Saat kamu menjalin hubungan dengan laki-laki, banyak hal-hal yang sebenarnya menunjukkan gambaran kehidupan kedepannya. Ada tanda-tanda positif yang ternyata merupakan kekuatan untukmu bersama hingga ke jenjang pernikahan, atau justru malah sebaliknya, hubunganmu nggak bisa berkembang dan terus menerus stuck di permasalahan yang sepele.

Inilah tanda hubunganmu akan awet hingga pernikahan.

1. Kamu merasa nyaman menjadi dirimu sendiri saat bersamanya

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ photomalinka

Terkadang di awal hubungan seseorang akan menampilkan hal-hal yang manis dari dirinya dan menyembunyikan hal-hal yang tampak kurang di depan pasangannya. Akan tetapi, jika kamu nyaman menjadi dirimu sendiri, bisa dikatakan hubunganmu dalam kondisi yang aman.

Saling menerima kekurangan satu sama lain dan meng-improve hal tersebut sebagai suatu kelebihanlah merupakan kuncinya.

2. Selalu ada saat dibutuhkan satu sama lain

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ freepik

Hal ini mungkin akan terlihat sepele, ada di saat pasanganmu membutuhkan ataupun sebaliknya. Sebenarnya lebih dari itu, kamu dan pasangan akan terbiasa menjadi sebuah tim yang saling melengkapi. Rasa kepercayaan satu sama lain juga akan terbangun melalui hal-hal bersama yang dilakukan.

3. Kamu dan pasangan terbuka dengan masa lalu

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ branin

Semua orang pasti mempunyai masa lalu masing-masing, begitupun kamu dan pasangan. Walaupun kamu nggak akan membuka semuanya kepadanya, rasa kepercayaan yang tinggi akan membuatmu bisa terbuka satu sama lain.

Dibutuhkan keberanian, kedewasaan, dan kejujuran saat berbicara tentang masa lalu. Meskipun ada yang buruk sekalipun, kamu dan pasangan akan bisa menghadapinya dengan positif.

4. Mengapresiasi pencapaian yang diraih pasangan

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ freepik

Keberhasilan pasangan seharusnya nggak menjadi ancaman terhadapmu, akan tetapi kemenangan bersama yang bisa dirayakan bersama. Apresiasi yang kamu berikan sangat berarti untuknya, terlebih saat dia mendapatkan achievement atau pencapaian dalam hal apa pun, apakah itu promosi pekerjaan, kesempatan kuliah dengan beasiswa, dan lainnya.

Support satu sama lain akan membuat pasangan lebih percaya diri dan lebih mengeksplor apa yang ada dalam dirinya.

5. Kamu dan pasangan saling meminta maaf jika melakukan kesalahan

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ vgstockstudio

Tiga kata ajaib yang membuat dirimu bisa berkembang adalah “maaf", "tolong", dan "terima kasih”. Hal ini juga berlaku untukmu dan pasangan. Meminta maaf kepada pasangan setelah melakukan kesalahan juga nggak akan membuatmu menjadi rendah, justru hal ini menandakan kamu berhati besar dan mau belajar lebih baik kedepannya.

6. Kamu dan pasangan adalah seorang pendengar yang baik

6 Tanda Hubunganmu Awet Hingga Menikahfreepik.com/ freepik

Mungkin nggak mudah untuk menjadi seorang good listener atau pendengar yang baik. Akan tetapi, mau menjadi tempat untuk pasanganmu berkeluh kesah dengan penuh perhatian lah yang dibutuhkannya.

Beri dia perhatian, berhenti memainkan ponsel saat bersama, dan berilah pelukan saat dia sedang terpuruk akan membuat hubunganmu awet hingga menikah. Kadang, ketika dia sedang sedih, yang diharapkan hanya telinga yang mau mendengar, bukan mulut yang penuh komentar atau kritikan.

Baca Juga: Nggak Perlu Galau, Ini 6 Cara Pulih Kembali Setelah Putus

Baca Juga: 7 Ilustrasi Lucu Perbedaan Saat Masih Single dan Sudah Menikah

Baca Juga: Inilah yang Harus Kamu Lakukan Agar Pasangan Tahu Kamu Siap Menikah