Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 6 Tanda Laki-Laki Sedang Berbohong, Jangan Terkecoh!

Lihat bahasa tubuhnya juga

Zahra Ramadhani

Ketika seorang laki-laki berbohong, besar kemungkinannya intuisi akan menuntunmu untuk segera tersadar. Namun terkadang, intuisi saja tidak cukup akurat untuk jadi pertanda bahwa si dia tengah berbohong. Sebab, beberapa lelaki memiliki keahlian yang luar biasa dalam menyembunyikan kebenaran. Apalagi terhadap kamu sebagai pasangannya!

Walau begitu, kamu harus tetap tenang dan jangan cemas. Pasalnya, ada beberapa tanda yang dapat kamu jadikan acuan untuk menilai apakah si dia bicara jujur atau bohong kepadamu. Dengan melihat tanda ini, kamu takkan pernah terperangkap dalam mulut manisnya yang penuh dengan kebohongan. Yuk, simak sampai habis.

1. Mengatakan hal yang sama secara berulang

Pexels.com/Vera Arsic

Pada umumnya, laki-laki cenderung gugup ketika berbohong, sehingga terkadang mereka akan mengatakan hal yang sama secara berulang-ulang tanpa sengaja. Dengan harapan, kamu bisa percaya dan nggak menangkapnya sebagai sebuah kebohongan. Nah, sekarang, coba ingat kembali apakah pasangan kamu pernah melakukan ini atau tidak. Jika pernah, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah bertanya lebih lanjut tentang detail cerita yang telah ia utarakan. Dari hal tersebut, kamu dapat menilai konsistensi ucapannya.

2. Bicara dengan lebih banyak jeda

Freepik.com/wayhomestudio

Biasanya, seorang laki-laki yang berbohong akan lebih sering memberi jeda saat bicara. Tidak lain dan tidak bukan, karena mereka butuh kreativitas dan waktu lebih banyak untuk mengarang cerita. Jadi, jangan heran apabila pasangan kamu terbata-bata secara mendadak ketika mengutarakan sesuatu, ya! Besar kemungkinannya ia berusaha keras untuk menyembunyikan kebenaran darimu, Bela.  

3. Menghindar untuk menghabiskan waktu berdua saja

https://www.pexels.com/id-id/@shvets-production

Selain itu, para lelaki juga cenderung menghindar untuk menghabiskan waktu berdua bersama pasangannya ketika tengah berbohong. Pasalnya, mereka tahu bahwa situasi seperti itu dapat memberimu lebih banyak kesempatan untuk bertanya tentang sesuatu yang tak ingin mereka jawab. Tampaknya, hal ini menjadi cara paling mudah bagi laki-laki untuk tetap aman tanpa ketahuan berbohong oleh pasangannya. Menyebalkan sekali, bukan?

4. Meyakinkan bahwa ia tak pernah berbohong

Pexels.com/Nadezhda Diskant

Tak hanya berusaha meyakinkan kamu tentang kebohongannya, laki-laki yang berbohong juga akan meyakinkan kamu bahwa mereka tidak pernah berbohong. Oleh karena itu, jangan mudah percaya terhadap mulut manisnya, ya. Kamu perlu sesekali menaruh rasa curiga terhadap pasangan ketika pertanda semacam ini mulai muncul. Dengan begitu, kamu akan sulit untuk ditipu dan diperdaya olehnya yang punya niat buruk.

5. Menyangkal dan mengalihkan perhatian

Pexels.com/Cottonbro

Pertanda paling nyata yang menjadi bukti bahwa seorang laki-laki tengah berbohong adalah mengalihkan perhatian dari dirinya sendiri. Ia akan berusaha keras untuk menyangkal dan berbalik menyerangmu sebagai pasangannya. Sehingga, topik perbincangan jadi berubah arah dan kamu yang tadinya curiga justru menjadi ragu. Padahal, satu-satunya orang yang patut untuk disalahkan karena telah menyembunyikan kebenaran adalah dia. Maka dari itu, jangan mudah terkecoh dengannya yang amat manipulatif, ya.

6. Perilakunya berubah

Pexels.com/Cottonbro

Apabila laki-laki sedang berbohong, perilakunya sehari-hari biasanya akan mengalami perubahan. Jika normalnya si dia selalu ceria dan banyak bicara, maka ia akan terlihat lebih banyak diam saat berbohong, begitu pula sebaliknya. Jadi, pandai-pandailah mengamati setiap detail kecil yang melekat dalam diri pasangan, ya. Karena hal ini akan memudahkan kamu untuk mendeteksi ketika si dia tidak berkata jujur atau melakukan perilaku menyimpang lainnya.

Itulah beberapa tanda laki-laki sedang berbohong. Bukan berarti menjadi selalu curiga padanya, ya, Bela, tapi dengan memperhatikan cara bicara dan bahasa tubuhnya, kamu akan tahu dia berbohong atau berkata jujur.

IDN Media Channels

Latest from Dating