Karena harus menjauhkan diri dari makanan dan minuman selama berpuasa, kamu sebisa mungkin menghindari berbagai benda yang dapat membuat puasa batal dari indera perasamu.

Banyak perempuan yang kemudian menghindari menggunakan lipstik. Alasannya, selain kondisi bibir yang kering, lipstik memiliki rasa manis jika terkecap oleh lidah. Belum lagi aromanya yang terkadang memiliki wangi kue atau buah, seakan mendorong rasa lapar datang lebih cepat.

Tapi, apakah benar menggunakan lipstik dapat membuat batal? Bagaimana menurutmu, Bela?

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Melansir dari Islamqa, segala benda yang digunakan pada luar tubuh, baik itu terserap oleh tubuh maupun nggak, maka itu nggak akan membuat batal. Benda-benda itu termasuk untuk merawat, melembapkan, mempercantik penampilan, maupun untuk kebutuhan lain. 

Kecuali jika benda itu masuk melalui mulut alias ditelan, maka tindakan itu membatalkan puasa. Jadi, apa menggunakan lipstik membatalkan puasa? Jawabannya, selama nggak tertelan, nggak akan membatalkan puasa, Bela.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Nggak hanya lipstik, produk seperti lip balm umumnya hadir dengan beragam rasa. Teksturnya yang licin terkadang 'bergeser' dari mulut ke lidah. Masih melansir dari sumber yang sama, nggak ada salahnya untuk menggunakan krim pada bibir dan hidung, atau melembapkan area tersebut dengan air. Namun, kamu harus menghindari air maupun krim itu masuk ke tenggorokan. Jikalau nggak sengaja tertelan, itu nggak akan membatalkan puasa.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Kamu tetap dapat menggunakan lipstik, juga makeup dan skincare lainnya selama berpuasa. Sebab, kandungan produk tersebut hanya 'duduk' di atas permukaan kulit, nggak masuk ke dalam tubuh. Bahkan jika terserap ke dalam kulit, hal itu nggak dianggap sebagai pembatal puasa.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Sebagian makeup memiliki kandungan waterproof, yang artinya nggak akan pudar bila terkena air, seperti lipstik dan mascara. Maka ini yang harus kamu perhatikan, Bela. Melansir dari The National, makeup waterproof boleh jadi dapat membatalkan ibadahmu. Sebab, air wudu nggak dapat masuk ke dalam kulit karena terhalang oleh waterproof makeup. Jadi ketika ingin solat, disarankan untuk menghapus makeup terlebih dahulu.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Jadi, kamu tetap boleh menggunakan makeup selama puasa, kok, Bela. Kamu tetap dapat menggunakan lipstik meski memiliki aroma atau rasa yang manis. Asalkan lipstik itu sendiri nggak sampai tertelan ke dalam mulut, ya! Juga, sebisa mungkin untuk menghapus makeup sebelum solat agar air wudu tetap bisa masuk ke dalam kulit sehingga ibadahmu sah.

Apa pertanyaanmu sudah terjawab, Bela? Kini, jangan lagi tampil dengan bibir pucat selama puasa, ya!

Baca Juga: Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa