Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Tahu Sahabatmu Selingkuh

Jangan menghakiminya terburu-buru

Marshelina Tri Utami

Nggak ada yang suka dengan yang namanya perselingkuhan, karena hal tersebut pasti akan menyakiti salah satu pihak. Mungkin kamu bukan pelakunya, tapi bagaimana jika pelaku selingkuh itu malah sahabatmu sendiri? Sebagai seorang sahabat, kamu pasti merasa dilema, apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang menolak keras perselingkuhan.

Nah, supaya persahabatan kamu tetap berjalan kamu harus berhati-hati dengan respon yang kamu berikan. Dilansir dari Elite Daily, ini 5 hal yang harus kamu lakukan jika mengetahui sahabat kamu selingkuh. Yuk disimak, Bela!

1. Dengarkan ceritanya terlebih dahulu

Unsplash.com/Trung Thanh

Sebelum mengungkapkan penilaianmu terhadap sahabatmu, biarkan dia bercerita terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa mengetahui perspektif mereka. Jangan langsung mengambil sebuah kesimpulan, dengarkan dulu semua informasi yang diceritakannya sehingga kamu bisa mengerti apa sih yang sebenarnya terjadi. Kamu perlu memberikan waktu agar sahabatmu ini mengungkapkan semuanya. Jika dia belum meminta saran, sebaiknya kamu pun jangan menyela pembicarannya, ya.

2. Jangan buru-buru menilai

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Terlepas dari bagaimana pandanganmu terhadap perselingkuhan, prioritas kamu tetaplah menjadi sahabat yang dapat menciptakan ruang aman baginya untuk terbuka. Kalau kamu menyerangnya dengan segala penilaian, bisa jadi dia malah menjauh dan kalian akhirnya memiliki hubungan yang renggang.

3. Simpan ceritanya rapat-rapat

Unsplash.com/Martins Zemlickis

Apa pun yang sahabatmu ungkapkan, ingatlah bahwa kamu menyimpan informasi tersebut dengan baik. Jangan sampai kamu malah membagikan cerita ini kepada orang lain, atau bahkan sampai menggosipkannya. Dia bercerita dengan kamu atas dasar kepercayaan, jadi jangan rusak kepercayaannya ya, Bela. 

4. Jangan terlibat terlalu dalam

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Tempatkan hal yang kamu lakukan sesuai dengan porsinya, jangan sampai terlalu mencampuri kehidupannya. Kamu memang memberikannya saran, tetapi hal yang dilakukannya setelah itu akan tetap menjadi pilihan sahabatmu. Bagaimana pun juga yang paling tahu tentang hubungan itu ialah dia dan pasangan yang menjalaninya. 

5. Jangan biarkan masalah tersebut memengaruhi persahabatanmu

Unsplash.com/Mathilde Lmd

Bukanlah tindakan yang tepat untuk memutuskan hubungan dengan seorang sahabat karena dia melakukan sebuah perselingkuhan. Justru kamu harus membantunya, apalagi jika dia tahu bahwa yang dilakukannya itu salah. Bantuan paling utama yang harus kamu lakukan adalah mendengarkan ceritanya, bukan untuk mengarahkannya, yang bisa mengakibatkan masalahnya semakin rumit. 

Itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika tau sahabatmu selingkuh. Tetap jaga hubungan dengan sahabat-sahabat kamu ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Single