Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama, Apakah Boleh?

Begini hukumnya

Nafi' Khoiriyah

Jodoh merupakan rahasia Allah SWT. Sebagai manusia, tugas kita adalah berdoa dan berusaha menjemput jodoh.

Namun, terkadang kita mengagumi seseorang yang sulit untuk digapai. Perasaan cinta tersebut akhirnya kita pendam sendiri dan tidak tersampaikan. 

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa diusahakan adalah berdoa dan meminta kepada Allah SWT supaya orang tersebut menjadi jodoh kita. Namun, apakah berdoa dengan menyebut nama seseorang diperbolehkan? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut doa minta jodoh dengan menyebut nama dan penjelasan lengkapnya. 

1. Hukum doa minta jodoh dengan menyebut nama

freepik.com/freepic.diller

Doa minta jodoh dengan menyebut nama memang menjadi sebuah usaha yang kamu lakukan untuk menjemput jodoh. Hal yang terpenting adalah kamu meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT sudah mempersiapkan jodoh yang terbaik untukmu. 

Seperti firman Allah SWT dalam QS. Az-Zariyat ayat 49 sebagai berikut. 

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)."

Dalam ayat tersebut, Allah SWT telah berfirman bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan. Namun, bagaimana kamu bisa meyakini bahwa dia adalah jodohmu adalah dengan cara berikhtiar. 

Jika kamu telah berharap seseorang untuk menjadi jodohmu, berdoa dengan menyebut nama seseorang hukumnya diperbolehkan. Hal itu disampaikan oleh Quraish Shihab dalam bukunya Shihab dan Shihab: Bincang-Bincang Seputar Tema Populer Terkait Ajaran Islam.

Namun, hal itu harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika kamu perempuan, maka mintalah jodoh laki-laki yang saleh. Sebaliknya jika laki-laki, maka berdoalah untuk berjodoh dengan perempuan salihah. 

2. Doa minta jodoh dengan menyebut nama

unsplash.com/Adli Wahid

Kalau kamu sudah meyakini bahwa dia adalah jodoh yang terbaik, maka tidak ada salahnya untuk memohon kepada Allah SWT untuk menjadikan dia jodohmu.

Mengutip dari buku Doa-Doa Enteng Jodoh terbitan Lingkar Pena, doa meminta jodoh dengan menyebut namanya untuk seorang Muslim adalah sebagai berikut. 

"Allahumma yaa robbi anta hasbii ‘alaa (sebut nama calon pasangan) ‘aththif qolbahaa ‘alayya wa sakhkhir li qolbahaa wa dzallihaa lii wa habbibnii ilaihaa hattaa ta’tiya ilayya khoodhi’atan dzaliilatan min ghoiri mahlatin wa asygholhaa bi mahabbatii innaka’ala kulli sya’iin qodirr."
 
Artinya: "Ya Allah, Ya Tuhanku, Engkaulah yang mencukupi aku kepada (sebut nama calon pasangan), cenderungkanlah hatinya padaku, dan paksakanlah hatinya untukku serta kasihanilah ia untukku dan cintakanlah aku padanya hingga ia datang padaku dengan sopan serta menaruh belas kasih tanpa menunda-nunda. Dan sibukkanlah ia dengan mencintaiku. Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas tiap-tiap sesuatu."

3. Doa agar cepat mendapat jodoh

Freepik.com/pch.vector

Doa minta jodoh dengan menyebut nama memang bisa dilakukan. Akan tetapi, siapapun jodoh yang akan datang merupakan pilihan terbaik dari Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an juga terdapat beberapa doa meminta jodoh yang bisa kamu amalkan. 

  • QS. Asy-Syu'ara Ayat 83
رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ
Artinya:  "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.
  • QS. Al-Qasas Ayat 24
فَسَقَىٰ لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّىٰٓ إِلَى ٱلظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ
Artinya: Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku."
  • QS. Al-Furqan Ayat 74
وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Artinya: Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.
  • QS. Al-Anbiya Ayat 89
وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ
Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.

4. Hal yang perlu diperhatikan

unsplash.com/Hasan Almasi

Setelah berdoa meminta jodoh yang terbaik, yang perlu kita perhatikan adalah tidak berlebihan.

