Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Menanggapi Suami yang Ketahuan Genit ke Perempuan Lain

Catat baik-baik!

Astri Amalia

Jika kamu memergoki suamimu genit pada perempuan lain, kemungkinan besar kamu akan merasa sangat kesal dan ingin langsung mencacinya habis-habisan. Namun, daripada langsung memakinya, kamu bisa menanggapi perilakunya tersebut dengan cara yang lebih bijak dan efektif.

Maka dari itu, Popbela sudah siapkan 6 cara menanggapi suami yang ketahuan genit ke perempuan lain khusus untukmu, melansir Romper berikut ini. Simak artikelnya hingga selesai, ya.

1. Tetap tenang

Pexels.com/Alex Green

Menurut seorang relationship coach, penulis, pembicara, dan guru, Stephanie Churma, saat kamu memergoki suami genit pada perempuan lain, cobalah untuk tetap tenang.

“Satu-satunya cara untuk menanggapi perilaku menggoda pasangan adalah dengan mengatasinya dengan tenang,” ujar Stephanie.

“Pertama sadari. Apakah ini sesuatu yang akan Anda lakukan pada pasanganmu? Jika tidak, maka Anda harus jujur ​​kepadanya sebelum berubah menjadi kebencian dan ketidakamanan,” tambahnya.

Bersikap tenang dan anggun merupakan cara terbaik untuk mengkomunikasikan kebutuhanmu. Kamu pun kemungkinan besar akan benar-benar didengarkan oleh suamimu.

“Yang terbaik adalah tidak menuduhnya (ketika) melakukan kesalahan,” kata Rhonda Milrad, LCSW, pendiri Relationup, seksolog klinis bersertifikat ABS, dan terapis hubungan.

“Taktik ini bisa membuatnya bersikap defensif dan menyebabkan percakapan memburuk menjadi pertengkaran. Lebih baik sampaikan bagaimana perasaan Anda terhadap perilakunya dan keinginan Anda agar ia berhenti melakukan hal tersebut," lanjut Rhonda.

2. Tunggu sampai kamu bisa melakukan percakapan berdua dengannya

Pexels.com/cottonbro studio

Saat kamu memergoki suamimu genit ke perempuan lain di depan umum, cobalah untuk membicarakan permasalahan tersebut ketika kamu hanya berdua dengannya.

"Saya pikir cara terbaik untuk menangani 'pelanggaran pertama' adalah menunggu sampai Anda berdua saja, dan kemudian menanganinya setenang mungkin," kata terapis Rachel Gersten.

"Jika pasangan melanjutkan perilakunya, maka percakapan yang lebih mendalam mungkin perlu dilakukan," tambahnya.

3. Ucapkan kata khusus sebagai tanda jika suamimu mulai genit ke perempuan lain

Pexels.com/cottonbro studio

Apabila pada dasarnya suamimu seringkali nggak menyadari perilaku genitnya tersebut, coba berikan sebuah kata khusus padanya untuk menjadi penanda bahwa ia telah melewati batas.

“Jika Anda dan pasangan sama-sama sepakat dan setuju bahwa perilaku genitnya bermasalah dan ingin benar-benar ia hentikan, maka Anda dan pasangan dapat bersatu mengatasi masalah tersebut,” ujar Rhonda.

“Buat kata pemicu yang dapat Anda ucapkan kepada pasangan saat perilaku tersebut terjadi, ini akan membuatnya sadar atas perilaku yang perlu dihentikan. Kemudian, pasangan Anda pun mampu mengambil langkah untuk mengontrol dirinya sendiri," lanjutnya.

Dengan demikian, kemungkinan besar ia mulai mengenali saat hal itu terjadi, atau semakin sadar dalam menyesuaikan perilakunya.

4. Tetapkan atau perjelas batasanmu

pexels.com/RODNAE Productions

Cara menanggapi suami yang ketahuan genit ke perempuan lain selanjutnya adalah dengan menetapkan atau memperjelas batasanmu. Kemudian, pastikan kamu dapat menyampaikan perasaanmu secara jujur dan tegas atas perilakunya tersebut.

“Seseorang mungkin menggoda untuk bersenang-senang, meningkatkan kepercayaan diri, atau untuk mendapatkan meja terbaik di restoran! Diskusikan dengan pasangan Anda bagaimana perasaan Anda masing-masing tentang perilaku itu—kapan boleh atau tidak, kapan itu melewati batas, dan apa niat di balik godaan itu,”  ujar Dr. Rebekah Montgomery, seorang psikolog klinis dan pakar hubungan.

5. Bicara padanya

pexels.com/Alena Darmel

Membicarakan sejak awal kamu memergoki perilaku genit suamimu adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai kamu membiarkannya hingga menjadi konfik yang nggak terkendali di kemudian hari.

“Salah satu cara paling dewasa untuk menangani pasangan yang genit dengan orang lain di depan Anda adalah dengan mengatasi masalah ini secara proaktif sebelum menimbulkan permasalahan,” ujar Dr. Joseph Cilona, seorang psikolog klinis berlisensi.

“Terpaksa untuk merespons situasi seperti ini tanpa pemikiran dan pertimbangan yang cermat dapat membahayakan kemampuan untuk menjadi bijaksana dan terukur ketika menanggapinya. Diskusi yang jelas dan spesifik tentang makna dan batasan untuk setiap pasangan yang genit sangat penting untuk menyusun strategi kompromi dan solusi yang efektif," tambahnya.

6. Gunakan percakapan terbuka

pexels.com/Polina Zimmerman

Cara menanggapi jika pasangan ketahuan genit ke perempuan lain yang terakhir adalah dengan mencoba beberapa percakapan terbuka dengannya.

“Cobalah beberapa dialog terbuka yang memicu obrolan: 'Aku perhatikan kamu bersikap ramah dengan rekan kerjamu dan aku merasa tidak nyaman. Penting bagiku bersama seseorang untuk merasa aman, dan ketika kamu menggoda perempuan lain, itu memberi sinyal kepadaku bahwa aku mungkin bukan satu-satunya. Bisakah kita membicarakan ini,'” ujar Stephanie. 

"Ketika Anda memiliki dialog terbuka yang dimulai dengan perasaan Anda versus menyalahkan orang lain atas emosi Anda, itu memberikan pijakan untuk melakukan obrolan yang jujur," lanjutnya.

Selain itu, dengan memberikan pertanyaan terbuka dalam obrolanmu, mampu membuat pasanganmu benar-benar terlibat dalam percakapan dan nggak hanya memberikan jawaban 'ya' atau 'tidak'.

Jadi, itulah 6 cara menanggapi suami yang ketahuan genit ke perempuan lain. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married