokus pada diri sendiri, lho. Mulai dengan menyayangi diri sendiri adalah langkah yang bagus untuk memulainya. Kenali diri lebih dalam dan ketahui apa yang sebenarnya kamu inginkan sehingga nantinya kamu nggak akan kesusahan dalam meraih kebahagiaan dan lebih pandai bersyukur.

6. Mencari tempat ternyaman

https://www.pexels.com/@quark-studio-1159039

Terlalu sering berdiam diri di rumah ternyata nggak baik untukmu, lho. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang cukup banyak menghabiskan waktu seorang diri. Terkadang, perasaan bosan akan lebih mudah menyapamu apabila hal tersebut terjadi. So, cobalah untuk mencari tempat nyaman lain yang dapat kamu kunjungi selain rumah. Nggak harus cafe atau perpustakaan, taman dan co-working dapat menjadi pilihan yang tepat kok sebagai tempat menghabiskan waktu. Entah menulis ide-ide baru atau sekadar menyegarkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari, hal yang satu ini patut kamu lakukan saat single.

7. Menginvestasikan waktu bersama teman-teman lama

https://www.pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Menjaga hubungan baik dengan teman-teman lama akan terasa sangat sulit dilakukan di tengah kesibukan yang masing-masing miliki saat ini, nggak terkecuali kamu bukan? Apabila memiliki pasangan, pergi bersama dengan teman-teman lama akan mengundang rasa cemburu dan bahkan memicu pertengkaran. Nah, saat-saat di mana kamu sedang berada dalam masa lajang alias single, inilah waktu yang tepat untukmu bersenang-senang dengan teman-teman yang sudah lama nggak pernah kamu jumpai. Meski nggak sedekat dulu, rasa menyenangkan yang hadir bersamanya akan tetap ada dan sama seperti dahulu kala, lho. Nggak perlu ragu untuk mencoba hal yang satu ini ya.

 

Itulah 7 hal menyenangkan yang dapat kamu lakukan ketika tidak sedang berada dalam sebuah hubungan alias single. Nggak perlu lagi deh berlarut-larut dalam kesedihan yang nggak berkesudahan. Inilah saatmu untuk bahagia dan melanjutkan hidup. Semangat terus, Bela. You deserve better.

IDN Media Channels

Latest from Single