Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kencan dengan Warga Asing? Begini Risiko dan Tips Menjalaninya

Sudah banyak yang berhasil

Anisya Fitrianti

Setiap pasangan pasti punya tantangan masing-masing saat menjalani hubungan asmaranya. Termasuk bagi pasangan yang berasal dari dua negara berbeda. Kamu mungkin saja menjalin cinta dengan seseorang yang kamu temui ketika bekerja atau berlibur di luar negeri. Bahkan tidak sedikit juga, lho, yang memulai kisah cintanya dengan WNA melalui dating apps.

Nah, kalau kamu saat ini sedang berencana menjalani atau justru tengah menjalani hubungan asmara dengan WNA, ada baiknya kamu pahami beberapa hal penting supaya hubunganmu dan si dia berjalan lancar! 

1. Pelajari bahasanya lebih dalam

Freepik.com

Bahasa merupakan tantangan pertama bagi pasangan dengan latar belakang kewarganegaraan yang berbeda. Ketika kamu dan dia tumbuh dengan bahasa ibu yang berbeda, hal ini bisa menjadi hambatan komunikasi, lho. Untuk itu, penting mempelajari bahasa satu sama lain supaya komunikasi berjalan lebih lancar. Sudah banyak, kok, pilihan cara mempelajari bahasa asing terutama lewat internet. Semangat, Bela! 

2. Harus menjalani LDR

Freepik.com

Ketika kamu memutuskan menjalin hubungan asmara dengan WNA, kamu harus paham betul bahwa ada beragam risiko di baliknya, termasuk menjalani hubungan jarak jauh. Well, kamu mungkin mengunjungi negara tempat tinggalnya sesekali, begitu juga sebaliknya. Namun setelah itu kalian akan kembali terpisah, karena harus menjalani kehidupan di negara masing-masing. 

3. Punya berbagai perbedaan budaya

Freepik.com

Selain bahasa, tentunya budaya menjadi perbedaan besar yang bisa kamu rasakan saat bersamanya. Misalnya ketika merayakan hari besar, acara keagamaan, dan sebagainya. Kamu perlu tahu bahwa perbedaan tidak bisa dihindari melainkan harus dihargai. Kamu dan dirinya perlu bekerja sama untuk saling berkompromi soal perbedaan budaya. 

4. Luangkan waktu untuk liburan bersama

Freepik.com

Kamu atau dia mungkin secara bergantian mengunjungi tempat tinggal masing-masing untuk bertemu. Namun cobalah untuk berlibur bersama ke sebuah tempat baru yang belum pernah kalian kunjungi. Memiliki pengalaman baru bersama akan menyenangkan dan memberikan berbagai pelajaran. Berlibur bersama juga bisa jadi kesempatan untuk mengenal satu sama lain lebih jauh. 

5. Pertimbangkan hubungan secepatnya

Freepik.com

Berada dalam hubungan jarak jauh dan tanpa tujuan yang jelas pastinya sulit. Sehingga bila kamu merasa dia adalah sosok yang kamu cari, mulailah bangun komitmen bersamanya agar kamu bisa melanjutkan ke taraf hubungan yang lebih serius. Perlu kamu ingat, proses mendapatkan izin tinggal permanen di sebagian besar negara dapat memakan waktu minimal satu tahun lho. Jadi, semakin cepat urusan tersebut diselelsaikan, semakin cepat juga kamu dan dia dapat mulai hidup bersama. 

6. Mulailah menabung

Freepik.com

Bila kamu dan dia sudah sepakat mengenai komitmen dalam hubungan, segeralah persiapkan kondisi finansial kalian untuk tinggal bersama. Hal ini tentunya sangat penting mengingat kalian butuh dana ekstra untuk kebutuhan transportasi, tempat tinggal maupun proses hukum di tempat tinggal baru. 

7. Libatkan keluarga dan kerabat dekat

Freepik.com

Ketika kamu dan dia sudah berkomitmen untuk menjalani hubungan yang serius, jangan lupa untuk melibatkan keluarga atau kerabat dekat. Lingkungan terdekat kalian memiliki peran penting untuk mendukung keberlanjutan hubunga kalian, lho. 

Menjalani hubungan dengan WNA yang berada jauh di sana, memang nggak akan mudah. Tetapi bukan berarti kamu harus menyerah, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Dating