Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengantin Baru saat Bulan Madu

Jangan sampai kamu dan pasangan melakukannya, ya!

Elga Windasari

Setelah resmi menikah dan melangsungkan resepsi, hal yang paling ditunggu-tunggu selanjutnya adalah bulan madu. Ini mungkin menjadi liburan resmi pertama kamu dengan suami.

Sayangnya, meski ini juga menjadi salah satu langkah penting setelah menikah, banyak pasangan yang lupa merencanakannya dengan baik. Tidak sedikit yang menganggap enteng sehingga tidak mempersiapkannya dengan matang.

Apalagi, merencanakan dan mempersiapkan bulan madu dengan baik menjadi jaminan waktu liburan pertama kali bersama pasangan itu tidak akan berantakan. 

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pasangan yang baru menikah saat bulan madu.

1. Packing di saat-saat terakhir

thegirlfrompanama.com

Ini akan membuat kamu dan pasangan melakukannya dengan panik dan bahkan mungkin kelupaan banyak barang penting. Itulah mengapa selalu lebih baik untuk membuat daftar semua kebutuhan bulan madu.

Jangan lupa juga meminta bantuan anggota keluarga atau sahabat untuk membantu, mulai dari memasukkan barang-barang ke koper hingga memindahkan koper ke bagasi mobil. Jadi, ada banyak orang yang bisa saling mengingatkan.

2. Langsung bulan madu setelah pernikahan

instagram.com/valenciatanoe

Ini bukanlah rencana yang bagus. Menyelenggarakan resepsi pernikahan bisa membuat kamu dan pasangan merasa terlalu lelah untuk melakukan sesuatu. Apalagi jika lokasi bulan madu di luar negeri yang menempuh perjalanan panjang.

Jika kalian tak mau menghabiskan bulan madu hanya dengan dengan tidur sepanjang hari di resor, lebih baik pergi setelah beristirahat setidaknya 3-4 hari. Jadi, kalian akan menjalani bulan madu dengan badan dan pikiran yang fresh, bukan kelelahan.

3. Tidak melakukan riset dengan baik

Sebenarnya sama seperti liburan pada umumnya, kamu harus melakukan riset yang cukup sebelum memesan penginapan dan transportasi selama bulan madu nanti. Jangan hanya mendengar rekomendasi dari orang lain, tetapi kamu juga sebaiknya mencari tahu sendiri.

Lalu, jangan lupa untuk menuliskan anggaran tetap untuk pemesanan hotel dan kemudian membuat daftar keputusan yang diperlukan.

4. Tidak membuat anggaran terpisah dan pasti

Pexels/ Karolina Grabowska

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pasangan saat merencanakan bulan madu adalah tidak memiliki anggaran yang terpisah dan pasti. Hal ini bisa membuat kalian berlebihan dengan pengeluaran mereka dan akhirnya jadi memiliki banyak utang.

Itulah mengapa selalu disarankan untuk menetapkan batasan dan memutuskan anggaran yang akan dihabiskan. Ketahuilah berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk penginapan, transportasi, makan, kegiatan petualangan, belanja, dan hal-hal lain yang tidak dapat dihindari.

5. Terlalu banyak kegiatan yang direncanakan

Pexels/Joao Ricardo Januzzi

Mungkin kamu terlalu bersemangatnya menjalani liburan sebagai pengantin baru dan ingin merencanakan sebanyak mungkin aktivitas. Namun, ini bisa membuatmu dan pasangan kelelahan.

Bulan madu sebenarnya bukan hanya tentang terus bepergian, tetapi juga menjadi waktu terbaik untuk sedikit bersantai setelah perayaan yang sibuk. Cobalah untuk menciptakan keseimbangan antara keduanya.

Selain itu, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk saling mengenal lebih baik dan bangun pondasi yang baik untuk pernikahan kalian.

6. Packing berlebihan

enews.com

Ini juga menjadi kesalahan umum saat menyiapkan bulan madu, terutama untuk para perempuan. Karena ingin perjalanan ini sempurna, kamu jadi ingin membawa banyak pakaian, makeup, aksesoris, dan lainnya.

Padahal, ini bisa menjadi sumber masalah jika bepergian dengan pesawat saat berat koper melebihi jatah bagasi yang disediakan maskapai.

7. Tidak mengatur transportasi di tempat bulan madu

transportasi.co/

Jika bulan madu ke luar negeri, pastikan kamu dan pasangan sudah membuat pengaturan dan pemesanan untuk perjalanan domestik di sana. Banyak pasangan baru yang melewatkan hal ini dan akhirnya panik saat sudah berada di lokasi bulan madu.

Untuk menghindari situasi seperti itu, lebih aman untuk membuat pengaturan yang diperlukan sebelumnya. Teliti semua moda transportasi yang tersedia dan pesan sesuai dengan kebutuhan.

8. Tidak mempertimbangkan cuaca

Favim.com

Jika tidak memeriksa hal ini, kamu mungkin membawa banyak baju terbuka, tetapi ternyata cuaca di tempat tujuan bulan madu sedang dingin. Atau bisa juga sebaliknya.

Kalau sudah begini, liburan bulan madu bisa terganggu karena kamu jadi merasa tidak nyaman—jika memaksakan pakai baju yang sudah dibawa—atau menghabiskan lebih banyak uang karena harus membeli baju baru.

Jadi, jangan lupa untuk memeriksa cuaca tempat tujuan bulan madu dan packing sesuai kebutuhan.

9. Tidak melibatkan pasangan saat merencanakan bulan madu

unsplash.com/Brooke Cagle

Karena bulan madu ini ditujukan untuk kamu dan pasangan, sebaiknya kalian berdua harus terlibat dan sama-sama memberikan masukan saat merencanakannya.

Diskusikan tujuan yang kalian inginkan, buatlah daftar kegiatan yang ingin masing-masing lakukan dan buatlah keseimbangan antara keduanya. Dengan cara ini tidak akan ada yang merasa terpaksa untuk menjalani rencana yang hanya dibuat oleh satu orang.

10. Tidak memasukkan biaya tambahan

Pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Saat berlibur, sangat mungkin pengeluaran tidak sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Jadi, disarankan untuk menyisihkan sejumlah uang untuk pengeluaran tak terduga yang mungkin terjadi selama bulan madu.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan saat merencanakan bulan madu agar kamu dan pasangan tidak melakukan kesalahan yang tidak diperlukan. Selamat berbulan madu!

IDN Media Channels

Latest from Married