Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Seseorang Belum Pernah Pacaran, Mengapa?

Tidak perlu kaget

Nafi' Khoiriyah

Jika kamu adalah tipe orang yang menganggap pacaran adalah suatu hal yang lumrah, mungkin kamu akan kaget mengetahui bahwa tak sedikit orang yang belum pernah pacaran. 

Apalagi, ketika mereka sama sekali belum pernah menjalin hubungan spesial di usia yang terbilang cukup matang. Setelah mengetahuinya, kamu pasti penasaran dengan alasan seseorang belum pernah pacaran

Jangan kamu kira orang-orang tersebut tidak laku atau tidak menawan terlebih dahulu. Sebab, ada macam-macam alasan yang lebih logis mengapa seseorang belum pernah pacaran.

Berikut adalah jawabannya. 

1. Belum bertemu orang yang tepat

pexels.com/Sandro Crepulja

Alasan seseorang belum pernah pacaran yang pertama adalah belum bertemu orang yang tepat. Bagi beberapa orang, mereka mungkin sudah menemukan cintanya di sekolah menengah, universitas, atau di tempat kerja. 

Namun, sebagian orang lainnya memang benar-benar belum menemukan orang yang menurut mereka tepat. Alih-alih mencoba dengan orang lain yang tidak mereka yakini, lebih baik untuk sabar dan menunggu. 

Hal itu bukanlah sebuah masalah. Sebab, setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk mencari dan menemukan seseorang yang tepat dalam hidupnya. 

2. Takut untuk mulai menjalin hubungan

pexels.com/Pixabay

Alasan logis kedua yang membuat mereka belum pernah pacaran adalah takut untuk memulai. Ia khawatir akan penghinaan, penolakan, atau perpisahan yang mungkin akan terjadi saat mulai berpacaran. 

Sebab, menjalin hubungan memang memulai perubahan tindakan dan kebiasaan. Menjalin hubungan terkadang juga merelakan kebebasan pribadi dan menghentikan hubungan lainnya yang mungkin akan terjadi. 

3. Memiliki harapan yang sangat tinggi

pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Memiliki harapan atau standar yang sangat tinggi bisa menjadi alasan seseorang belum pernah pacaran. Padahal, dalam sebuah hubungan, kita harus melibatkan kompromi atas harapan kita dan kekurangan orang lain. 

Jika orang tersebut terlalu menuntut seseorang yang akan menjadi pasangannya, maka hal itu bisa menjadi salah satu penyebab ia belum pernah pacaran. Orang tersebut mungkin perlu membedakan antara mempertahankan harga diri dengan sikap terlalu menuntut.

4. Trauma dengan masa lalu

unsplash.com/Külli Kittus

Dikhianati oleh seseorang, siapapun itu, tentu akan terasa sangat menyakitkan. Misalnya, dikhianati oleh sahabat di masa lalu yang hingga kini masih menghantui. Bahkan setelah bertahun-tahun lamanya, luka tersebut masih tersisa. 

Untuk bangkit dari trauma masa lalu tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ia terus memikirkan kemungkinan jika orang yang mendekatinya melakukan hal yang sama kepadanya sehingga sulit untuk berkomitmen. 

Namun, ketika bertemu dengan orang yang tepat, perasaan trauma tersebut mungkin akan sembuh dan ia pun siap untuk memberikan cintanya kembali. 

5. Sifat introvert yang membuatnya menjauh

unsplash.com/Julia Caesar

Menemukan seseorang dan mempertahankan hubungan tentu membutuhkan upaya untuk bersosialisasi. Padahal, bersosialisasi membutuhkan banyak tenaga bagi para introvert.

Apalagi jika mereka memikirkan bahwa pacaran identik dengan pergi ke museum, menonton film, atau ke restoran yang penuh dengan orang-orang. 

Bagi sebagian orang itu mungkin hal yang menyenangkan, tetapi seorang introvert biasanya lebih memilih untuk tinggal di rumah. Jadi, mereka cukup sulit untuk menemukan orang yang memahami kebutuhannya. Ketika mereka telah menemukan orang tersebut, mungkin saja hubungan romantis akan tercipta. 

6. Fokus pada hal lainnya

unsplash.com/sean Kong

Alasan seseorang belum pernah pacaran yang terakhir adalah karena fokus pada hal lainnya selain pacaran. Hal lainnya itu bisa bisa berupa karier, pendidikan, atau yang lainnya. Jadi, pacaran bukan menjadi prioritas yang utama. 

Hal itu tentu bisa sangat dimaklumi. Sebab, setiap orang berhak untuk menjalani kehidupan yang diinginkannya.

Jika tidak sekarang, mungkin saja suatu saat nanti ia memiliki target tersendiri untuk menemukan pasangannya. 

Itulah 6 alasan seseorang belum pernah pacaran secara umum. Jadi, jangan sampai kamu mengira kalau alasan mereka hanyalah alasan yang sepele saja ya, Bela.

Bisa jadi, ada banyak pertimbangan yang mereka pikirkan sehingga memutuskan untuk belum pacaran sampai saat ini. Semoga ulasan di atas menjawab rasa penasaranmu!

IDN Media Channels

Latest from Single