Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah, Ketahui Penyebabnya!

Kamu bisa memulai dari mengubah kebiasaan yang buruk

Nafi' Khoiriyah

Munculnya kerutan di wajah memang hal yang normal seiring bertambahnya usia. Pasalnya, bertambahnya usia membuat kulit menghasilkan sedikit protein kolagen dan elastin yang berakibat kulit lebih tipis dan mudah rusak. 

Biasanya, kerutan muncul di beberapa bagian tubuh yang kerap terpapar sinar matahari, salah satunya adalah di wajah. 

Ada beberapa macam kerutan yang sering muncul, yakni kerutan yang berbentuk garis-garis halus hingga kerutan yang lebih dalam. 

Namun jangan khawatir, Popbela.com akan mengulas cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dilakukan dengan mudah. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Penyebab kerutan di wajah

pexels.com/RODNAE Productions

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kerutan di wajah, kamu perlu tahu penyebabnya terlebih dahulu. 

Seiring dengan bertambahnya usia, sel kulit akan bekerja lebih lambat dan lapisan dermis kulit mulai menipis. Hal itu bisa mengakibatkan kulit tidak lentur lagi. 

Tak hanya itu, kulit yang menua juga akan kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan sehingga mendorong timbulnya kerutan. 

Bukan hanya faktor usia, kebiasaan seperti merokok juga akan membuat produksi kolagen menurun. Kolagen yang menurun akan membuat kulit tidak teregenerasi dengan baik sehingga muncul garis-garis halus. 

Selain merokok, paparan sinar matahari dan ekspresi yang berulang juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

2. Hindari sinar matahari dan pakai tabir surya

unsplash.com/Ruizhe du

Membiarkan kulit terpapar sinar matahari langsung akan membuat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV). Sinar UV merupakan salah satu penyebab kerutan di wajah.

Oleh karena itu, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan membatasi wajah terpapar sinar matahari secara langsung, apalagi di tengah hari. 

Kamu bisa memakai pelindung wajah, seperti topi dan kaca mata hitam. Namun yang terpenting, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen minimal yang mengandung SPF 30. 

Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam.Kamu juga bisa memilih produk kecantikan lain yang mengandung SPF supaya tetap terlindungi dari sinar UV. 

3. Hindari kebiasaan buruk penyebab kerutan

unsplash.com/Hannah Popowski

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab kerutan bukan hanya karena usia saja. Ada beberapa faktor lainnya yang bisa mendorong munculnya garis halus tersebut.

Oleh karena itu, kamu harus berhenti dari kebiasaan penyebab kerutan berikut ini jika tidak ingin memperparah kondisi wajahmu. 

Pertama, berhenti merokok. Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga bisa membuat wajah menua sebelum waktunya.

Merokok juga memengaruhi kondisi wajah, bukan hanya untukmu saja tetapi juga orang yang terpapar asap rokok. Pasalnya, rokok memiliki enzim yang bisa memecah kolagen dan elastin yang merupakan komponen penting bagi kulit. 

Selain merokok, asupan gula yang berlebih juga bisa memicu proses glikasi yang dapat memecah kolagen dalam tubuh. Maka dari itu seiring bertambahnya usia, wajah akan menjadi lebih tua. 

Kebiasaan lainnya adalah posisi dan kualitas tidur. Timbulnya kerutan bisa disebabkan oleh posisi tidur yang menekan wajah. Hal itu bisa melemahkan wajah sehingga timbul kerutan. 

Bukan hanya posisi tidur saja, tidur yang kurang juga bisa membuat tubuh memproduksi hormon yang memecah sel kulit. 

4. Memakai masker alami dari putih telur, pisang, dan lidah buaya

freepik.com/kroshka__nastya

Jika kini kerutan sudah timbul di wajahmu, maka langkah untuk menyamarkannya bisa dengan melakukan perawatan alami di rumah. 

