Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Model Atasan Brokat Kekinian 2022, Stylish dan Elegan!

Cocok untuk pesta

Nafi' Khoiriyah

Brokat merupakan salah satu jenis kain yang kaya dekorasi. Biasanya, brokat digunakan sebagai bahan atasan kebaya untuk pesta. Sebab, brokat terkesan mewah dan juga menarik perhatian. 

Namun, kini banyak model brokat yang semakin modern dan trendi. Bahkan, kain ini bisa dikreasikan dengan berbagai model sehingga tak hanya bisa dipakai dengan bawahan batik.

Salah satu kreasi brokat yang banyak dipakai adalah model atasan brokat kekinian. Model ini menggabungkan antara bahan brokat yang klasik dengan desain yang kekinian. 

Lihat macam-macam modelnya yuk, Bela!

1. Model Atasan Brokat Encim Modern

pinterest.com

Model atasan brokat kekinian yang pertama ini memadukan antara model kebaya encim khas Betawi dengan model slim fit yang kekinian. Salah stau ciri kebaya ini yang paling jelas adalah aksen brokat di tengah dan bagian depan kebaya yang runcing.

Sementara itu, kebaya ini dibuat dengan slim fit yang pas di badan sehingga cocok dengan model baju masa kini. Dengan pemilihan warna soft blue, penampilanmu pun akan tampak semakin trendi dan stylish. 

2. Model Atasan Brokat Aksen Tille dan Lace

pinterest.com

Selanjutnya, model atasan ini memadukan antara kain berbahan brokat dengan tille dan lace. Pertama, kamu bisa menggunakan bahan brokat di bagian depan dan belakang, kemudian sambungkan dengan kain tille di bagian lengannya. 

Lengan tersebut dibuat dengan model balon dengan aksen cape di lengan atas. Sementara itu, bagian ujung baju bisa ditambahkan dengan aksen lace supaya semakin mewah. Dengan model yang mewah, warna yang cocok untuk baju ini adalah warna-warna yang kalem, seperti cokelat susu. 

3. Model Atasan Brokat Kimono

pinterest.com

Kimono bisa menjadi model atasan brokat kekinian yang trendi dan stylish. Atasan ini dibuat dengan aksen lipatan di tengah tanpa kancing terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan aksen tali di pinggang untuk mengikat kedua bagian atasan. 

Untuk membuatnya semakin keren, kamu bisa menambahkan aksen lace di ujung lengan dan juga ujung baju. Tak hanya itu, aksen manik-manik di bagian lipatan tengah akan membuatnya semakin menarik. 

4. Model Atasan Brokat Asimetris

pinterest.com

Kalau kamu menginginkan model atasan yang berukuran sedikit panjang, maka model atasan brokat asimetris ini cocok dipakai. Model ini memiliki detail potongan yang panjang sampai ke lutut yang asimetris atau tidak beraturan. 

Dari bawah, potongan brokat tersebut semakin memendek dan memberikan aksen lipatan di depan pinggang. Untuk bagian atasnya, kamu bisa membuatnya cukup simpel dengan lengan biasa dan kerah v-neck. Jangan lupa tambahkan aksesori bros di dada supaya semakin mewah. 

5. Model Atasan Brokat Blouse Lengan Lonceng

pinterest.com

Kemudian, model atasan brokat kekinian berbentuk blouse lengan lonceng akan cocok bagi kamu yang ingin tampil simpel dan trendi. Model ini memiliki potongan yang pendek sampai bawah pinggang.

Di bagian lengannya, baju brokat tersebut dibuat dengan model lonceng yang melebar ke bawah. Model tersebut juga diterapkan di bagian baju yang sama-sama melebar ke bawah. Terakhir, beri sentuhan mutiara warna senada supaya tidak terkesan terlalu polos. 

6. Model Atasan Brokat Kutu Baru Panjang

pinterest.com

Memadukan antara model tradisional kutu baru dengan tunik yang panjang akan membuatmu terlihat begitu anggun. Seperti gambar di atas, kamu bisa membuat bagian atasnya dengan model kutu baru yang bagian kanan dan kirinya dihubungkan dengan sepotong kain. 

Tak lupa, berikan aksen lipatan di kanan atau kirinya supaya semakin klasik. Namun, jika biasanya kutu baru memiliki potongan yang pendek, kali ini kamu bisa membuatnya panjang sampai di atas lutut supaya terlihat anggun dan kekinian. 

7. Model Atasan Brokat Aksen Kerut

pinterest.com

Aksen kerut sedang banyak dipakai sebagai model atasan brokat kekinian karena memberikan kesan muda dan trendi. Seperti di atas, atasan ini pada mulanya dibuat dengan potongan yang lebar dengan panjang sampai ke atas lutut. 

Setelah itu, barulah kamu bisa menambahkan aksen kerut di pinggang sehingga membuat sisi kanan kirinya tertarik ke atas. Lengan yang cocok dengan atasan ini adalah model lengan belah.

Sementara itu, aksesori tambahan seperti manik-manik bisa kamu tambahkan di bagian kerahnya secara melingkar. 

8. Model Atasan Brokat Kerah Square

pinterest.com

Model kerah square akan memberikan penampilan yang mewah pada baju brokatmu. Seperti di atas, model baju brokat ini memiliki potongan yang pendek dan memanjang ke belakang.

Kemudian, bagian lengannya dibuat dengan model puff yang menggelembung di pundaknya. Dengan potongan kerah square, atasan ini akan cocok dipadukan dengan aksesori perhiasan, seperti kalung dan anting yang mewah. 

9. Model Atasan Brokat Lengan Ruffle

pinterest.com

Ruffle sedang menjadi model baju kekinian yang banyak dipakai untuk memberikan kesan yang trendi. Bahan brokat juga bisa dikombinasikan dengan model ini dengan memberikan aksen ruffle di bagian lengan.

Untuk bajunya, kamu bisa membuat atasan brokat ini cukup simpel dengan potongan fit and flare yang lebar di bagian pinggang ke bawah. Sementara itu, bagian lehernya pun dibuat tanpa kerah supaya menampakkan leher yang jenjang. 

10. Model Atasan Brokat Kombinasi Payet

pinterest.com

Model atasan brokat kekinian yang terakhir adalah aksen kerut dengan kombinasi payet yang mengilap. Atasan ini memiliki potongan pendek sampai ke paha. Kemudian, bagian tengah baju diberi aksen kerut sehingga menarik bagian pinggang menjadi lebih ramping.

Untuk bagian atas, atasan ini menampakkan kesan off shoulder dengan tambahan kain tille yang transparan. Aksen yang membuat atasan brokat ini tampak mewah adalah payet di keseluruhan bagiannya. 

Itulah 10 model atasan brokat kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa memadukan model tradisional dan modern atau membuatnya menjadi lebih kekinian.

Di antara model di atas, mana favoritmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends