Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Lancar Tanpa Masalah, Ini 6 Cara Menyiapkan Dana Pernikahan 

Diperlukan kepedulian tinggi dari satu sama lain nih, Bela!

Felia Putri Dewinta

Pada umumnya, calon pengantin senantiasa menginginkan yang terbaik bagi gelaran pernikahannya. Wajar saja, sebab pernikahan memang menjadi salah satu momen paling istimewa dalam hidup, sehingga banyak orang ingin memastikan acara tersebut berlangsung dengan lancar, serta mampu menjadi perayaan yang tak terlupakan.

Namun, perlu diingat pula bahwa acara pernikahan yang istimewa tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu, calon pengantin perlu mempersiapkannya dengan matang, bahkan dari jauh-jauh hari. Meski tak mudah, menyiapkan dana pernikahan harus dijalani dengan giat dan konsisten.

Berikut ini Popbela akan membagikan tips mengenai beberapa langkah mudah yang ampuh menjadi cara menyiapkan dana pernikahan. Yuk, temukan jawabannya di sini!

1. Berdiskusi dan membentuk komitmen hidup hemat

rawpixel.com/

Untuk menyiapkan dana pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan oleh kamu dan pasangan adalah berdiskusi dan membentuk komitmen bersama-sama. Umumnya, diskusi ini dilakukan untuk melihat kondisi keuangan kamu dan pasangan secara lebih jelas. Nantinya, proses menabung menjadi lebih mudah serta lebih cepat tanpa kendala.

Selain itu, komitmen menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh kamu dan pasangan. Terutama komitmen untuk hidup hemat dan mengutamakan menabung untuk biaya pernikahan. Salah satu cara termudah untuk menerapkan hidup hemat adalah dengan memangkas biaya pengeluaran sehari-hari.

2. Mengatur keuangan pribadi dan rencana keuangan bersama

Freepik.com/tirachardz

Cara menyiapkan dana pernikahan selanjutnya adalah dengan mengatur keuangan pribadi, serta mulai memikirkan rencana keuangan bersama nantinya. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk menabung biaya pernikahan saja, namun juga untuk melatih kamu dan pasangan agar bisa menghadapi masalah dan perselisihan soal uang dalam kehidupan rumah tangga. Cobalah untuk mulai transparan dan saling memahami kondisi keuangan masing-masing, agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi.

3. Menghitung total biaya pernikahan yang diperlukan

Unsplash.com/Mathieu Stern

Selanjutnya, menyiapkan dana pernikahan juga harus diawali dengan menghitung besaran serta total biaya yang diperlukan. Cobalah untuk menuliskan secara jelas setiap rencana tentang acara pernikahan nantinya, mulai dari tempat, tema, makanan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar bisa melihat besaran biaya yang harus dipersiapkan.

Nah, jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah biaya tak terduga atau biaya untuk kondisi darurat di dalam anggaran tersebut. Tujuannya, agar keuangan kamu dan pasangan bisa tetap aman terkendali setelah gelaran pernikahan nanti.

4. Membuka tabungan bersama khusus biaya pernikahan

rawpixel.com/

Kemudian, kamu dan pasangan juga perlu membuat tabungan atau rekening khusus yang digunakan untuk menabung biaya pernikahan. Meskipun acara pernikahan masih lama, namun membuka tabungan ini harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari ya, Bela! Sehingga kamu dan pasangan tak perlu terburu-buru dalam menabung. Adanya tabungan bersama khusus untuk menyiapkan dana pernikahan ini juga bisa membantu kamu dan pasangan agar lebih semangat menabung.

5. Menentukan besaran tabungan masing-masing

pexels.com/Mikhail Nilov

Nah, bila kamu dan pasangan sudah membuka dan membuat tabungan bersama khusus menabung dana pernikahan, maka perlu juga menentukan besaran tabungan masing-masing. Buatlah kesepakatan mengenai besaran uang masing-masing yang harus ditabung setiap bulannya. Besaran tabungan yang ditentukan ini perlu dibicarakan dengan baik agar tidak menimbulkan kesalahpahaman ya, Bela!

6. Memisahkan tabungan bersama dari biaya kebutuhan lain

pexels.com/Mikhail Nilov

Terakhir, menyiapkan dana pernikahan yang dilakukan dengan giat dan konsisten juga harus dilakukan dengan teliti. Salah satu caranya adalah dengan memisahkan tabungan bersama dari biaya kebutuhan. Ingatlah agar jangan pernah menggunakan uang tabungan untuk membayar kebutuhan lain. Jadi, fokuskan uang tabungan tersebut sebagai biaya pernikahan.

Demikianlah beberapa cara menyiapkan dana pernikahan yang wajib diterapkan oleh kamu dan pasangan. Cara-cara di atas sebenarnya cukup mudah dilakukan, asalkan kalian siap berkomitmen melakukannya dengan giat dan konsisten.

IDN Media Channels

Latest from Married