7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Muda

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Muda

Bisa dilakukan sendiri di rumah, lho!

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Muda

Semakin bertambahnya usia, kulit wajah juga akan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Bahkan, terkadang tanda-tanda penuaan muncul di usia muda karena perawatan yang kurang maksimal.

Salah satu tanda berkurangnya elastisitas kulit wajah ditunjukkan dengan kerutan di bawah mata. Pasalnya, kulit di area tersebut lebih tipis dibandingkan bagian kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, kulit di bawah mata rentan dengan kerutan dan garis-garis halus. 

Jika kamu mengalami permasalahan kerutan di bawah mata, maka jangan khawatir. Popbela.com akan mengulas cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Penyebab kerutan di bawah mata

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudafreepik.com/freepik

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kerutan di bawah mata, terlebih dahulu ketahui penyebab timbulnya kerutan. 

Penyebab utama kerutan di bawah mata adalah tanda penuaan. Seiring usia yang bertambah, kolagen dan elastin kulit yang menjaga kulit supaya kencang semakin berkurang.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa faktor lain yang juga menjadi penyebab kerutan tersebut. 

Penyebab pertama adalah paparan sinar ultraviolet yang tidak terlindungi. Sinar tersebut bisa menjadi penyebab munculnya kulit yang kasar dan munculnya kerutan lebih cepat.

Selain paparan sinar ultraviolet, merokok juga bisa merusak kolagen yang menyebabkan keriput. Bukan hanya itu, merokok juga bisa menghilangkan vitamin A yang bermanfaat untuk kulit. 

Selanjutnya, ekspresi wajah yang berulang seperti tersenyum, mengerutkan kening, atau mengerutkan alis ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis-garis halus di wajah. 

Masih ada lagi penyebab-penyebab lainnya, seperti kebiasaan tidur dengan membenamkan wajah di bantal, faktor lingkungan, hingga faktor cuaca. 

2. Latihan mengencangkan kulit

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudapexels.com/RF._.studio

Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, kamu bisa mencoba latihan gerakan wajah atau yoga wajah. Latihan gerakan wajah itu telah terbukti efektif untuk mengencangkan kulit di bawah mata. 

Salah satu cara melatih wajah adalah dengan meletakkan jari berbentuk V di ujung-ujung mata untuk menahan rahang, lalu gerakkan kedua mata ke kanan dan ke kiri, ke kiri dan ke kanan, ke atas dan ke bawah, dan ke bawah lalu ke atas. 

Ulangi gerakan tersebut lima kali secara rutin untuk mencegah kerutan di sekitar mata. 

3. Lakukan eksfoliasi

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudafreepik.com/lookstudio

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bisa membuat kulit kering di bawah mata terkelupas secara lembut dan mendorong tumbuhnya sel baru. 

Sama seperti bagian tubuh lainnya, sel kulit mati yang menumpuk di bawah mata bisa mencegah produk skincare menyerap sepenuhnya. 

Oleh karena itu, dengan melakukan eksfoliasi akan menampilkan kulit di bawah mata yang lebih halus dan menyamarkan kerutan. 

4. Menggunakan eye cream

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudapexels.com/cottonbro

Eye cream bisa kamu gunakan untuk mengurangi kerutan karena sifatnya yang melembapkan. Carilah eye cream yang mengandung bahan-bahan yang bisa meningkatkan sirkulasi kulit dan mendorong pertumbuhan sel baru.

Kandungan yang direkomendasikan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata itu adalah retinol, peptida, dan hyaluronic acid. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan eye cream setiap hari. 

5. Menghindari paparan sinar matahari langsung

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudapexels.com/Vitaliy Mitrofanenko

Seperti yang sudah dijelaskan, sinar ultraviolet dari matahari menjadi salah satu penyebab adanya kerutan di bawah mata.

Oleh karena itu, cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya, serta menggunakan pelindung kepala seperti topi saat berada di luar ruangan.

Kandungan sunscreen yang perlu kamu pakai untuk melindungi kulit dari sinar UV minimal mengandung SPF 30. Pasalnya, kulit di sekitar mata sangat tipis sehingga rentan kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Sementara itu, pelindung kepala saat beraktivitas di luar akan mencegahmu menyipitkan mata yang akan menjadi garis-garis halus apabila dilakukan secara berulang. 

6. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudapexels.com/Nathan Cowley

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Beberapa kandungan makanan yang sangat bagus untuk merawat kulit adalah vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. 

Makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin tersebut adalah buah yang berwarna-warni, seperti jeruk, wortel, dan labu. 

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, tubuh akan membentuk sel-sel baru yang sehat untuk kulit, termasuk kulit di sekitar mata. 

7. Menggunakan skincare yang mengandung retinol dan hyaluronic acid

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata agar Tampak Mudapexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa kamu lakukan dengan menggunakan skincare yang mengandung retinol dan hyaluronic acid. 

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang menjadi kandungan untuk mencegah penuaan dan timbulnya garis-garis halus pada wajah. Selain itu, retinol juga bisa mendorong produksi kolagen yang membuat kulit elastis. 

Sementara itu, hyaluronic acid membantu melembapkan kulit wajah kamu. Apabila kulit wajah lembap, penumpukan kulit mati di bawah mata pun akan berkurang. 

Itulah 7 cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa kamu coba. Dengan melakukan cara-cara di atas secara rutin, kulit di sekitar mata akan kembali kencang dan terhindar dari garis-garis halus.

Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: 9 Eye Cream Terbaik untuk Atasi Kantung Mata dan Mata Panda

Baca Juga: 8 Sunscreen untuk Kulit Kombinasi Terbaik, Pilih Mana? 

Baca Juga: 8 Pelembap Untuk Kulit Kering Terbaik, Mana Favoritmu?

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Potret Terkini Artis yang Juga Anggota DPR, Selalu Berwibawa! 

Potret Terkini Artis yang Juga Anggota DPR, Selalu Berwibawa! 

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Skin

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negara

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negara