Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kulit Tetap Glowing Selama Bulan Puasa dengan 7 Tips Ini 

Jangan halangi ibadahmu karena kulit kering ya!

Shavira Annisa Putri

Tidak terasa bulan puasa sudah di depan mata. Selain mempersiapkan hati, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kamu. Sering kali, ketika menjalankan ibadah puasa, kulit terasa lebih kering dan kusam. Tetapi hal ini nggak boleh terjadi di kamu. Ikuti tujuh tips di bawah ini, maka kamu tetap tampil glowing selama bulan puasa! 

1. Penuhi kebutuhan cairan harian kamu

freepik.com

Walau menahan dahaga selama hampir 12 jam, tetapi tetap penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu. Caranya adalah menggunakan metode 2-4-2 yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas ketika malam hari dan dua gelas ketika sahur. Dengan begitu, kulit tetap terasa lembap dan tubuh kamu juga tidak kekurangan cairan.

2. Tetap menggunakan pelembap

freepik.com

Sebelum beraktivitas, ada baiknya kamu jangan skip menggunakan pelembap. Pasalnya, ketika bulan puasa, kulit cenderung menjadi lebih kering. Kamu bisa pilih pelembap yang kaya akan vitamin E atau memiliki kandungan hyaluronic acid. Hal ini juga berlaku untuk pemilik kulit berminyak, ya! 

3. Semprotkan hydrating mist

doc.internet

Walau tenggorokan terasa kering, tetapi kulit kamu harus tetap glowing  dong. Untuk mengakalinya, kamu bisa semprotkan hydarting mist setiap kali dibutuhkan. Jika rutin dilakukan, kulit akan terasa lebih lembap dan kenyal sepanjang hari. Jangan lupa untuk pilih hydrating mist yang sesuai dengan jenis kulit kamu. 

4. Gunakan sunscreen

freepik.com

Walau puasa tahun ini di rumah aja, tetapi jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan sunscreen ya. Karena, sinar matahari dapat menembus jendela rumah. Lalu, sunscreen dapat memberikan pelindunga untukn kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan sunscreen setidaknya dengan SPF 15.

5. Mencuci muka hanya 2x sehari

freepik.com

Di tengah teriknya matahari, aktivitas yang bisa kamu lakukan agar kembali segar adalah mencuci muka. Tetapi, jika terlalu sering dilakukan, kulit justru menjadi kering dan lebih mudah iritasi. Oleh sebab itu, cuci muka kamu hanya di pagi dan malam hari saja ya, Bela! 

6. Konsumsi aneka buah dan sayur

freepik.com

Rasanya tidak pernah bosan untuk mengingatkan hal yang satu ini. Ketika puasa, jangan lupa untuk tetap penuhi vitamin dan mineral yang terdapat di buah dan sayur. Dengan begitu, kulit akan tetap lembap dan jauh dari dehidrasi. Jika bosan, kamu bisa mencoba berbagai jenis buah dan sayur setiap harinya.

7. Kurangi konsumsi kafein

freepik.com

Minuman berkafein dapat mendorong produksi air seni. Akibatnya, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Selain itu, kafein akan menyerap asupan mineral dalam tubuh kamu. Kekurangan mineral dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering. Maka kurangi konsumsi kafein selama menjalankan ibadah puasa. 

IDN Media Channels

Latest from Skin