Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kisah Perceraian Ustaz yang Menghebohkan, Aa Gym Paling Disorot!

Banyak yang cerai karena poligami.

Windari Subangkit

Perceraian merupakan hal yang paling dihindari dalam suatu rumah tangga. Meski dibolehkan, perceraian adalah hal yang paling dibenci oleh Allah SWT. Namun, terkadang masalah yang menerpa rumah tangga membuat pasangan suami istri memilih untuk berpisah sebagai jalan terbaik.

Bukan hanya masyarakat biasa saja, pemuka agama atau ustaz sekalipun pernah melakukan perceraian. Hal ini tentu membuat publik terkejut, sebab selama ini ustaz dinilai sebagai panutan dalam menjalani kehidupan. Inilah 5 perceraian ustaz Indonesia yang sempat menghebohkan masyarakat Tanah Air.

1. Aa Gym

Instagram.com/aagym

KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym sempat menjadi da’i favorit di kalangan ibu-ibu. Namun, hal tersebut sirna setelah Aa Gym melakukan poligami. Seperti diketahui, Aa Gym pertama kali menikah dengan Teh Ninih pada 5 November 1987. Namun, rumah tangganya goyah setelah Aa Gym berpoligami dan menikah lagi dengan perempuan cantik bernama Alfarini Eridani alias Teh Rini pada 2006.

Meski awalnya mengaku ikhlas, Teh Ninih akhirnya tak kuat. Pada 2011, ia menggugat cerai suami yang telah memberinya 7 anak itu. Uniknya, setahun kemudian pasangan ini rujuk. Aa Gym dan Teh Ninih menikah lagi pada 13 Maret 2012. Sayangnya, kini lagi-lagi mereka memutuskan bercerai. Aa Gym diketahui telah mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Bandung pada Maret 2021. Menurut kuasa hukum Aa Gym, Yoko M Sulaiman, ketidakcocokan jadi penyebab keduanya berpisah.

2. Ustaz Abdul Somad

Facebook.com/Abdullahrahmanhbzvsn

Di saat namanya sedang naik daun, Ustaz Abdul Somad (UAS) mendadak bikin gempar masyarakat karena menceraikan istrinya, Mellya Juniarti. Penceramah yang dikenal tegas dalam menyampaikan dakwahnya ini melayangkan gugatan cerai pada Juli 2019 di Pengadilan Agama Bangkinang, Riau. Sidang perceraian mereka pun berlangsung alot lantaran Mellya tak mau diceraikan.

Kuasa hukum UAS, Hasan Basri, menjelaskan bahwa kliennya ingin bercerai lantaran adanya percekcokan yang berkepanjangan. Sementara, Mellya menyebut percekcokan itu terjadi karena ada perempuan kedua di hati UAS. Berbagai upaya sudah dilakukan, namun tak kunjung mendapat titik terang. Akhirnya, pasangan yang telah dikaruniai seorang anak ini resmi diputus cerai pada 3 Desember 2019.

3. Ustaz Al Habsyi

Instagram.com/ahmadalhabsyi_real

Ustaz Ahmad Al Habsyi pernah menjadi sorotan berbagai media pada tahun 2017 lalu. Ustaz yang disukai karena pembawaaannya yang gaul ini tiba-tiba bikin kaget lantaran digugat cerai sang istri, Putri Aisah Aminah, di Pengadilan Agama Jakarta Timur. Padahal, sejak menikah pada 13 Agustus 2006, Al Habsyi dan Putri dikenal begitu harmonis.

Rupanya, gugatan cerai itu dilayangkan lantaran Al Habsyi diam-diam melakukan poligami tanpa sepengetahuan istri dan keluarga besarnya. Bahkan, Putri baru mengetahui suaminya menikah lagi melalui telepon dan chat di WhatsApp. Parahnya lagi, ia baru tahu Al Habsyi berpoligami setelah 7 tahun, bahkan sang suami sudah memiliki 2 anak dari pernikahan keduanya itu. Al Habsyi dan Putri Aisah akhirnya resmi bercerai pada November 2017.

4. Ustaz Zacky Mirza

Instagram.com/chintatanjung

Prahara rumah tangga juga pernah dialami oleh Ustaz Zacky Mirza. Ia menikah dengan Shinta Tanjung pada 8 November 2011 dan dikaruniai 3 anak. Namun, setelah 5 tahun berumah tangga, Ustaz Zacky menggugat cerai sang istri ke Pengadilan Agama Depok. Keduanya pun resmi bercerai pada 17 Januari 2017.

Konflik yang berkepanjangan menjadi penyebab retaknya rumah tangga mereka. Ustaz Zacky mengungkap bahwa Shinta tak mengindahkan etika dalam rumah tangga, bahkan menyebut istrinya telah berselingkuh. Namun, Shinta menampik tuduhan perselingkuhan tersebut. Setelah 2 tahun bercerai, Ustaz Zacky dan Shinta akhirnya memutuskan untuk rujuk dan kini sudah menikah kembali.

5. Ustaz Guntur Bumi

Instagram.com/puputmelati

Pernikahan Ustaz Guntur Bumi (UGB) dengan Puput Melati beberapa kali berada di ujung tanduk. Seperti diketahui, mereka menikah pada Juni 2011 setelah Puput resmi bercerai dari suami pertamanya, Oddie Pratama Wibowo.

Tanpa diketahui alasannya, Puput tiba-tiba menggugat cerai UGB pada 23 Desember 2013. Namun, akhirnya mereka memilih untuk rujuk karena masih saling mencintai dan ingin mengurus anak-anak bersama. Sayangnya, di akhir tahun 2016 kembali terdengar kabar rumah tangga mereka tak harmonis, bahkan beredar isu keduanya sudah pisah rumah. Meski demikian, kini UGB dan Puput masih menjadi suami istri.

Itulah 5 perceraian ustaz kondang yang sempat menghebohkan publik. Mana yang paling membuatmu kaget, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married