Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Cara Diet yang Tepat dan Aman Saat Sedang Berpuasa

Dijamin tak akan menggnagu puasamu!

Jennifer Alexis

Puasa seringkali dikaitkan dengan penurunan berat badan. Makanya, nggak jarang puasa seringkali dibarengi dengan diet agar berat badan impian bisa dicapai. Jika kamu termasuk salah satunya, pastikan kamu memerhatikan apa yang kamu konsumsi agar dietmu bisa berhasil. Lalu, seperti apa cara menurunkan berat badan yang tepat walau sedang menjalani puasa? Untuk lebih jelasnya, simak tips dan cara diet saat puasa yang aman di bawah ini yuk!

1. Konsumsi banyak air putih

secondwindwater.com

Saat puasa, tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, penting untuk menggantinya dengan meminum banyak air putih saat berbuka dan saat sahur.

2. Hindari makanan yang digoreng

theodysseyonline.com

Tips dan cara diet saat puasa yang selanjutnya adalah menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan ini saat berbuka maupun sahur. Pilihlah makanan yang direbus, kukus, atau yang dipanggang yang lebih aman untuk kamu yang sedang menjalani diet.

3. Makan secara perlahan

dailyshapers.com

Rasa lapar yang tak tertahankan membuat kita ingin makan dengan lahap saat berbuka. Tapi, makan dengan cepat dan dalam jumlah banyak tidak baik bagi sistem pencernaan dan dapat membuat berat badan naik secara drastis. Oleh karena itu kunyahlah makananmu secara perlahan dan makanlah secara bertahap. Misalnya kamu bisa berbuka dengan segelas air putih dan beberapa butir buah kurma. Setelah 15-20 menit, barulah konsumsi makanan berat.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur saat buka dan sahur

mycity-web.com

Saat puasa, terkadang sistem pencernaan jadi terganggu. Oleh karena itu, kamu wajib mengonsumsi serat yang terdapat pada buah dan sayur. Pilihlah buah yang mengandung banyak air yang bisa sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang.

5. Hindari minuman yang mengandung gula tinggi

thebuzzingstory.com

Sirup warna-warni yang dingin atau es teh manis memang sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, minuman tersebut mengandung gula yang sangat tinggi yang dapat mengakibatkan perut kembung dan sistem pencernaan pun jadi terhambat. Sebagai gantinya, konsumsilah kurma yang jauh lebih sehat dan mengandung rasa manis alami yang baik bagi tubuh.

6. Tetap lakukan olahraga

pinterest.com

Puasa bukan alasan bagi kamu untuk tidak melakukan olahraga. Untuk membantu proses diet, hal ini tetap perlu dilakukan. Lakukanlah olahraga di malam hari. Berbagai pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan antara lain squat, burpee, sit-up, atau lari selama 30 menit.

7. Hindari produk olahan dan konsumsi karbohidrat kompleks

myfooddiary.com

Saat berbuka dan sahur, hindarilah produk olahan seperti makanan instan, makanan dalam kaleng, atau junk food. karena kandungan MSG, pemanis buatan, sodium, dan lemaknya tinggi namun tidak bernutrisi. Pilihlah karbohdirat kompleks seperti nasi merah dan ubu yang dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Itulah beberapa tips dan cara diet saat puasa yang aman dan perlu kamu lakukan, Bela. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Health