Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Ini Bakal Bikin Kamu Jadi Ingin Bersepeda

Selain bikin sehat, olahraga ini juga menyenangkan lho!

Jennifer Alexis

Olahraga bersepeda nampaknya kembali jadi tren. Kegiatan yang satu ini memang tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan, tapi juga terbukti memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Mencegah risiko penyakit jantung

yahoo.com

Bersepeda secara teratur dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat otot jantung sehingga risiko terkena penyakit jantung pun menjadi lebih rendah. Bahkan, menurut salah satu penelitian di Denmark, orang yang rutin bersepeda memiliki jantung yang lebih kuat dan sehat di usia tuanya.

2. Meningkatkan kekuatan otot kaki

cookinglight.com

Salah satu efek yang akan kamu rasakan dari rutin bersepeda adalah tubuh bagian bawah yang menjadi lebih kuat, termasuk bagian otot kaki. Paha depan dan belakang serta betis akan menjadi lebih terbentuk dan kencang. Makin pede kalau paka jeans deh!

3. Membantu menurunkan dan mengontrol berat badan

werywellfit.com

Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, bersepeda bisa jadi salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Bersepeda membantu meningkatkan metabolisme serta membakar lemak. Otot kamu juga akan lebih terbentuk. Badan ideal pun akan jadi milikmu.

4. Meningkatkan kesehatan mental

theonformer.com

Bersepeda jadi cara yang tepat untuk meningkatkan hormon endorfin dan dopamin di dalam tubuh. Hormon endorfin dapat mengendalikan rasa stres dan menimbulkan perasaan bahagia sedangkan hormon dopamin dapat mengendalikan emosi serta membuat mood jadi lebih baik.

5. Membantu melatih keseimbangan tubuh

mapmyrun.com

Buat kamu yang sering bermasalah dengan keseimbangan tubuh, mungkin bersepeda bisa jadi solusi. Pasalnya, bersepeda memaksa kamu untuk tetap tegak. Hal ini membuat tubuhmu berusaha untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, serta memperbaiki postur tubuh.

6. Mencegah penyakit kanker

oraclefox.com

Rutin bersepeda akan membuat tubuh lebih bugar. Jika diimbangi dengan pola hidup serta makanan yang sehat, hal ini akan menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Selain itu, ada studi lain yang menunjukkan bahwa bersepeda terbukti dapat mencegah kanker payudara.

7. Mengatasi insomnia

kmag.com

Jika kamu kerap mengalami masalah insomnia, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan bersepeda. Ini karena bersepeda dapat membantu menyingkirkan hormon kortisol yang menyebabkan insomnia.

IDN Media Channels

Latest from Health