Tata Cara Wudu Saat Berpuasa beserta Doanya

Sudahkah kamu tahu?

Tata Cara Wudu Saat Berpuasa beserta Doanya

Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan salat. Berwudhu bisa menggunakan debu yang disebut tayammum. Saat puasa, wudhu tetap mengharuskan berkumur dengan air dan menghirup air lewat hidung sebanyak tiga kali, tapi berhati-hatilah agar tidak sampai tertelan atau terhirup ke lambung. Simak tips berkumur dan tata cara wudhu saat puasa Ramadan yang benar ini.

Arti Bekumur dan Istinsyaq

Tata Cara Wudu Saat Berpuasa beserta Doanya

Berkumur artinya memasukkan air ke dalam mulut lalu menggerak-gerakkan air itu ke dalam mulut. Sedangkan istinsyaq adalah memasukkan air ke dalam lubang hidung dan menghirupnya sampai ke pangkal hidung. Dan pengertian istinsyar adalah mengeluarkan air dari dalam hidung setelah beristinsyaq.

Hukum berwudhu saat puasa

Dalam Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawi’ah 15/280 dijelaskan:

فأمره صلى الله عليه وسلم بإسباغ الوضوء ثم قال : (وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائماً) فدل ذلك على أن الصائم يتمضمض ويستنشق ، لكن لا يبالغ مبالغة يخشى منها وصول الماء إلى حلقه ، أما الاستنشاق والمضمضة فلابد منهما في الوضوء والغسل ؛ لأنهما فرضان فيهما في حق الصائم وغيره

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menyempurnakan wudhu, kemudian beliau bersabda,

“Bersungguh-sungguhlah ketika istinsyaq, kecuali jika kamu sedang berpuasa.”

Hal ini pun juga sangat jelas jika kamu tetap melakukan berkumur dan istinsyaq dengan batas yang normal dan nggak berlebihan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here