Ketika kamu sudah berdoa kepada Allah SWT, maka pasrahkan segala kemungkinan yang terjadi kepada-Nya. Sebab, Allah SWT adalah yang Maha Mengetahui, termasuk perkara jodoh. 

Pada intinya, berdoa minta jodoh dengan menyebut nama seseorang memang diperbolehkan. Namun, ada berbagai bentuk ikhtiar lainnya selain berdoa.

Kamu bisa mengamalkan ibadah sunnah atau menjalin silaturahmi agar dipertemukan dengan jodoh, entah itu adalah orang yang kamu sebutkan dalam doa maupun yang lain. 

5. Amalan untuk mempercepat datangnya jodoh

unsplash.com/Katelyn MacMillan

Selain doa minta jodoh dengan menyebut nama, ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan untuk menjemput jodoh. Amalan ini bisa menjadi usaha supaya doa yang kamu panjatkan cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Amalan-amalan tersebut adalah sebagai berikut. 

  • Menunaikan salat tahajud di sepertiga malam

Amalan sunnah ini adalah salah satu amalan baik yang bisa kamu lakukan untuk menjemput jodoh. Sebab, waktu sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa. Saat salat tahajud, jangan lupa untuk memanjatkan doa meminta jodoh seperti yang tertulis di atas. 

  • Menunaikan salat hajat

Selain salat tahajud, salat hajat juga bisa ditunaikan untuk orang-orang yang mempunyai hajat atau keinginan yang ingin dicapai. Salah satu keinginan yang bisa kamu usahakan dengan salat hajat adalah soal jodoh. Waktu yang bisa kamu lakukan untuk menunaikan salat ini adalah di sepertiga malam. 

  • Menjaga silaturahmi

Menyambung silaturahmi merupakan amalan yang bisa kamu lakukan dengan siapa saja. Dengan amalan ini, kamu bisa dipertemukan dengan orang lain, bahkan bukan tidak mungkin dipertemukan dengan jodohmu. 

6. Tips mendapatkan jodoh idaman

pexels.com/PNW Production

Kemudian, ada beberapa ikhtiar yang bisa dilakukan agar kamu mendapatkan jodoh yang selama ini diidam-idamkan berikut ini. 

  1. Luruskan niat 
    Niat adalah kunci pertama dalam melakukan segala sesuatu. Dalam mencari jodoh, niat mencari jodoh semata-mata karena Allah SWT akan mempermudah kamu untuk dipertemukan dengan seseorang yang juga memiliki niat yang sama.
  2. Memperbaiki diri 
    Jika niat sudah diluruskan, maka selanjutnya perbaiki diri sendiri. Sebab, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat An-Nur ayat 26 bahwa perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji. Sedangkan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik. Maka jika kamu menginginkan jodoh yang baik, jangan berhenti untuk memperbaiki diri. 
  3. Memperluas relasi 
    Berdoa saja tanpa ikhtiar tentu akan sulit tercapai. Apalagi jika kamu tidak melakukan upaya apa pun dan hanya berdiam diri saja. Dikarenakan manusia tidak tahu di mana jodohnya berada, maka perluaslah relasimu mulai saat ini. Jangan lupa pilih pergaulan yang baik supaya didekatkan dengan orang baik juga. 
  4. Meminta bantuan orang lain 
    Jika sudah memiliki seseorang yang menarik perhatianmu tetapi merasa kesulitan, maka cobalah minta bantuan orang lain yang terpercaya. Orang tersebut bisa saja orang tua, teman, atau bahkan gurumu. 
  5. Nyatakan niat secara langsung 
    Terakhir, nyatakan secara langsung niat dan perasaanmu kepada orang yang bersangkutan jika kamu sudah merasa menemukannya. Seperti yang dilakukan Khadijah kepada Nabi Muhammad SAW. 

Itulah doa minta jodoh dengan menyebut nama serta penjelasan lengkapnya. Semoga kamu segera dipertemukan dengan jodoh terbaik yang diberikan Allah SWT, entah itu dia maupun yang lain.

IDN Media Channels

Latest from Single