Salah satu tanaman yang memiliki khasiat untuk mengurangi kerutan adalah lidah buaya. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit secara rutin untuk mengurangi kerutan dan menambah kolagen serta hidrasi pada kulit. 

Kedua, masker pisang juga mengandung minyak alami dan vitamin yang bisa membuat kulit lebih sehat. Cara memakai masker pisang adalah dengan menghancurkan seperempat pisang sampai halus, lalu letakkan pada kulit selama 15 sampai 20 menit. 

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan perawatan alami selanjutnya bisa dengan putih telur. Putih telur bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih halus dan elastis. 

5. Oleskan minyak zaitun

www.pexels.com/Pixabay

Selain menggunakan masker wajah dari bahan-bahan alami di atas, menggunakan minyak zaitun juga bisa mengurangi kerutan pada kulit. Minyak ini mengandung senyawa yang bisa meningkatkan kadar kolagen yang baik untuk kulit.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak zaitun adalah dengan memberikannya beberapa tetes di wajah lalu memijatnya dengan lembut sebelum tidur. Setelah itu, bersihkan dengan handuk.

Dengan memakai minyak zaitun sebelum tidur, kamu akan terbangun dengan kondisi kulit yang kenyal dan lembut. 

6. Melakukan pijat wajah

www.pexels.com/Anete Lusina

Beberapa orang juga memilih untuk melakukan pijatan di wajah untuk mengurangi kemunculan kerutan. Kamu bisa menggunakan alat pijat sederhana, datang ke tempat Spa atau salon pijat untuk melakukan pijatan wajah. 

Pijatan tersebut akan membantu mencegah kerutan dengan meningkatkan kandungan protein dalam kulit. Kulit pun akan tetap halus dan tersamarkan dari kerutan. 

Caranya, kamu bisa memijat wajah setiap hari selama 3-5 menit dengan jari. Kalau tidak, kamu bisa mendatangi tempat Spa atau salon pijat yang menawarkan pijat perawatan wajah. 

7. Cuci muka secara teratur dan tidak berlebihan

pexels.com/Ron Lach

Melakukan cuci wajah  secara teratur dan tidak berlebihan menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah lainnya. 

Kamu bisa mencuci wajah setelah menggunakan riasan karena kandungan bahan kimia dalam kosmetik bisa menyebabkan stres pada kulit. Caranya yaitu dengan melakukan cuci wajah selama 3-5 menit. 

Namun, jangan terlalu sering mencuci wajah karena bisa menghilangkan pelindung alami kulit dan kelembapan. Lakukan cuci wajah secara teratur maksimal dua kali dalam satu hari. 

8. Memakai skincare dengan kandungan retinoid

pexels.com/Polina Tankilevitch

Selain melakukan berbagai perawatan, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinoid, seperti retinol. Skincare yang mengandung retinoid bisa membantu produksi kolagen yang mencegah kerutan. 

Retinoid juga sudah terbukti efektif untuk memperbaiki tanda penuaan seperti kerutan dan pigmentasi yang tidak merata.

9. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

www.pexels.com/Daria Shevtsova

Terakhir, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan konsumsi makanan sehat. Kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit bisa didapatkan dari konsumsi makanan tersebut. 

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan di antaranya adalah ikan salmon, kedelai, buah, dan sayuran. 

Ikan terutama ikan salmon, merupakan sumber protein yang bagus untuk kulit. Jenis makanan ini juga menjadi sumber omega 3 yang bisa menyehatkan kulit dengan membuatnya tetap kenyal, awet muda, dan mengurangi kerutan. 

Selain ikan, konsumsi kedelai juga bisa memperbaiki struktur kekencangan kulit. Kedelai juga bisa mengurangi risiko tanda-tanda penuaan akibat sinar matahari. 

Terakhir, buah dan sayuran mengandung antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, kulit akan tampak lebih muda dan bercahaya. 

Itulah 9 cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa kamu coba. Semoga ulasan di atas bisa membantu mengatasi kerutan di wajahmu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin