Tren baju perempuan hampir selalu berkembang dari tahun ke tahun. Namun, model-model baju perempuan tersebut biasanya mengalami siklus yang berulang. Salah satu model baju yang kini kembali populer adalah tunik brokat modern. 

Tunik merupakan pakaian yang dijahit di bagian samping dari bawah ke atas dengan lubang di bagian leher dan lengan. Hal yang mencirikan pakaian ini adalah panjangnya yang rata-rata sampai bawah lutut. 

Model tunik kini bisa dipadukan dengan bahan brokat, sehingga cocok untuk pakaian pesta yang menawan dan elegan.

Bagi kamu yang penasaran, Popbela.com akan menyajikan berbagai model baju tunik brokat modern yang bisa dijadikan inspirasi. Simak ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Tunik Brokat Model Asimetris dengan Aksen Manik-Manik

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Model baju tunik brokat modern pertama adalah tunik brokat model asimetris dengan aksen manik-manik. Model ini dibuat dengan panjang sampai bawah lutut dengan ujung yang tidak beraturan atau asimetris. 

Bagian atas baju ini dibuat sederhana dengan lengan seperti biasa. Kemudian, jahitan baju ini dibuat melebar ke bawah mulai dari pinggang sehingga memberikan kesan lipatan di bawah pinggang. 

Baju tunik ini akan semakin menarik jika ditambahkan dengan aksen manik-manik di sekitar leher. Setelah itu, kamu bisa mengenakannya sebagai pakaian pesta dengan kombinasi bawahan celana kulot putih yang netral.

2. Tunik Brokat Model Lengan Lonceng

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Selanjutnya, tunik brokat juga cocok dipasangkan dengan bawahan kain dengan model tunik lengan lonceng. Pertama, model baju ini dibuat seperti tunik pada umumnya dengan panjang sampai lutut. 

Lalu, tambahkan detail lengan lonceng yang melebar dari siku sampai pergelangan tangan agar tidak terlalu membosankan. Terakhir, tambahkan aksesori kitten heels dan sling bag untuk digunakan sebagai outfit pesta.

3. Tunik Brokat Model Straight dengan Aksen Mutiara

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Model baju tunik brokat modern selanjutnya ini tampak begitu simpel dengan model straight yang lurus dari atas sampai bawah. Meski demikian, tunik ini tampak begitu menawan dikenakan dengan bawahan jarik tradisional. 

Jika tunik biasanya dibuat panjang sampai bawah lutut, dengan model ini kamu bisa membuatnya lebih panjang sampai betis. Lalu, tambahkan aksen mutiara di seluruh bagian supaya tidak terlalu polos. 

4. Tunik Brokat Model Handkerchief Lengan Lonceng

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Model handkerchief dengan ujung yang meruncing seperti ini memang sedang populer. Untuk menjadikan tunik handkerchief, kamu bisa membuat potongan a-line terlebih dahulu, baru menambahkan aksen runcing di ujung-ujungnya. 

Kemudian, buat lengan berbentuk lonceng yang lebar sehingga akan memberi kesan unik pada bajumu. Atasan ini akan cocok dipadukan dengan bawahan kain polos warna senada. Kamu akan tampak lebih modern dan kekinian saat memakai keduanya. 

5. Tunik Brokat Model V-Neck Lengan Balon

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Kalau model baju tunik brokat modern sebelumnya banyak memakai warna-warna yang kalem, kali ini kamu bia bereksperimen dengan warna yang cerah seperti putih dan hijau. Untuk atasannya, buat tunik model v-neck lengan balon dengan belt di pinggang untuk memberi kesan manis. 

Kemudian, pasangkan dengan bawahan kain batik warna hijau muda yang cerah. Perpaduan tersebut akan membuatmu tampak lebih muda dan fresh, apalagi dengan aksesori micro bag dan kitten heels warna putih. 

6. Tunik Brokat Model A-Line Lengan Lonceng

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Kembali dengan model lengan lonceng, kali ini kamu bisa membuat tunik dengan potongan a-line yang melebar ke bawah. Di bagian ujung tunik, buat sisi samping kanan kiri lebih panjang supaya sedikit memberi efek jenjang. 

Tunik ini akan membuatmu tampil lebih anggun, apalagi dengan bawahan kain tradisional, seperti kain songket. Sebagai aksesori, tambahkan hand bag dan juga kitten heels yang unik seperti di atas. 

7. Tunik Brokat Model Belah Tengah

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Model baju tunik brokat modern belah tengah warna pink seperti di atas bisa menjadi pilihan kalau kamu senang dengan model yang unik. Atasan ini dijahit dengan model baju a-line yang melebar ke bawah sampai bawah lutut.

Di bagian dalamnya, kamu bisa memilih inner warna pink polos untuk melapisi brokat. Jangan lupa beri aksen belahan dari ujung leher sampai ke bawah sehingga menampakkan inner pink di tengahnya. 

Atasan ini akan cocok dipasangkan dengan bawahan rok tille yang bervolume. Kamu akan terlihat lebih anggun dan feminin saat mengenakannya. 

8. Tunik Brokat Model Layer

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Hampir sama dengan sebelumnya, kali ini kamu bisa membuat tunik brokat layer lace warna nude. Tunik ini memiliki model yang cukup sederhana dengan detail garis di atas dada. Lengannya pun dibuat dengan model seperti biasa. 

Namun, yang membuat tunik ini menarik adalah lapisan lace di ujung tunik yang bertabrakan dengan brokat di bagian luarnya. Aksen layer itu akan semakin cantik jika dipasangkan dengan bawahan rok tille yang bervolume. 

9. Tunik Brokat Model Kelelawar

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Kalau ingin model tunik yang unik dan tidak pasaran, maka model tunik brokat kelelawar ini cocok kamu pilih. Tunik ini memiliki potongan yang lebih pendek dari biasanya, yakni sampai di atas lutut. 

Namun, bagian sisi kanan dan kiri tunik dibuat lebih panjang, sehingga memberikan kesan jenjang. Aksen yang tidak boleh ketinggalan adalah lapisan kelelawar di samping lengan yang memanjang sampai bawah. 

Dengan atasan tersebut, kamu bisa memadukannya dengan bawahan yang bermacam-macam, seperti bawahan celana polos ataupun rok sesuai keinginanmu. 

10. Tunik Brokat Model Kebaya Kombinasi Lace

10 Model Baju Tunik Brokat Modern, Anggun dan Elegan!pinterest.com

Model baju tunik brokat modern yang terakhir adalah kebaya kombinasi lace. Seperti namanya, tunik ini memiliki detail kerah yang melingkar seperti kebaya. Namun, berbeda dari kebaya yang biasanya berbentuk slim fit, tunik brokat ini cenderung dibuat melebar ke bawah membentuk a-line. 

Hal yang membedakan tunik brokat ini dengan model lainnya adalah aksen lace di ujung tunik dan juga di pergelangan tangan. Aksen tersebut akan membuat penampilanmu lebih mewah, tapi tetap elegan. 

Itulah 10 model baju tunik brokat modern yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dengan memakai tunik brokat, kamu akan tampil lebih anggun dan elegan saat datang ke pesta.

Nah, di antara beragam model tunik brokat di atas, mana favoritmu, Bela?

Baca Juga: 10 Model Kebaya Modern Brokat Terbaru, Simpel dan Elegan!

Baca Juga: 13 Model Gamis Brokat Terbaru 2022, Modern dan Kekinian!