Bagi sebagian orang, bulan puasa menjadi hal wajib untuk dijalani. Namun, beberapa orang yang sedang menjalani program diet tampaknya tidak begitu mudah dalam melanjutkan programnya di bulan puasa ini. 

Bukan hanya susah dalam menyesuaikan jam makan yang berbeda dari biasanya, tetapi juga membiasakan diri untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk saat sedang berbuka. 

Di artikel kali ini, Popbela akan membantumu menjalaninya dengan tips dan cara diet saat puasa yang bisa kamu coba di bawah ini! 

1. Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobadreampadsleep.com

Cara terbaik agar kamu tetap dapat mengontrol makanan saat berbuka nanti adalah memulai sahur dengan makanan yang mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. Jenis makanan inilah yang mampu menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga saat berbuka nanti, porsi makanan yang kamu konsumsi pas dan tidak berlebihan.

2. Banyak minum air putih

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobadrweil.com

Meminum banyak air putih, tentunya dapat membantumu program dietmu berjalan dengan baik di masa puasa. Selain dapat menghidrasi tubuhmu sepanjang hari, air putih juga baik untuk peredaran darah dan membantu menahan rasa lapar agar tidak berlebihan.

3. Hindari makanan yang berminyak

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobalistovative.com

Walaupun makanan yang dimasak melalui proses penggorengan jauh lebih menarik, namun ketahuilah bahwa jenis makanan ini tidaklah pas untuk dikonsumsi saat kamu menjalani program diet di masa puasa. Lemak jenuh yang terkandung dalam makanan berminyak juga dapat menghancurkan program dietmu lho.

4. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobahealthline.com

Walaupun mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dapat memberikan energi pada tubuh, namun ketahuilah bahwa hal tersebut terjadi jika produksi insulin pada tubuh normal.

Saat berpuasa, produksi insulin berkurang dan hal ini dapat mempengaruhi makanan dan minuman yang mengandung gula malah berubah menjadi lemak yang nggak diinginkan pada tubuh.

5. Makan dan minum secara perlahan

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobaheart.org

Biasanya saat menjalani puasa, perut akan terasa sangat lapar daripada biasanya. Namun, jangan lupa untuk mengontrol makanan dan minuman yang hendak kamu konsumsi saat berbuka nanti. Tetap usahakan untuk makan dan minum secara perlahan dengan porsi yang tidak berlebihan agar program dietmu juga berjalan dengan baik.

6. Lakukan workout

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobamychicagoathlete.com

Diet saat puasa tidak akan lengkap tanpa kegiatan workout yang dapat membakar glukosa dalam tubuhmu. Jika dibarengi dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat, maka program dietmu akan berjalan dengan sangat baik. Agar tidak terlalu kelelahan, cukup lakukan gerakan workout ringan hanya dalam masa puasa ya.

7. Perhatikan waktu tidurmu

Tetap Menjalani Diet Saat Puasa dengan 7 Cara yang Bisa Kamu Cobahealth.harvard.edu

Hal penting yang cukup sederhana adalah memiliki waktu tidur yang berkualitas. Hal ini tentunya dapat memperlancar metabolisme tubuh yang sangat berpengaruh dalam pembakaran kalori pada tubuhmu.

Jadi itu dia beberapa tips dan cara diet saat puasa yang bisa kamu lakukan untuk menjalani program ini. Walaupun cukup sederhana, namun tetap dibutuhkan rasa disiplin yang tinggi untuk menjalaninya dan juga nggak lupa menjalankan ibadah puasa dengan sepenuh hati ya Bela!

Baca Juga: Menu Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Sederhana