Puasa bukanlah suatu penghambat untuk berolahraga. Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap menjaga tubuh agar sehat dan bugar. Namun tetap saja porsi olahraga tersebut berbeda dengan keadaan saat nggak berpuasa. Jika saat nggak berpuasa kamu bisa berolahraga 30-60 menit, dalam keadaan berpuasa 30 menit saja sudah cukup.

Kemudian olahraga yang dijalani sebaiknya olahraga ringan saja, karena kondisi staminamu nggak sebaik seperti hari-hari biasanya. Jadi kapankah waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa? Yuk, simak penjelasan Popbela di bawah ini!

1. Menjelang waktu buka puasa

Waktu idealnya adalah sekitar satu jam sebelum berbuka puasa. Hal ini agar ketika kondisi staminamu sedang benar-benar turun, kami bisa segera mengembalikannya  ketika berbuka puasa. Alasan lainnya adalah agar kamu terhindar dari risiko pingsan, dehidrasi dan lainnya apabila setelah olahraga nggak langsung minum atau makan.

Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasashape.com

2. Setelah buka puasa

Jika kamu lebih memilih olahraga ketika sudah mendapatkan staminamu normal kembalipun nggak masalah. Kamu bisa olahraga setelah buka puasa namun pastikan makananmu sudah tercerna. Lakukan olahraga paling tidak satu jam berbuka. Saran lain yaitu sebaiknya jangan buka puasa langsung dengan makanan berat. Menu makan berat sebaiknya kamu santap sesaat setelah berolahraga.

3. Sebelum sahur

Pada waktu dini hari ini juga diperbolehkan berolahraga namun pastikan sebelumnya kamu memiliki waktu jam tidur yang cukup. Karena agar terasa khasiatnya, olahraga harus dibarengi dengan pola tidur yang baik. Sesaat setelah olahraga kemudian minumlah air yang cukup saat sahur agar terhindari dari resiko dehidrasi selama puasa.

Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasashape.com

4. Perhatikan kondisi tubuh

Jangan memaksakan tubuh untuk berolahraga jika terasa lemas. Apabila pandanganmu sudah kunang-kunang, mual, dan air buang air kecil berwarna kuning pekat sebaiknya jangan berolahraga dulu. Semoga bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Hindari Dehidrasi Saat Puasa dengan 6 Tips di Bawah Ini