Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tanda Pria Akan Menjadi Sosok Ayah yang Hebat, Ada di Pasanganmu?

Dia tahu kapan harus bersikap lunak dan kapan harus tegas

iefa_pooh

Mengambil peran sebagai orangtua tentu bukan merupakan hal yang mudah. Jadi wajar jika kamu bertanya-tanya, apakah pasanganmu akan mampu menjadi sosok ayah yang hebat bagi anak-anak kalian atau tidak?

Meski lebih sering dikaitkan dengan ibu, namun peran ayah dan ibu sama-sama penting dalam pertumbuhan anak. Jika 10 tanda ini ada di pasanganmu maka kelak ia akan menjadi sosok ayah yang hebat bagi anak-anak kalian nantinya. Kira-kira apa saja? Yuk simak dan cocokkan dengan pribadi pasanganmu!

1. Sosok yang bertanggung jawab

Unsplash.com/Joao Silas

Dia bekerja, selalu on time dalam menyelesaikan tugasnya, memanfaatkan waktu dengan baik, membayar setiap tagihan tepat waktu tanpa harus diingatkan, intinya dia menjalani kehidupan dengan dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab. Ini sangat penting karena ia tak mungkin menjadi sosok ayah yang baik jika ia sendiri masih bergantung pada orang tuanya, menghabiskan waktunya untuk hang out, dan bersikap kekanak-kanakan.

2. Tahu kapan harus melunak dan kapan harus tegas

Pernah nggak saat kamu berbuat salah dan kamu kira ayahmu akan marah, namun ternyata ia malah memberimu nasihat dengan lembut? Atau ia dengan tegas memarahimu saat kamu hampir bersikap melenceng dan merugikan dirimu sendiri? Jika seorang laki-laki tahu kapan harus bersikap lunak dan kapan harus bersikap tegas itu artinya ia akan menjadi sosok ayah yang baik. 

3. Mampu menunjukkan kasih sayangnya

Unsplash.com/Nathan Mcbride

Anak-anak membutuhkan kasih sayang, bukan hanya sosok pendisiplin yang menjaga mereka tetap terkendali. Jika seorang laki-laki mampu menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya pada keluarga, pasangan, dan orang di sekitarnya, maka ia juga akan sangat mampu menunjukkan kasih sayang pada anak kalian.

Karena anak-anak lebih mudah mengerti bahwa mereka dicintai jika kamu mengungkapkannya secara terang-terangan, dan tak hanya sekadar rasa sayang tak kasat mata yang ditunjukkan dengan perbuatan yang tak terlihat oleh mereka.

4. Memiliki manajemen stres yang fantastis

Siapa di dunia ini yang tak pernah stres? Nggak ada ya kan. Yang berbeda adalah bagaimana cara kita mengatasi dan mengelola stres tersebut. Dan sosok ayah yang baik harus mampu mengelola stresnya dengan baik dan ini tidak mudah.

Karena jujur saja seorang ayah menerima banyak tekanan, baik masalah pekerjaan sampai masalah rumah tangga. Sosok laki-laki yang baik adalah ia yang tak melampiaskan rasa stresnya dengan amarah, bentakan, atau hal negatif lainnya.

5. Protektif namun tidak overprotektif

Unsplash.com/Yoann Boyer

Ada perbedaan antara menjadi protektif dan overprotektif. Jika dia mengerti bahwa kamu membutuhkan ruang pribadi dan memercayai kemampuanmu untuk membuat sebuah keputusan, maka ini bisa menjadi nilai tambah yang baik.

Tanda seorang laki-laki dapat menjadi ayah yang baik adalah ia tahu kapan harus mengulurkan tangan dan kapan harus membiarkanmu membuat keputusanmu sendiri.

6. Selalu ada di sisimu dan dapat diandalkan

Sementara setiap orang harus mampu mengatasi masalah mereka sendiri, pasangan yang baik juga selalu tahu kapan pasangannya membutuhkan uluran tangan atau bahu untuk bersandar dan menangis. Dapat diandalkan bagimu berarti ia juga akan menjadi sosok yang dapat diandalkan oleh anak-anakmu kelak.

7. Baik dan suka anak kecil

Unsplash.com/Caroline Hernandez

Tak harus menunggu punya anak terlebih dahulu untuk mengetahui sikapnya pada anak kalian kelak. Lihatlah interaksinya dengan anak-anak kecil di sekitarnya, seperti anak-anak tetangga, keponakan, dan anak kecil yang baru ia temui.

Jika dia dapat berinteraksi, bermain, dan terlihat tulus serta menikmatinya maka ia pasti akan menjadi sosok yang hebat bagi anak kalian kelak. Dengan anak orang lain saja dia baik apalagi anaknya sendiri, ya kan?

8. Tahu bagaimana menghabiskan waktu yang berkualitas di rumah

Sudah menjadi kodrat laki-laki untuk bekerja dan terkadang pulang sangat malam, hingga saat ia pulang sang anak sudah terlelap. Oleh karena itu, seorang laki-laki yang tahu bagaimana menghargai waktu bersama keluarga dan pasangannya adalah sosok laki-laki yang akan menjadi ayah yang baik.

Dia tak akan meninggalkan anak-anaknya untuk bersenang-senang dengan teman-temannya terlalu sering, karena ia tahu bahwa waktu yang dimiliki terbatas dan berharga untuk berinteraksi dan menjalin ikatan kasih dengan sang anak. 

9. Mampu menunjukkan kontrol diri yang baik

Unsplash.com/Toa Heftiba

Ayah super tak pernah kehilangan kendali. Mereka mungkin marah, kesal, sedih, atau bahkan ketakutan di dalam, namun ayah yang baik tak pernah membiarkan anak-anak mereka mengetahui hal ini. Mereka mampu menangani masalah setenang dan sebaik mungkin.

Hal ini karena mereka tahu, jika mereka terlihat goyah, maka anak-anak akan merasakan lebih dari apa yang mereka rasakan. Contohnya, jika seorang ayah terlihat panik, maka anak-anak akan menjadi berkali-kali lipat lebih panik dari mereka.

10. Ingin menjadi ayah yang baik

Dan ini adalah tanda paling utama bahwa ia akan menjadi ayah yang sangat hebat. Saat pasanganmu memiliki keinginan untuk menjadi ayah yang baik, maka secara otomatis ia akan mempelajari segala sesuatu tentang bagaimana caranya menjadi ayah yang baik. Karena dengan memiliki keinginan menjadi ayah yang baik, kesembilan tanda di atas pasti akan ia usahakan ada dalam dirinya. 

Menjadi ayah yang hebat berarti mampu menyeimbangkan antara ketegasan dan kelembutan. Seorang ayah yang baik akan bersikap penuh kasih memanjakan anak-anaknya, namun juga dapat bersikap tegas saat dibutuhkan.

Bersyukurlah jika pasanganmu memiliki 10 tanda di atas, karena tandanya ia akan menjadi sosok ayah yang hebat bagi anak-anak kalian nanti!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Tanda Pria Akan Menjadi Sosok Ayah yang Hebat, Ada di Pasanganmu?"

IDN Media Channels

Latest from Dating