Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Peran Seks dalam Keharmonisan Hubungan Pernikahan

Wah, ternyata bisa ya!

Rosita Meinita

Dalam menjalankan hubungan, seks merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan. Akan tetapi, porsi seks juga harus diseimbangkan agar hubungan menjadi lebih baik. Peran seks dalam hubungan ini erat kaitannya dengan emosional, bahkan seks terbukti menjadi media untuk menyatukan chemistry pasangan.

Di luar manfaat emosional, seks juga menunjang untuk tubuhmu lebih sehat daripada biasanya. Tingkat stres akan turun dan kepercayaan diri akan meningkat. 

Inilah peran seks dalam hubungan pernikahan.

1. Mempunyai ikatan emosional

freepik.com/ standret

Saat berhubungan seks, hormon dopamine akan dilepaskan di otak. Hormon ini meningkatkan ambisi dan kebahagiaan untukmu. Kebahagiaan ini membuat aura positif di dalam dirimu dari sentuhan fisik yang terjadi. Kamu dan pasangan bisa lebih dekat satu sama lain karena hal ini.

2. Menghilangkan stres

freepik.com/ vichie81

Bagimu salah satu cara menghilangkan stres adalah melakukan spa, berendam air panas ataupun melakukan yoga. Nah, kenapa nggak untuk menambahkan seks ke dalamnya? Seks melepaskan oksitosin ke dalam aliran darah yang akan membuatmu selalu rileks. Hal inilah alasan seks mengurangi stres yang ada.

3. Meningkatkan kepercayaan dirimu

freepik.com/ freepic.diller

Karena adanya sentuhan fisik, ini menjadi ajang untukmu memberikan yang terbaik untuk pasanganmu. Sentuhan di bagian sensitif, gerakan saat foreplay, bahkan pemilihan pakaian seksi saat berhubungan seks, secara nggak langsung akan membuatmu percaya diri dan lebih aktif di atas ranjang.

4. Mendapatkan tidur yang nyenyak

freepik.com/ jcomp

Pernahkah kamu menyadari setelah berhubungan seks rasa kantuk semakin besar? Yup, seks dapat meningkatkan tidurmu karena adanya hormon prolactin yang diproduksi saat berhubungan seks. Zat ini menyebabkan tidurmu lebih nyenyak daripada biasanya.

Selain itu tidur nyenyak merupakan pola hidup yang sehat.

5. Keintiman pasca berhubungan seks

freepik.com/ yanalya

Ternyata keintiman di atas ranjang juga bisa terbawa saat kamu dan pasangan melakukan kegiatan sehari-hari. Rasa kasih sayang dan saling memiliki akan terbangun dengan sendirinya. Rasa saling menerima kekurangan satu sama lain juga bisa terbentuk dari hubungan seks, lho, Bela.

6. Cuddle setelah seks merupakan hal yang terbaik

freepik.com/ jcomp

Setelah capek bermain di ranjang, kamu bisa melakukan cuddle dengan pasanganmu. Berpelukan dan berciuman setelah berhubungan seks mengarah pada hubungan yang lebih memuaskan dan lebih membahagiakan. Dengan sedikit obrolan santai kamu bisa meneruskan dengan tidur bersama di malam yang panas itu.

IDN Media Channels

Latest from Sex