Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bebas Patah! 5 Tips Melepas Kuku Akrilik yang Bisa Kamu Coba

Rendam kuku dengan air hangat terlebih dahulu, ya!

Aulia Fitria

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar penampilan kian paripurna selain merias wajah dan memilih pakaian yang apik, yakni merias kuku. Mungkin kamu berpikir bahwa merias kuku merupakan rutinitas yang menghabiskan banyak waktu dan tak sedikit orang yang setuju dengan hal tersebut sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan kuku akrilik.

Ya, hanya butuh lem yang aman dan kuat, kukumu sudah terlihat cantik. Namun, di samping kesederhanaan penggunaan kuku akrilik ada resiko yang mengintai yakni kuku menjadi rusak dan permukaannya tampak kasar. Hal ini lantas membuat orang yang ingin menjajal kuku akrilik kembali mengurungkan niatnya.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, pasalnya ada cara tips yang bisa kamu coba untuk melepaskan kuku akrilik agar kuku tidak rusak.

1. Gunting kuku akrilik hingga mendekati batas kuku aslimu

Freepik.com/freepik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melepasnya adalah menggunting kuku akrilik hingga mendekati batas kuku aslimu. Langkah ini dipercaya dapat mempermudah melepas kuku akrilik yang kamu gunakan.

Namun, untuk memotong kuku akrilik ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, kuku akrilik memiliki tekstur yang cukup keras sehingga hal ini dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kuku patah. 

2. Rendam kuku dengan air hangat

depositphoto.com

Selanjutnya, kamu bisa mulai merendam kuku dengan air hangat yang sudah diberi campuran sabun. Langkah ini dipercaya mampu melunakkan kuku akrilik sehingga bisa memudahkan proses pelepasan kuku akrilik.

Kamu bisa merendam kuku di dalam air ini selama kurang lebih 15 menit. Jika kuku sudah perlahan-lahan melunak, kamu bisa mengangkat jari-jarimu kemudian mengeringkannya dan bersiap untuk ke langkah selanjutnya.

3. Lepas kuku perlahan-lahan

byrdie.com

Jika kuku sudah mulai melunak, kamu bisa mulai melepas kuku perlahan-lahan. Kamu bisa pilih area kuku yang dirasa paling mudah untuk dilepas, pasalnya cara ini bisa memudahkan proses pelepasan kuku akrilik.

4. Bersihkan sisa lem yang menempel di area kuku

naildesignsforyou.com

Jika kuku akrilik sudah terlepas, kini saatnya kamu untuk membersihkan sisa lem yang digunakan untuk menempel kuku akrilik hingga bersih. Kamu bisa menggunakan aseton untuk membersihkan sisa lem yang menempel tersebut. Pertama-tama tuang aseton hingga kapas basah, lalu usap kapas tersebut ke kukumu.

5. Beri pelembap di area kuku

Pexels.com/ rawpixel

Agar kuku tidak rusak setelah menggunakan kuku akrilik terlebih dalam waktu yang lama, kamu bisa memberi pelembap khusus untuk kuku. Langkah ini dilakukan agar kukumu tetap lembap, di samping itu pelembap kuku juga mampu meminimalisir kerusakan hingga kuku patah.

Di samping pelembap kuku, ada produk pelembap kuku lainnya yang bisa kamu gunakan untuk merawat kesehatan kuku yakni cuticle oil.

IDN Media Channels

Latest from Make Up