Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan salat. Berwudhu bisa menggunakan debu yang disebut tayammum. Saat puasa, wudhu tetap mengharuskan berkumur dengan air dan menghirup air lewat hidung sebanyak tiga kali, tapi berhati-hatilah agar tidak sampai tertelan atau terhirup ke lambung. Simak tips berkumur dan tata cara wudhu saat puasa Ramadan yang benar ini.

Arti Bekumur dan Istinsyaq

Tata Cara Wudu Saat BerpuasaPexels.com/Pixabay

Berkumur artinya memasukkan air ke dalam mulut lalu menggerak-gerakkan air itu ke dalam mulut. Sedangkan istinsyaq adalah memasukkan air ke dalam lubang hidung dan menghirupnya sampai ke pangkal hidung. Dan pengertian istinsyar adalah mengeluarkan air dari dalam hidung setelah beristinsyaq.

Hukum berwudhu saat puasa

Tata Cara Wudu Saat BerpuasaPexels.com/rawpixel.com

Dalam Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawi’ah 15/280 dijelaskan:

فأمره صلى الله عليه وسلم بإسباغ الوضوء ثم قال : (وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائماً) فدل ذلك على أن الصائم يتمضمض ويستنشق ، لكن لا يبالغ مبالغة يخشى منها وصول الماء إلى حلقه ، أما الاستنشاق والمضمضة فلابد منهما في الوضوء والغسل ؛ لأنهما فرضان فيهما في حق الصائم وغيره

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menyempurnakan wudhu, kemudian beliau bersabda,

“Bersungguh-sungguhlah ketika istinsyaq, kecuali jika kamu sedang berpuasa.”

Hal ini pun juga sangat jelas jika kamu tetap melakukan berkumur dan istinsyaq dengan batas yang normal dan nggak berlebihan.

Tata cara berwudhu saat puasa

Tata Cara Wudu Saat BerpuasaPexels.com/rawpixel.com

Tata cara wudhu orang yang berpuasa sebenarnya sama dengan tata cara orang berwudhu pada umumnya. Tetap berkumur-kumur dan beristinsyaq atau air ke dalam hidung. Yang kamu perhatikan adalah kamu nggak boleh terlalu keras karena hal ini dapat memungkinkan air masuk ke dalam tenggorokan.

Saat Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya,

“Apakah berkumur tidak diwajibkan dalam wudhu bagi orang-orang yang sedang berpuasa?”

Beliau menjawab, hal itu tidaklah benar. Berkumur ketika berwudhu termasuk salah satu kewajiban dalam wudhu. Baik dilakukan di siang hari Ramadan atau waktu lainnya bagi orang yang berpuasa.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini Popbela akan jabarkan satu per satu cara berwudhu saat puasa. Simak, yuk!

1. Awali wudhu dengan membaca niat

Sama seperti dengan akan melakukan ibadah lainnya, kita harus mengawali wudhu dengan membaca niat. Bacaan niat ini dibaca sebelum mengambil air wudhu atau pun sebelum membasuh wajah. Niat wudhu adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul wudhuu-a lirafill hadatsil ashghari fardhal lillaahi ta'aala."

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah."

2. Membasuh tangan sembari membaca basmallah

Setelah membaca niat, kita bisa membasuh kedua telapak tangan. Sembari membasuh tangan, dalam hati kita dianjurkan untuk membaca taawudz dan basmallah. Namun, jika kita lupa untuk membacanya, wudhu akan tetap sah.

3. Usahakan tidak menggunakan air terlalu banyak saat berkumur

Berkumur sebanyak tiga kali merupakan salah satu rukun wudhu yang harus dilakukan. Saat berkumur, kita dianjurkan untuk memutar air di dalam mulut agar membersihkan sisa makanan. Namun, saat puasa, usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air saat berkumur. Melansir dari NUOnline, tidak disunahkan berkumur terlalu lama dengan air terlalu banyak ketika sedang menjalankan puasa.

4. Membersihkan lubang hidung dengan tidak terlalu kencang

Setelah berkumur, rukun wudhu selanjutnya adalah istinyaq atau membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali. Saat dalam keadaan berpuasa, kita tetap diwajibkan untuk membersihkan lubang hidung untuk mengeluarkan kotoran. Namun, tidak dianjurkan untuk menghirup air terlalu kencang karena khawatir takut tertelan.

5. Membilas seluruh wajah

Selanjutnya membilas seluruh wajah sebanyak tiga kali. Membilas wajah saat wudhu dapat dilakukan dengan membasuh air, mulai dari garis tumbuhnya rambut, hingga dagu. Saat membilas wajah, kita bisa membaca niat wudhu jika belum membacanya saat mengambil air.

6. Membasuh tangan hingga siku

Kemudian, membasuh tangan hingga siku. Pastikan air benar-benar membasahi siku dengan menyingsingkan lengan baju. Lakukan rukun ini mulai dari tangan kanan dulu sebanyak tiga kali, kemudian tangan kiri.

7. Mengusap kepala

Mengusap kepala saat wudu bukan hanya mencoleknya dengan tangan yang basah. Namun, kita dianjurkan untuk mengusapnya mulai dari ujung kening hingga sebagian kepala sebanyak tiga kali.

8. Membersihkan daun telinga

Tata cara wudu selanjutnya adalah membersihkan daun telinga. Saat membersihkan daun telinga, usahakan dilakukan secara bersamaan menggunakan kedua tangan. Cara membersihkannya adalah menggunakan jari telunjuk dan ibu jari dengan cara mengusapnya dari bagian bawah ke atas telinga sebanyak tiga kali.

9. Membasuh kaki hingga atas mata kaki

Selanjutnya adalah membasuh kaki hingga atas mata kaki. Lakukan hal ini masing-masing sebanyak tiga kali, mulai dari kaki kanan terlebih dulu dan kaki kiri. Dianjurkan untuk menggosok kaki dengan tangan agar seluruh bagian kaki basah sempurna.

10. Menutupnya dengan doa

Terakhir, setelah semua dilakukan, kita menutupnya dengan doa. Doa wudhu beserta artinya dapat kamu simak berikut.

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

"Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa Rasuuluhu. Allahummaj'alnii minat tawwabiina, waj'alnii minal mutathahiriina."

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh."

Kesimpulan berwudhu saat puasa

Tata Cara Wudu Saat BerpuasaPexels.com/Farooq Khan

Jadi, orang yang sedang berpuasa tetap wajib melakukan istinsyaq, atau berkumur-kumur ketika wudhu. Namun dengan pengawasan dan dilakukan secara hati-hati. Jadi bagimu yang ragu dalam melakukan wudhu, sekarang kamu paham ya Bela tentang tata cara wudhu saat puasa ramadhan yang benar. Selamat berpuasa!

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

Baca Juga: Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Baca Juga: Ini Hukum Berpuasa di Hari Jumat