Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa untuk Hari Ibu Islami Penuh Makna agar Sehat dan Bahagia

Baca usai menunaikan salat

Nafi' Khoiriyah

Doa adalah suatu cara untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT dan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada-Nya. Di momen hari ibu yang akan datang, doa untuk Hari Ibu menjadi sangat penting. 

Sebab, ibu adalah sosok yang sangat berharga dan memegang peran penting dalam hidup setiap orang. Dengan doa, kita bisa meminta kepada Allah SWT supaya ibu diberi kesehatan, keberkahan, dan kekuatan untuk terus menjalani perannya sebagai ibu. 

Selain itu, doa berikut ini bisa dipanjatkan sebagai bentuk terima kasih atas pengorbanan dan rasa sayang ibu yang tak terhingga. 

1. Doa untuk ibu sehari-hari

unsplash.com/M.T ElGassier

Setiap anak wajib untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua itu diperintahkan dalam Al-Qur'an QS. Al-Isra' ayat 23 yang artinya: 

“Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya…” (Surat Al-Isra’ ayat 23).

Dalam islam, doa untuk Hari Ibu dan untuk ayah berikut ini bisa kamu baca sehari-hari, misalnya saat selesai salat lima waktu. 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَ

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

2. Doa yang dipanjatkan untuk Hari Ibu

unsplash.com/Xavier Mouton Photographie

Melansir dari NU Online, berikut adalah doa yang bisa dibaca pada Hari Ibu. Doa berikut ini dikutip dari Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin berkaitan dengan doa-doa yang berasal dari Rasulullah SAW dan sahabat. 

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

Rabbighfir lī wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, waghfir lil mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah dosaku dan kedua orang tuaku. Kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasuhku ketika kecil, (ampunilah dosa) orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat.

3. Doa untuk ibu yang terpisah jarak

unsplash.com/Mihai Surdu

Doa untuk Hari Ibu ini bisa kamu baca saat sedang berjauhan dengan ibu tercinta. Saat berada jauh di perantauan, kamu tetap bisa berdoa untuk ibu agar ia diberikan perlindungan.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam QS Al-Isra ayat 24 yang berisi tentang pentingnya seorang anak berbakti kepada orang tua berikut ini. 

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

Wakhfid lahumā janāhaz-zulli minar-rahmati wa qur rabbirhamhumā kamā rabbayānī sagīrā

Artinya: "Rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil.” (QS Al-Isra:24).

4. Doa untuk ibu yang sedang sakit

pexels.com/Andrea Piacquadio

Ibu merupakan sosok yang sangat berjasa untuk anak-anaknya. Maka dari itu, ketika ibu sakit, semua anggota keluarga tentu berharap untuk kesembuhannya.

Dalam Islam, bacaan doa untuk ibu yang sedang sakit berikut ini bisa kamu baca agar ibumu segera lekas diberi kesembuhan. 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." (HR. Bukhari Muslim).

5. Doa untuk ibu yang sudah meninggal

unsplash.com/Douglas Lopez

Ketika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya. Oleh karena itu, meski ibu sudah meninggal dunia, doa seorang anak akan tetap mengalir. 

Berikut adalah doa yang bisa kamu panjatkan ketika ibumu sudah meninggal dunia. 

وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa 'asfihaa wa fu'anhaa wakrim nudzulahaa wawasi' mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a'idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka."

Itulah kumpulan doa untuk Hari Ibu yang bisa dibaca. Semoga ibu kita selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang yang bermanfaat. Aamiin.

IDN Media Channels

Latest from Single