Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Arti Bunga Matahari yang Tak Banyak Orang Ketahui

Ternyata punya makna yang mendalam, lho!

Windari Subangkit

Bunga matahari atau dikenal dengan nama Latin Helianthus Annuus L adalah salah satu bunga yang tergolong dalam keluarga Asteraceae (kenikir). Bunga matahari merupakan tumbuhan yang khas, berwarna kuning terang, dan memiliki kepala bunga yang besar. Bunga matahari memiliki bunga majemuk yang tersusun atas bunga-bunga kecil.  

Menariknya, bunga matahari juga mempunyai perilaku yang khas, yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Selain jadi bunga hias, bunga matahari juga memiliki banyak manfaat, mulai dari penghasil minyak hingga penghasil kuaci. Inilah yang membuat banyak orang senang dengan bunga matahari. 

Selain cantik dan menyimpan beberapa manfaat, bunga matahari juga memiliki maknanya sendiri, lho. Nah, Popbela akan menjelaskan tentang 10 makna, filosofi dan arti bunga matahari yang membuat orang semakin menyukainya.

1. Kesetiaan dan kepatuhan

freepik.com/prostooleh

Tahukah kamu, mengapa bunga ini dinamakan bunga matahari? Seperti diketahui, bunga ini selalu mengikuti ke mana arah cahaya matahari bergulir. Mulai dari terbit hingga terbenam, bunga ini akan terus menatap ke arah matahari bergerak.

Perilaku khas inilah yang membuat arti bunga matahari memiliki adalah lambang kesetiaan dan kepatuhan.  

2. Kegembiraan dan keceriaan

pexels.com

Diameter besar yang dimiliki bunga ini seakan menggambarkan matahari yang bersinar cerah. Kelopaknya yang berwarna kuning juga melambangkan kehidupan yang penuh kebahagiaan dan keceriaan.

Nggak heran kalau bunga matahari dapat memikat hati semua orang untuk melihatnya dalam waktu lama. Orang yang menyukai bunga matahari seringkali dianggap sebagai pribadi yang selalu gembira dan ceria dalam menjalani kehidupan. 

3. Semangat dan optimis

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bunga matahari sering dijadikan sebagai simbol semangat dan optimisme. Warna kuning yang menyala seakan berhasil membangkitkan kehidupan seseorang supaya lebih ceria, kreatif, dan bersemangat.

Bunga berdiameter besar ini juga dipercaya mampu memberikan energi positif pada siapa saja yang melihatnya. Arti bunga matahari ini diibaratkan layaknya matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan.  

4. Persatuan

Pixabay.com/Nicky Pe

Ketika kamu melihat bunga matahari, tentu kamu sudah langsung melihat kalau bunga ini memiliki ciri yang berbeda dengan yang lainnya. Yup, bunga matahari merupakan bunga majemuk yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga-bunga kecil. Artinya, bunga matahari ini memiliki makna kebersamaan dan persatuan.  

5. Persahabatan

freepik.com/prostooleh

Meskipun memiliki warna yang cerah, tapi bunga matahari bukanlah bunga yang menggambarkan kesan romantis. Simbol kesetiaan yang ada pada bunga matahari lebih dekat pada persahabatan atau persaudaraan.

Dengan kata lain, arti bunga matahari merujuk pada keceriaan dan kesetiaan kepada saudara atau sahabat, bukan kekasih. 

6. Keberuntungan dan nasib baik

Pexels/Andre Furtado

Jika kamu ingin mencari hadiah kelulusan untuk keluarga atau teman? Bunga matahari adalah jawabannya. Memberikan bunga matahari dapat menyampaikan kesan positif bagi penerimanya. Keberuntungan menjadi arti bunga matahari yang cocok untuk kamu jadikan hadiah yang berkesan.

Nggak hanya untuk momen kelulusan, bunga matahari juga dapat kamu jadikan sebagai ucapan selamat dan doa, lho. Cobalah untuk menghadiahkan bunga ini saat orang terdekatmu baru membuka bisnis atau usaha.

7. Perdamaian

freepik.com/jcomp

Dibalik bentuk dan warnanya yang menawan, bunga matahari juga menyimpan makna mendalam. Salah satunya bunga ini melambangkan perdamaian dunia. Arti tersebut mulai banyak dikenal di tahun 1996 ketika perang beberapa negara resmi berakhir. 

Sebagai tanda perdamaian, beberapa negara memakai jenis bunga tersebut untuk merayakannya. Hingga saat ini, bunga matahari masih banyak dipakai untuk menyampaikan pesan perdamaian.

8. Keabadian

freepik.com

Selanjutnya, arti bunga matahari yang juga menyimbolkan keabadian. Dalam budaya China, bunga matahari merepresentasikan keabadian dan umur yang panjang. Tumbuhan yang kuat bahkan di bawah panas matahari menjadikan bunga ini melambangkan umur yang panjang. 

Selain itu, warna kuning dianggap bisa membawa kecerdasan dan kesehatan yang berlimpah bagi masyarakat di sana. Tidak heran, buket bunga ini cukup populer dipakai sebagai hadiah ulang tahun.  

Dalam budaya Jepang, bunga matahari juga dianggap sebagai simbol umur panjang. Karena memiliki makna yang mendalam, bunga ini sangat populer untuk dipakai dalam festival di Jepang.

9. Kejujuran

Unsplash.com/Pascal Debrunner

Di antara banyaknya artinya, bunga matahari juga bermakna kejujuran, lho. Karena tumbuhnya ke atas dan mengarah ke langit, bunga matahari menjadi simbol kebenaran. Buat kamu yang ingin menunjukkan perasaan tulus dan jujur pada seseorang, kamu bisa mengandalkan bunga matahari.

10. Cinta yang tak berbalas

freepik.com

Dalam mitologi Yunani, bunga matahari menjadi simbol cinta yang bertepuk sebelah tangan. Arti bunga matahari tersebut bermula dari salah satu versi kisah cinta antara Clytie dan Apollo. Cinta Clytie pada sang dewa Matahari, Apollo ternyata tidak berbalas. 

Meskipun bertepuk sebelah tangan, Clytie tetap mencintai Apollo dengan menatap ke langit terus menerus. Hingga pada akhirnya, dia memutuskan untuk berubah menjadi bunga matahari. 

Oleh karena itu, bunga matahari diyakini sebagai sosok Clytie yang sedang mendambakan cinta Apollo.

Itulah 10 makna dan arti bunga matahari yang mendalam. Jadi, jika sahabatmu berulang tahun, nggak ada salahnya nih kamu memberikan hadiah berupa bunga matahari, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Single